Cara Mengenali Tanda Parfum Kedaluwarsa, Jangan Dipakai Lagi Ya!

Kamis, 26 Mei 2022 14:48 Reporter : Wuri
Cara Mengenali Tanda Parfum Kedaluwarsa, Jangan Dipakai Lagi Ya! Cara Mengenali Tanda Parfum Kedaluwarsa, Jangan Dipakai Lagi Ya!. ©Shutterstock

Merdeka.com - Meningkatkan penampilan dengan aroma parfum tertentu memang jadi salah satu cara ampuh untuk mendongkrak rasa percaya diri. Nggak heran jika sebagian perempuan mengoleksi beberapa jenis parfum untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Namun, seberapa sering kamu mengecek kondisi parfum yang dimiliki? Apakah parfum tersebut masih layak digunakan? Pelajari cara mengenali tanda parfum kedaluwarsa untuk memastikan produk yang kamu gunakan masih tetap aman untuk kesehatan kulit.

2 dari 3 halaman

Terjadi Perubahan Warna

cara mengenali tanda parfum kedaluwarsa jangan dipakai lagi ya
©Shutterstock

Ciri pertama parfum yang sudah kedaluwarsa bisa dikenali dari warnanya. Jika warna produk mengalami perubahan, seperti lebih gelap atau malah jadi putih seperti susu, bisa jadi sinyal aklau parfum yang dimiliki sudah nggak layak digunakan.

Namun, perubahan warna ini hanya bisa diamati dari parfum yang memiliki botol berwarna bening transparan saja. Jika produk tersimpan dalam botol berwarna, akan lebih sulit mengenali perubahan warna yang terjadi.

Aroma yang Sudah Tidak Biasa

cara mengenali tanda parfum kedaluwarsa jangan dipakai lagi ya
©Shutterstock

Salah satu cara paling mudah mengenali parfum yang sudah kedaluwarsa adalah pada aroma yang hadir. Pada umumnya, hidung manusia akan mampu mengenali perubahan aroma sekecil apapun, terlebih jika parfum favorit yang biasa digunakan.

Jika disimpan dalam waktu lama, formula dalam parfum akan bereaksi secara silang yang menyebabkan wanginya jadi kurang baik. Jika kamu mengenali adanya aroma asam yang sebelumnya tidak ada, hal tersebut merupakan salah satu tanda kalau parfum sudah seharusnya berhenti digunakan.

3 dari 3 halaman

Muncul Kerak di Sudut Semprotannya

cara mengenali tanda parfum kedaluwarsa jangan dipakai lagi ya
©Shutterstock

Perhatikan baik-baik botol parfum yang kamu miliki. Jika sudah muncul kerak di bagian sudut semprotannya, tandanya produk tersebut sudah mengalami oksidasi.

Kamu bisa membersihkan dulu kerak tersebut dan melakukan tes kecil. Jika setelah disemprotkan, aroma parfum cenderung mengarah seperti asam, sebaiknya ganti produk tersebut dengan yang baru.

Parfum Membuat Kulit Iritasi

cara mengenali tanda parfum kedaluwarsa jangan dipakai lagi ya
©Shutterstock

Parfum yang disimpan dalam waktu lama bisa mengalami perubahan kandungan formula. Hal ini nggak hanya mempengaruhi warna dan aromanya saja. Tapi juga efeknya jika terkena kulit.

Ini dia salah satu red flag yang bisa diartikan bahwa saatnya membuang botol parfum milikmu. Jika saat digunakan malah menyebabkan kulit kemerahan, gatal, atau bahkan iritasi, sebaiknya langsung buang parfum tersebut demi menjaga kesehatan kulit.

Parfum memang jadi andalan untuk mendukung penampilan perempuan. Jadi, perhatikan selalu kualitasnya produk yang dimiliki demi menyempurnakan penampilanmu sehari-hari. Saatnya cek dulu parfum yang dimiliki, apakah masih layak dipakai atau sudah kedaluwarsa nih?

[wri]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini