Cara menghadapi anak suka berbohong

Reporter : Kun Sila Ananda | Minggu, 25 November 2012 10:07
Cara menghadapi anak suka berbohong
Ilustrasi memarahi anak. ©Shutterstock.com/siamionau pavel

Merdeka.com - Kebohongan yang dilakukan anak biasanya disebabkan oleh dua hal, takut akan dimarahi jika jujur atau mencari perhatian. Untuk menghadapi anak-anak yang suka berbohong, orang tua harus melakukan tindakan tepat. Seperti apa? Berikut caranya, seperti dilansir oleh Times of India (24/11).

Cara Irit Pererat Pertemanan dengan Jalan-Jalan

1. Hukum anak
Jika anak berbohong karena untuk menutupi kesalahan mereka, terapkan hukuman. Namun hukuman ini bukan karena mereka berbohong, melainkan karena kesalahan yang mereka tutupi. Anak-anak biasanya berbohong jika mereka takut atau malu. Dukung mereka untuk mengatakan hal yang sebenarnya. Hal ini akan membuat mereka semakin peka terhadap kesalahan yang mereka lakukan.

2. Jangan membentak
Ketika tahu anak berbohong, jangan membentak dan memarahi mereka habis-habisan seolah mereka sudah melakukan pembunuhan. Jelaskan bahwa berbohong adalah hal yang salah dan berdosa. Minta mereka untuk mengatakan hal yang jujur. Ketika mereka sudah mengerti, tutup kasusnya, jangan diperpanjang lagi.

3. Beri kepercayaan
Beri anak kepercayaan dan jelaskan bahwa Anda lebih menghargai kejujuran mereka meski ketika mereka melakukan kesalahan. Jelaskan bahwa Anda percaya mereka akan selalu jujur pada Anda.

Selain tiga langkah di atas, memberikan contoh kejujuran pada anak juga penting dilakukan oleh orang tua. Mengajarkan mereka kejujuran berawal dari selalu berbicara dan bersikap jujur pada mereka setiap harinya.

[kun]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Tips

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE