Bisakah Aspirin Dimanfaatkan untuk Mengatasi Jerawat?

Selasa, 16 April 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini
Bisakah Aspirin Dimanfaatkan untuk Mengatasi Jerawat? Ilustrasi aspirin. ©Shutterstock

Merdeka.com - Selama ini tablet aspirin lebih banyak dikonsumsi untuk mengatasi sakit kepala atau demam. Namun obat penghilang rasa sakit ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat.

Dilansir StyleCraze, aspirin mengandung salicylic acid yang efektif untuk mengeringkan jerawat. Aspirin juga termasuk obat antiinflamasi yang baik untuk meredakan peradangan jerawat.

Menerapkan aspirin yang sudah ditumbuk pada wajah akan membantu mengurangi jerawat berikut bekas kemerahan dan flek yang ditinggalkannya.

Anda juga bisa mengkombinasikan tablet yang sudah dihaluskan dengan bahan-bahan lain yang sesuai kebutuhan kulit saat itu. Berikut ini dua resep masker antijerawat dari aspirin yang bisa Anda coba.

1 dari 2 halaman

Masker Aspirin + Cuka Apel

Jika kulit Anda tergolong sangat sensitif, cukup gunakan air minum untuk melarutkan aspirin. Namun jika kondisi jerawat lumayan parah, gunakan cuka apel. Cuka apel juga efektif untuk mengatasi jerawat dengan sifat asamnya.

Bahan:

  • 5-6 tablet aspirin
  • Air minum secukupnya
  • Cuka apel

Instruksi:

  1. Teteskan air dan cuka apel secukupnya sampai aspirin lunak. Setelah itu hancurkan dengan sendok bersih hingga menjadi pasta kental.
  2. Oleskan campuran masker pada wajah yang sudah bersih dari makeup, terutama di bagian yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air.
2 dari 2 halaman

Masker Aspirin + Madu

Madu merupakan bahan alami dengan khasiat antibakteri sekaligus kaya nutrisi. Campuran aspirin dan madu akan menjadi ramuan yang manjur untuk mengatasi jerawat, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kering dan rawan berjerawat.

Bahan:

  • 1 sendok makan madu organik
  • 5-6 tablet aspirin
  • minyak almond secukupnya

Instruksi:

  1. Haluskan tablet aspirin dan larutkan dengan air. Tambahkan madu organik dan beberapa tetes minyak almond.
  2. Oleskan campuran masker pada wajah yang sudah bersih dari makeup, terutama di bagian yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air.

Demikian cara memanfaatkan tablet aspirin untuk mengatasi jerawat. Anda juga bisa menggunakannya sebagai toner atau scrub. [tsr]

Baca juga:
Cegah Munculnya Jerawat di Bibir dengan Cara Mudah ini

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini