Catat, tidak semua cokelat bisa atasi mood jelek

Jumat, 4 Mei 2018 10:38 Reporter : Merdeka
Catat, tidak semua cokelat bisa atasi mood jelek ilustrasi cokelat. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Cokelat memiliki banyak penggemar, dari segala usia. Selain karena rasanya yang enak, cokelat juga memiliki manfaat lain termasuk mengatasi mood jelek.

Dua studi dari Loma Linda University di California sudah membuktikan bahwa cokelat dapat memiliki efek positif pada tingkat stres, serta mempromosikan perubahan bermanfaat pada peradangan, suasana hati, memori, dan kekebalan.

Namun, ternyata tidak semua cokelat dapat memperbaiki mood. Hanya cokelat hitam dengan lebih dari 70 persen kakao saja yang memiliki fungsi tersebut.

Kakao memiliki banyak kandungan flavonoid antioksidan yang memiliki dampak baik untuk otak manusia.

"Selama bertahun-tahun, kami telah melihat pengaruh dark chocolate pada fungsi-fungsi neurologis dari sudut pandang kandungan gula, semakin bahagia kita," kata Pemimpin peneliti Lee S. Berk seperti dikutip dari Metro.co.uk.

Ini adalah pertama kalinya peneliti melihat dampak dari sejumlah besar kakao dalam dosis sekecil cokelat batangan berukuran biasa pada manusia dalam jangka pendek atau jangka waktu lama.

Studi ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi kakao, semakin positif dampaknya pada kognisi, memori, suasana hati, kekebalan dan efek menguntungkan lainnya.

Jadi, jangan salah lagi dalam memilih cokelat ya.

Sumber: Liputan6.com [ita]

Topik berita Terkait:
  1. Cokelat
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini