Brem Bali, minuman selamat datang nan eksotis

Sabtu, 12 Januari 2013 08:14 Reporter : Destriyana
Brem Bali, minuman selamat datang nan eksotis Ilustrasi brem Bali. ©2013 Merdeka.com/Wibowo Rusli/Flickr

Merdeka.com - Pesona pulau dewata senantiasa membius mata setiap wisatawan, yang ingin dimanjakan dengan lansekap-lansekap menakjubkan. Disamping keindahan alamnya yang luar biasa, Bali juga menyimpan beragam kuliner unik yang sayang untuk dilewatkan. Sebut saja brem Bali.

Brem Bali berbeda dengan jenis brem yang berasal dari Wonogiri ataupun Madiun karena tidak berbentuk padat. Brem Bali berbentuk minuman yang awalnya hanya disajikan sebagai bagian dari ritual keagamaan dan adat masyarakat Hindu.

Kini, brem sudah dikenal luas sebagai minuman selamat datang bagi para turis yang berlibur ke Bali. Bahkan, tak sedikit yang menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Bali. Selain rasanya yang unik, brem Bali juga terbuat dari bahan-bahan alami, seperti beras ketan hitam atau putih.

Minuman hasil fermentasi dari beras ketan ini biasa ditemukan di Sanur, yang dikenal sebagai sentra industri brem Bali. Namun, minuman brem sendiri dapat ditemukan di berbagai daerah di Bali. Nah, bagi Anda yang belum mencicipi brem cair, rasanya agak sedikit asam dan manis. Sangat eksotis.

Jika berkunjung ke Bali, kurang lengkap rasanya kalau belum merasakan kenikmatan brem khas pulau dewata. Sebaiknya, jangan minum berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan. Namun, bila dikonsumsi dengan takaran yang rendah, brem cair dipercaya ampuh mencegah penyakit stroke dan jantung. [des]

Topik berita Terkait:
  1. Kuliner Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini