Cara Mudah Ubah Kebiasaan Merawat Kucing Jadi Lebih Ramah Lingkungan

Jumat, 12 Maret 2021 14:38 Reporter : Jeffreydien Winanda
Cara Mudah Ubah Kebiasaan Merawat Kucing Jadi Lebih Ramah Lingkungan Cara Mudah Ubah Kebiasaan Merawat Kucing Jadi Lebih Ramah Lingkungan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kampanye go green kini sudah mulai diadopsi oleh masyarakat, mulai dari menggunakan tas belanja sebagai ganti tas plastik atau membawa botol minum sendiri. Merambah ke soal perawatan kucing, sayangnya pasir litterbox maupun mainannya sering menambah jumlah sampah yang merusak lingkungan. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengubah kebiasaanmu jadi lebih ‘hijau’ seperti berikut ini.

Cari Alternatif Pasir Kucing

cara mudah ubah kebiasaan merawat kucing jadi lebih ramah lingkungan
©2021 Shutterstock

Sebagian besar pasir pengisi litterbox dibuat dari mineral clay yang bersumber dari penambangan. Menurut Natural Resources Defense Council (NRDC), pembuangannya yang sembarangan dapat merusak tanah lapisan atas bahkan bisa menyebabkan gangguan usus jika termakan oleh kucing. Sebaiknya, coba cari produk litterbox yang menggunakan bahan daur ulang seperti koran, yang juga jadi solusi tepat dan bebas bau.

Manfaatkan Barang di Rumah sebagai Mainan

cara mudah ubah kebiasaan merawat kucing jadi lebih ramah lingkungan
©2021 Shutterstock

Soal mainan, kucing bisa jadi cukup pemilih. Tidak heran jika terkadang hewan peliharaanmu memiliki banyak mainan, yang mungkin belum pernah disentuh sama sekali. Daripada mengeluarkan bujet atau terpaksa membuang mainan yang tidak disukai anabulmu, gunakan saja apa yang ada di rumah. Mulai dari kardus bekas, gulungan tisu toilet, atau pita yang direkatkan di ujung tongkat yang murah meriah.

Reuse Barang-Barang Bekas

cara mudah ubah kebiasaan merawat kucing jadi lebih ramah lingkungan
©2021 Shutterstock

Bukan hanya mainan, kebutuhan kucing pun bisa disiasati dengan memanfaatkan kembali barang-barang yang sudah tidak dipakai di rumah. Membuat kandang misalnya, bisa menggunakan kawat dan kaus bekas. Begitu juga kasur untuk anabul tidur dengan nyaman pun bisa dibuat sendiri dari kain perca dan sedikit keahlian menjahit.

Melindungi Satwa Liar

cara mudah ubah kebiasaan merawat kucing jadi lebih ramah lingkungan
©2021 Shutterstock

Belum banyak yang tahu kalau faktanya di Amerika Serikat saja, kucing sudah memangsa 2,4 miliar burung setiap tahunnya. Uniknya, setengahnya disebabkan oleh anabul peliharaan yang juga memburu hewan kecil lainnya seperti kadal, tikus, tupai, hingga katak. Dapat mengganggu keseimbangan habitat, jaga hewan peliharaanmu tetap di dalam rumah sebanyak mungkin atau gunakan tali saat mengajaknya ke luar rumah.

4 kesalahan memberikan makanan kucing anggora bisa ganggu kesehatannya
©Muezza

Selain cara-cara di atas, memilih makanan kucing yang terbuat dari bahan alami pun dapat mengurangi limbah yang dapat merusak lingkungan. Tanpa bahan sintetik, Muezza bisa jadi pilihan tepat untuk diberikan setiap harinya. Diolah dengan teknologi modern, brand makanan kucing kering ini tetap menjaga kualitas dan keseimbangan nutrisinya.

Sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, kini nikmati bebas cemas saat merawat kucing kesayangan. Mulai dari membelainya tanpa ragu terjilat, mencuci wadah makan di tempat cuci piring, hingga memberikan cat food secara langsung. Muezza memiliki 4 varian lezat seperti Tuna, Salmon, Ocean Fish, dan Mackerel yang bakal jadi favorit kucing. Tak perlu repot keluar rumah, segera pesan Muezza pilihanmu di Shopee dan Tokopedia!

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini