Bingung Tentukan Pola Makan? Ini Pentingnya Pahami Proses Pencernaan pada Kucing

Minggu, 2 Mei 2021 13:00 Reporter : Iwan Tantomi
Bingung Tentukan Pola Makan? Ini Pentingnya Pahami Proses Pencernaan pada Kucing ©shutterstock

Merdeka.com - Tak sedikit pemilik kucing yang kebingungan menentukan jadwal makan kucing. Ada yang 3 kali sehari, bahkan memenuhi mangkuk makannya alias free feeding. Jangan hanya sekadar menyamakan dengan jam makan manusia. Pahami proses pencernaannya, sebagai panduan untuk menentukan pola makan hewan peliharaanmu.

Makan Lebih Sedikit

muezza baru
©shutterstock

Kucing memiliki proses pencernaan yang sederhana, mirip dengan manusia. Butuh waktu 8-10 jam, perut yang kosong akan mengirimkan sinyal pada otak untuk memicu respon lapar. Ditambah badannya yang kecil dan kebutuhan kalori harian yang lebih sedikit, minimal 2 kali makan per hari jadi pola yang terbaik untuk kucingmu, selama tidak mengalami masalah pada pencernaan atau kesehatannya.

Tanda Kucing Alami Masalah Pencernaan

muezza baru
©shutterstock

Kucingmu memiliki selera makan yang baik-baik saja, hingga suatu hari kamu merasakan ada sesuatu yang salah padanya. Perubahan ini bisa bervariasi, mulai dari tampak lesu, mogok makan, muntah dan atau diare, hingga agresif pada orang atau hewan di sekitarnya. Jika mendapati anabulmu mengalami salah satu atau beberapa tanda ini, temukan penyebabnya dan bantu mengatasi masalah pencernaan pada hewan peliharaanmu.

Makanan Manusia sebagai Penyebabnya

muezza baru
©shutterstock

Beberapa makanan seperti daging atau sayuran bisa diberikan pada hewan peliharaan, termasuk dijadikan treat. Jika ingin berbagi dengan kucingmu, hindari susu dan produk olahannya. Sayangnya tak sedikit yang menganggap anabulmu menyukainya, nyatanya kucing tidak memiliki enzim untuk mencernanya. Sedikit jilatan, baik susu, yogurt, maupun es krim mungkin tidak buruk, konsumsi terlalu banyak dapat memicu gangguan pencernaan.

Kalau Kucing Bermasalah dengan Pencernaannya

muezza baru
©shutterstock

Mengalami gangguan pencernaan membuat kucingmu merasa kurang nyaman. Selain berkonsultasi dengan dokter hewan, pemilik anabul bisa membantu semaksimal mungkin, dengan memastikan kucingmu merasa nyaman. Mulai dari memberikan banyak belaian pada kucing, membiarkannya tidur di dekatmu, hingga memberi lebih banyak camilan jika anabulmu menunjukkan minat untuk memakannya.

Sebaliknya, jika kucingmu tidak memiliki masalah pencernaan, tidak ada salahnya untuk tetap menjaga sistem cernanya. Perhatikan pola makannya dengan memberikan makanan yang membantu pencernaannya seperti Muezza.

muezza baru
©Muezza

Di antara bahan-bahan alami yang digunakan dalam pembuatan brand makanan kucing kering ini, Ekstrak Yucca Schidigera jadi unggulannya. Dibuat dari beberapa ligan saponin dan kompleks karbohidrat, kandungan ini ampuh menghambar penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan. Selain itu, juga efektif mengurangi bau dan membantu kotoran kucing berbentuk gumpalan sehingga memudahkanmu untuk membersihkannya.

Kesehatan kucing jadi lebih terjamin, pemilik anabul juga bebas cemas karena Muezza sudah mendapatkan sertifikasi halal. Selain leluasa memegang dry food, juga saat membersihkan wadah makan, mainan, atau barang apa pun yang terkena air liurnya. Tersedia dalam 4 varian rasa, seperti Tuna Flavor yang jadi best seller, Salmon Flavor, Mackerel Flavor, dan Ocean Fish Flavor. Jaga kucing tetap sehat dengan nutrisi tepat dari Muezza, pesan sekarang juga via marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini