Bisa Dikerjakan di Rumah, Ini Daftar Pekerjaan Freelance yang Dicari saat Pandemi

Rabu, 14 Oktober 2020 01:04 Reporter : Tantri Setyorini
Bisa Dikerjakan di Rumah, Ini Daftar Pekerjaan Freelance yang Dicari saat Pandemi Ilustrasi menggunakan laptop. ©Pexels/bongkarn thanyakij

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Namun kondisi yang tak terduga ini juga melahirkan banyak profesi baru. Keterbatasan ruang gerak dan kesempatan untuk berinteraksi membuat pebisnis memaksa diri untuk beradaptasi. Muncul berbagai jenis pekerjaan baru yang bisa menghasilkan pendapatan lumayan.

Sejumlah freelancer harus kehilangan upah karena pekerjaan mereka mengharuskan tatap muka, hal yang sulit dilakukan di tengah anjuran pembatasan sosial dari pemerintah. Walaupun begitu, beberapa jenis pekerjaan freelance yang tidak membutuhkan tatap muka langsung juga semakin sering dilirik.

Berikut ini beberapa jenis pekerjaan freelance tanpa tatap muka yang bisa dijadikan sumber penghasilan saat pandemi. Mungkin upahnya tidak sebesar gaji Anda di pekerjaan sebelumnya, namun lumayan untuk membuat asap dapur tetap mengepul.

1. Digital Marketing Officer

ilustrasi jejaring sosial

©2Pexels/Kaboompics .com

Kalau Anda punya kecintaan terhadap media sosial, tak ada salahnya memanfaatkan jejaring sosial yang Anda miliki sebagai media pemasaran digital. Saat ini banyak bisnis kecil hingga menengah yang membutuhkan digital marketer, baik sebagai admin akun jejaring sosial perusahaan, social media expert, atau analis digital marketing.

2. Penulis Lepas

Belakangan ini, situs pekerjaan freelance atau penyedia jasa kepenulisan membutuhkan banyak penulis lepas. Jika Anda memiliki kemampuan dasar menulis, pekerjaan ini layak dicoba.

Beberapa jenis pekerjaan sebagai penulis yang umum ditawarkan antara lain content writing, script writing, atau review. Biasanya Anda akan diminta memberikan contoh tulisan untuk melihat kemampuan Anda.

3. Copywriter

ilustrasi menggunakan laptop

©Pexels/Elijah O'Donnell

Apa bedacontent writing dan copywriting? Menurut Search Engine Journal, singkatnya copywriter memproduksi tulisan-tulisan yang berfokus pada pemasaran. Sementara content writer bertugas membuat tulisan yang tujuan akhirnya adalah engagement dan branding. Di tengah kemajuan e-commerce, copywriter jelas profesi yang banyak dibutuhkan.

4. Editor

Jika memiliki kemampuan dan keahlian sebagai editor, profesi ini juga bisa dijadikan alternatif karir di tengah pandemi. Namun biasanya lowongan kerja sebagai editor juga membutuhkan kualifikasi di bidang kepenulisan.

Baca Selanjutnya: 5 Graphic Designer...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini