Ciri-ciri Orang yang Suka Playing Victim, Kenali dari Sedini Mungkin!

Kamis, 24 November 2022 17:29 Reporter : Gloria Ary
Ciri-ciri Orang yang Suka Playing Victim, Kenali dari Sedini Mungkin! Ciri-ciri Orang yang Suka Playing Victim, Kenali dari Sedini Mungkin!. ©Shutterstock

Merdeka.com - Apakah kamu pernah disalahkan atas hal yang tak dilakukan sebelumnya? Mungkin saja, orang yang menyalahkan diri kamu adalah seseorang dengan sifat playing victim. Kondisi ini bisa terjadi apabila ada seorang individu yang melemparkan kesalahannya kepada orang lain, meskipun ia sendiri yang merupakan pelakunya.

Pribadi seperti ini biasanya akan memutar balikkan fakta dan keadaan, agar dirinya tak terkena dampak buruk dari perbuatan yang telah dilakukan. Nah, seseorang yang memiliki karakter seperti ini sudah pasti akan membuat lingkungan sosialnya menjadi toxic dan berbahaya. Untuk itu, wajib banget untuk mengetahui apa saja tanda dari orang yang suka playing victim. Yuk, baca ulasan berikut.

1. Selalu Berpura-Pura Jadi Korban

ciri ciri orang yang suka playing victim kenali dari sedini mungkin
©Shutterstock

Orang yang sering playing victim umumnya akan bertindak sebagai korban yang menyedihkan. Ia akan menggunakan segala cara agar bisa terlihat paling dirugikan, tersakiti, dan tak berdaya. Tak jarang hal ini sukses menipu orang di sekitarnya. Namun, ada pula yang menyadari apa yang ia perbuat.

Selain itu, individu yang punya kebiasaan ini juga tak akan sungkan untuk mengemis rasa kasihan dari orang lain, agar dirinya terbebas dari perbuatan buruk yang dikerjakan. Jika kamu menemui orang dengan ciri tersebut, maka berhati-hatilah. Siapa tahu ia sedang memanipulasi dirimu.

2. Menghindari Tanggung Jawab

ciri ciri orang yang suka playing victim kenali dari sedini mungkin
©Shutterstock

Tanda selanjutnya yang bisa diketahui dari seseorang yang gemar playing victim adalah ia akan sering menghindari tanggung jawab sebisa mungkin. Tipe ini berpura-pura menjadi korban bukan tanpa tujuan. Dengan menjadi pihak yang dirugikan, dirinya akan bisa lari dari situasi yang sedang terjadi. Bahkan, ia akan memilih orang lain untuk disalahkan untuk bisa menyelamatkan dirinya sendiri.

Apabila kamu memiliki teman atau pasangan seperti ini, sebaiknya perhatikan baik-baik apa yang dikatakannya. Karena mungkin tak semua hal yang keluar dari mulutnya adalah kebenaran. Selalu waspada agar kamu tak menjadi korbannya.

3. Memiliki Rasa Dendam yang Kuat

ciri ciri orang yang suka playing victim kenali dari sedini mungkin
©Shutterstock

Perilaku playing victim mampu membuat pelakunya memiliki rasa dendam yang kuat. Ia akan menyimpan segala informasi dan aib yang dimiliki lawannya agar bisa dijadikan sebagai sebuah ‘senjata’. Apabila para korban mencoba untuk menjatuhkannya, maka ia akan menggunakan berbagai ‘senjata’ tersebut untuk melawan balik.

Sifat buruk ini terkadang membuat orang di sekitarnya merasa tak nyaman. Oleh karena itu, kamu yang mungkin terkena dampak negatif ini, sebaiknya memaafkan saja supaya masalah tak semakin panjang terjadi. Meskipun menjengkelkan, namun hal tersebut bisa jadi solusi terbaik dalam menghadapi tingkah orang yang sering main playing victim.

4. Penuh Drama

ciri ciri orang yang suka playing victim kenali dari sedini mungkin
©Shutterstock

Ke mana pun ia berada, si pelaku playing victim ini akan mengeluarkan drama ala dirinya. Meskipun masalah yang terjadi kecil, namun ia mampu membesar-besarkannya agar bisa menarik perhatian orang lain. Ia tak peduli apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Apa yang diperhatikan adalah dirinya sendiri dan bukan yang lain.

Drama yang dibuat oleh individu ini tak jarang menyeret orang lain yang tak bersalah. Parahnya, tindakan tersebut bisa membawakan kerugian bagi si korban yang terlibat. Untuk itu, segera hindari seseorang seperti ini jika melihat ciri ini, ya.

Demikian 4 ciri yang dimiliki oleh orang yang suka playing victim. Setelah mengetahui berbagai tanda tersebut, maka kamu wajib sekali untuk selektif agar tak terjebak dengan seseorang yang toxic tersebut. Semoga bermanfaat.

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini