Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Cara Mengatasi Jerawat Paling Ampuh yang Bisa Dilakukan Mudah dan Cepat

10 Cara Mengatasi Jerawat Paling Ampuh yang Bisa Dilakukan Mudah dan Cepat Cara Mengatasi Jerawat Paling Ampuh yang Bisa Dilakukan Mudah dan Cepat. ©Shutterstock

Merdeka.com - Jerawat memang bisa jadi salah satu masalah kulit yang bikin galau. Biarpun kesannya sepele, tapi benjolan kecil yang muncul di wajah ini tentu bisa mengganggu penampilan jika dibiarkan begitu saja. Apalagi kalau yang muncul nggak hanya satu, tapi ada beberapa sekaligus. Duh, pasti dilema banget kan?

Jerawat memang sering bikin cemas, tapi bukan berarti harus musuhan selamanya denganmu. Berikut ini 10 cara mengatasi jerawat paling ampuh yang bisa dilakukan di rumah. Intip lebih jauh yuk!

Penyebab Jerawat

cara mengatasi jerawat paling ampuh yang bisa dilakukan mudah dan cepat

©Shutterstock

Dari mana sih asalnya benjolan kemerahan yang muncul di wajah ini? Jadi, kulit manusia normalnya mengeluarkan sebum dan meluruhkan sel kulit setiap hari. Nah, baik sebum maupun sel kulit mati ini harus dibersihkan setiap hari supaya tidak menyumbat pori-pori. Kondisi penyumbatan awal yang terjadi inilah yang kemudian menjadi awal terbentuknya jerawat yang membandel.

Sebum diproduksi tubuh dengan dipengaruhi oleh hormon androgen. Hormon yang satu ini memang mengalami puncaknya di masa pubertas. Inilah yang menyebabkan jerawat membandel sering banget dialami remaja.

Selain karena pengaruh hormon, jerawat juga bisa terjadi karena kebersihan kulit yang kurang terjaga, misalnya malas membersihkan wajah, memegang wajah dengan tangan kotor, hingga faktor debu dan polusi sehari. Dengan mengenali penyebab jerawat, maka akan semakin mudah juga mencari tahu cara mengatasi jerawat yang tepat.

Cara Mengatasi Jerawat Paling Ampuh yang Bisa Dicoba

Meskipun bukan perkara serius, tapi wajah yang berjerawat tentu bisa bikin nggak pede karena mengganggu penampilan. Namun, mengatasi jerawat ternyata nggak membutuhkan langkah ribet atau biaya mahal. Nyatanya, ada berbagai tips menghilangkan jerawat yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari.

1. Rutin Membersihkan Wajah dengan Produk yang Tepat

cara mengatasi jerawat paling ampuh yang bisa dilakukan mudah dan cepat

©Shutterstock

Membersihkan wajah secara rutin menjadi langkah perawatan kulit penting untuk mengatasi jerawat. Pasalnya, kotoran, debu, dan minyak alami yang menempel di wajah dan nggak dibersihkan dengan baik bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori yang makin parah. Akibatnya, jerawat baru bisa bermunculan.

Jadi, jangan pernah skip ritual membersihkan wajah. Gunakan produk yang tepat, misalnya yang tidak mengandung bahan kimia keras. Hal ini karena residu bahan kimia tersebut bisa meninggalkan sensasi kering dan kesat yang memicu iritasi kulit. Selain itu, kenali bahan-bahan skincare yang sebaiknya ada dalam sabun pembersih wajahmu.

Misalnya saja salicylic acid yang dapat memicu pengelupasan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori penyebab jerawat, mengatasi kemerahan akibat peradangan, serta mengurangi produksi minyak berlebih. Selain itu, produk pembersih wajah yang mengandung vitamin C juga disarankan karena kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi efek kemerahan dan pembengkakan pada kulit yang berjerawat.

2. Gunakan Skincare Khusus untuk Wajah Berjerawat

Cara mengatasi jerawat yang bisa diterapkan selanjutnya adalah memperhatikan produk skincare yang digunakan, baik itu jenis maupun bahan-bahannya. Selain membersihkan wajah dengan facial foam, penting juga untuk menggunakan toner, moisturizer dan serum yang dapat memaksimalkan perawatan wajah berjerawat ini.

Toner memiliki fungsi untuk menenangkan kulit, sementara itu moisturizer diperlukan untuk menjaga kelembapan wajah dengan baik. Soalnya, kulit yang sangat kering dapat memicu sebum memproduksi lebih banyak minyak yang bisa memicu pertumbuhan jerawat lainnya.

Terakhir, jangan lewatkan penggunaan serum yang didesain untuk mengatasi masalah kulit secara spesifik. Bagi yang bermasalah dengan jerawat, penggunaan serum yang mengandung Vitamin C biasanya banyak jadi andalan beauty enthusiast.

3. Hindari Memegang Wajah apalagi Memencet Jerawat

cara mengatasi jerawat paling ampuh yang bisa dilakukan mudah dan cepat

©Shutterstock

Masih sering melakukan kebiasaan memegang wajah atau malah memencet jerawat? Eits, ternyata hal tersebut bukan kebiasaan yang baik karena bisa memperparah munculnya jerawat di wajah. Kok bisa sih?

Tangan biasanya digunakan untuk memegang banyak hal yang ada di sekitar mereka. Selama proses tersebut berlangsung, tangan juga bisa menjadi media transfer bakteri, yaitu dari benda-benda lain yang ada di sekitarmu menuju benda yang kamu sentuh selanjutnya. Bisa kebayang dong saat meyentuh wajah bakal jadi seperti apa.

Nggak hanya wajib menahan diri untuk tidak memegang wajah, sebaiknya kamu juga tidak melakukan kebiasaan memencet jerawat. Kuman yang masuk ke dalam pori-pori kulit yang berjerawat dapat menginfeksi jerawat tersebut dan tentunya bisa membuat kondisinya makin parah.

4. Gunakan Cuka Apel

Penggunaan bahan alami yang ada di sekitar juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi jerawat yang ampuh. Misalnya saja dengan memanfaatkan cuka apel yang dikenal dengan kemampuan antibakteri dan anti-inflamasi di dalamnya. Bahan ini juga mengandung asam suksinat yang bekerja penting untuk menekan peradangan yang terjadi karena jerawat serta mencegah tumbuhnya jaringan parut. Kandungan asam laktat di dalamnya juga terbukti dapat menghilangkan bekas jerawat.

Nah, untuk melakukan perawatan dengan cuka apel sebenarnya mudah banget kok. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok air. Gunakan lebih banyak air jika memiliki kulit sensitif. Selanjutnya, oleskan campuran cuka apel ini pada kulit dengan bantuan kapas. Diamkan selama 20 detik lalu bilas dengan air. Keringkan wajah setelahnya. Perawatan ini bisa diaplikasikan pada wajah berjerawat setiap hari hingga bekas jerawat terlihat mengering.

5. Treatment dengan Lidah Buaya

cara mengatasi jerawat paling ampuh yang bisa dilakukan mudah dan cepat

©Shutterstock

Selain cuka apel, tips mengatasi jerawat dengan bahan alami lainnya yang bisa dicoba di rumah adalah treatment dengan lidah buaya. Gel dalam lidah buaya mengandung salicylic acid dan sulfur yang sering menjadi bahan andalan untuk mengatasi jerawat yang membandel. Selain itu, lidah buaya juga dapat berperan untuk menenangkan kulit yang mengalami peradangan akibat jerawat.

Untuk menghilangkan jerawat dengan lidah buaya, cara mudah ini bisa banget dicoba. Kerok tumbuhan lidah buaya dengan sendok, oleskan gel yang didapat secara langsung di area kulit sebagai pelembap. Lakukan cara ini 1-2 kali setiap hari.

6. Rutin Mengganti Handuk dan Sarung Bantal yang Dikenakan

cara mengatasi jerawat paling ampuh yang bisa dilakukan mudah dan cepat

©Shutterstock

Ingin mengatasi jerawat hingga tuntas? Perhatikan juga kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Jangan lupa perhatikan kebersihan handuk dan sarung bantal yang sering digunakan, karena bisa mempengaruhi pertumbuhan jerawat pada wajah, lho.

Yup, handuk yang kotor bisa menjadi sarang pertumbuhan kuman dan bakteri. Jika digunakan pada kulit, terutama wajah, bisa terjadi transfer bakteri yang menyebabkan pertumbuhan jerawat. Begitu pun sarung bantal yang digunakan saat tidur juga harus sering diganti supaya tidak memicu pertumbuhan jerawat yang membandel dan mengganggu penampilan.

7. Hindari Konsumsi Gorengan dan Makanan Berlemak

Jika ingin menerapkan cara mengatasi jerawat dengan cepat, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Misalnya dengan meminimalisir konsumsi gorengan dan makanan berlemak lainnya untuk menjaga kesehatan kulit. Memangnya apa pengaruhnya sih?

Ternyata, konsumsi minyak berlebih yang masuk ke dalam tubuh dapat memicu kondisi kulit yang semakin berminyak. Jika produksi sebum semakin aktif, artinya dapat memicu pori-pori tersumbat yang kemudian berisiko meningkatkan pertumbuhan jerawat. Meskipun kedua jenis makanan ini terasa lezat, tapi mulai sekarang batasi konsumsinya jika ingin terbebas dari masalah jerawat.

8. Kenali Diet Sehat untuk Wajah Berjerawat

cara mengatasi jerawat paling ampuh yang bisa dilakukan mudah dan cepat

©Shutterstock

Selain ada makanan yang harus dihindari, ada juga daftar makanan yang harus dikonsumsi sebagai bagian dari cara mengatasi jerawat yang ampuh dilakukan. Misalnya saja perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan zinc atau seng. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kulit berjerawat cenderung memiliki kadar seng yang lebih rendah di dalam darah. Nah, kamu bisa memenuhi asupan seng di dalam tubuh dengan mengonsumsi tiram, lobster, kacang-kacangan, atau telur.

Selain seng, disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya kandungan asam lemak Omega 3. Zat yang satu ini dapat membantu mengelola produksi minyak, mempertahankan hidrasi sehingga mencegah pertumbuhan jerawat. Beberapa jenis makanan yang kaya kandungan Omega 3 antara lain salmon, sarden, teri, biji chia, dan sebagainya.

9. Olahraga Secara Rutin

Cara mengatasi jerawat lainnya yang mudah dan bisa dilakukan di rumah adalah olahraga secara rutin. Kok bisa sih? Soalnya kegiatan yang satu ini ternyata dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan lebih sehat. Keringat yang muncul saat olahraga juga dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, sehingga meminimalisir terjadinya peradangan akibat jerawat.

Disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin selama 30 menit sebanyak 3-5 kali dalam satu minggu. Kamu bisa melakukan olahraga apapun, misalnya jalan kaki, jogging, yoga, hiking, bersepeda, dan sejenisnya. Nggak hanya bisa membantu mengatasi jerawat, olahraga rutin juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

10. Istirahat yang Cukup dan Minimalisir Stres

cara mengatasi jerawat paling ampuh yang bisa dilakukan mudah dan cepat

©Shutterstock

Salah satu faktor penting yang mendukung cara mengatasi jerawat yang kamu lakukan secara rutin di rumah adalah dengan memastikan tubuh mendapatkan waktu istirahat cukup dan hindari stres. Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan produksi sebum, memicu peradangan kulit, hingga membuat jerawat makin parah. Nggak hanya itu, stres juga dapat menghambat proses penyembuhan luka hingga 40% yang artinya dapat menghambat proses pemulihan kulit setelah jerawat.

Jadi, pastikan untuk selalu mendapatkan waktu istirahat yang cukup di malam hari. Jangan lupa latihan relaksasi yang berperan untuk mengurangi stres. Misalnya saja dengan latihan pernapasan atau yoga.

See, ternyata ada banyak cara mengatasi jerawat yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Tanpa perlu ke salon kecantikan, kamu bisa melakukan berbagai langkah di atas dengan mudah di rumah. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan kulit yang dapat mencegah pertumbuhan jerawat, misalnya dengan menggunakan skincare khusus yang memiliki kandungan untuk meminimalisir pertumbuhan jerawat.

Selain itu, perawatan kulit secara rutin dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat membandel. Banyak bahan alami yang ada di sekitar yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah datangnya jerawat, misalnya saja dengan mengaplikasikan masker putih telur atau madu. Jaga kebersihan wajah secara rutin juga penting untuk mencegah pori-pori tersumbat yang dapat memicu pertumbuhan jerawat yang membandel.

Jangan biarkan munculnya jerawat jadi hal yang mengganggu penampilan. Saatnya atasi jerawat dengan beberapa cara di atas dan wujudkan kulit yang glowing dan sehat!

(mdk/wri)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala, Lakukan Hal Ini
Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala, Lakukan Hal Ini

Jerawat di kulit kepala dapat terasa gatal, kadang juga bisa meradang dan menyebabkan nyeri.

Baca Selengkapnya
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah, Cuma Pakai Tanaman Alami
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah, Cuma Pakai Tanaman Alami

Jerawat memang banyak menjadi masalah bagi penampilan. Baik anak muda maupun yang sudah tua pastinya akan kesal dan tak pede jika ada jerawat di wajahnya.

Baca Selengkapnya
Tips Menghilangkan Jamur pada Lemari, Efektif dan Mudah
Tips Menghilangkan Jamur pada Lemari, Efektif dan Mudah

Jamur bisa muncul di lemari kayu karena kondisinya terlalu lembap dan memang sangat rentan ditumbuhi jamur.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan, Bisa Makin Parah
3 Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan, Bisa Makin Parah

Meskipun tampak seperti solusi cepat untuk mengatasi masalah jerawat, tapi kebiasaan ini justru dapat membawa lebih banyak kerugian daripada manfaat.

Baca Selengkapnya
10 Tips Mengeluarkan Dahak dengan Efektif, Mudah Dilakukan di Rumah
10 Tips Mengeluarkan Dahak dengan Efektif, Mudah Dilakukan di Rumah

Cara menghilangkan dahak bisa dilakukan dengan bahan dan metode alami tanpa obat.

Baca Selengkapnya
Cepat dan Efektif, Ini Trik Bersihkan Noda Jamur di Jas Hujan dengan 1 Bahan Dapur
Cepat dan Efektif, Ini Trik Bersihkan Noda Jamur di Jas Hujan dengan 1 Bahan Dapur

Berkembangnya jamur pada jas hujan ternyata sering terjadi dan banyak yang belum mengetahui cara yang efektif untuk mengatasi masalah ini.

Baca Selengkapnya
5 Tips Simpel untuk Rambut Tetap Cetar dan Anti Lepek saat Musim Panas
5 Tips Simpel untuk Rambut Tetap Cetar dan Anti Lepek saat Musim Panas

Musim panas jadi tantangan tersendiri bagi perempuan terlebih bagi yang memiliki rambut panjang karena akan menjadi lebih lepek.

Baca Selengkapnya
Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya
Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

Sama halnya dengan jerawat yang ada di wajah, jerawat punggung dapat merusak penampilan.

Baca Selengkapnya
Inilah 7 Bahan Rumahan yang Bisa Bikin Daging Empuk, Caranya Mudah dan Efektif
Inilah 7 Bahan Rumahan yang Bisa Bikin Daging Empuk, Caranya Mudah dan Efektif

Cukup gunakan 7 bahan dapur ini, maka daging sudah pasti empuk setelah dimasak. Yuk, simak penjelasannya!

Baca Selengkapnya