Cara merawat rambut saat backpacking isi waktu liburan

Senin, 28 Maret 2016 04:00 Reporter : Dwi Ariyani
Cara merawat rambut saat backpacking isi waktu liburan. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Akhir pekan telah tiba sudah siap untuk menentukan akan berpergian ke mana? Sedikit melepaskan diri dari rutinitas pekerjaan dengan pergi liburan dapat membantu menyegarkan otak agar siap menghadapi tantangan minggu depan. Meski liburan namun jangan sampai mengabaikan kebersihan terutama bagian kepala. Terlebih untuk berlibur ala backpacker yang berisiko susah bertemu air sehingga akan jarang sekali mencuci rambut. Berikut cara merawat rambut bagi backpacker di saat liburan.

1. Pilih Sampo Yang Tepat
Bawalah sampo yang sesuai dengan jenis rambut untuk mengatasi debu dan sinar matahari pemicu keringat yang akan menempel di kulit kepala. Tumpukan residu ini bisa menjadi penyebab ketombe dan rambut terasa gatal.

2. Gunakan Kondisioner Setelah Keramas
Agar rambut tetap dingin dan tidak mudah rusak gunakan kondisioner setelah keramas. Hal ini agar sinar matahari bisa diredukasi dan tidak membuat rambut menjadi kering yang akan mengakibatkan kulit kepala mengelupas dan menjadi penyebab ketombe.

3. Jangan Lupa Memakai Topi
Jika cuaca terik lindungi kepala dan rambut dari kontak sinar matahari langsung. Sinar matahari yang menyengat kulit akan mengendapkan keringat dan membuat rambut menjadi kering. Pilih topi dengan bahan yang nyaman serta tidak terlalu ketat agar sirkulasi dan kelembapan kepala tetap terjaga.

4. Hindari Pelindung Kepala Pemicu Keringat
Di cuaca terik topi menjadi pilihan untuk melindungi rambut dari sengatan matahari. Namun pilihlah bahan yang tidak menjadi pemicu keringat yang akan membuat kulit kepala menjadi gatal. Lapisi bagian dalam topi dengan sapu tangan atau pakailah scarf yang diikat longgar.

5. Istirahatkan Kulit Kepala
Setelah berjalan-jalan menikmati pemandangan dan tempat wisata, istirahatlah sejenak sembari memijat kepala. Cara sederhana ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah yang ada di kepala serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

6. Hindari Rambut Terkena Air Laut atau Kaporit
Berenang di laut saat liburan tentunya sangat mengasyikkan, namun perlu waspada bagi yang memiliki rambut berwarna. Sebab air laut dan kaporit membantu warna rambut menjadi luntur dan pudar. Jika nekat ingin berenang gunakan shower cap agar rambut tetap terlindungi.

7. Keramas Dengan Air Dingin
Jika Anda memiliki rambut yang telah diwarnai harus perhatikan tertama saat keramas. Agar rambut tidak luntur dan warnanya memudar selalu gunakan air dingin ketika keramas. Selain badan menjadi segar warna rambut pun menjadi tetap awet .

8. Bawa Shampo Sesuai Dengan Negara Yang Dituju
Sebelum berangkat lihat dulu musim di negara yang akan dikunjungi. Bawalah sampo sesuai dengan iklim sana untuk membuat penampilan rambtmu tetap indah. Perbedaan iklim memberikan dampak pada rambut serta kelembapan pada kulit kepala.

9. Lindungi Kepala Jika Cuaca Dingin
Cuaca dingin tentunya akan berpengaruh pada kelembapan di kulit kepala yang tentunya akan mengakibatkan kering. Jika kulit kepala mengering maka akan sel pun mati dan mengelupas menjadi penyebab ketombe. Saat liburan jangan lupa untuk membawa kondisioner, minyak rambut dan memakai beanie hat.

10 Pakai Krim Rambut
Sinar ultraviolet yang terik tentunya sangat berdampak jahat pada rambut yang berubah menjadi kering. Jangan tunggu hingga kulit kepala menjadi kering yang mengakibatkan ketombe. Selama bepergian bawalah krim rambut untuk mencegah rambut agar tidak kering serta bercabang.

Liburan menjadi semakin menyenangkan serta rambut tetap sehat dan indah tanpa khawatir ketombe.

BACA JUGA:

Model Rambut Agar Terlihat Muda? Di Sini Lengkap Infonya
Sebal Karena Ketombe Membandel?
Cara Merawat Rambut Agar Penyebab Ketombe Tak Kembali Lagi [aik]

Topik berita Terkait:
  1. Cara Merawat Rambut
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini