Bibir kering tak mempan lipbalm? Mungkin pasta gigi biang keladinya

Kamis, 26 Januari 2017 14:03 Reporter : Tantri Setyorini
Bibir kering tak mempan lipbalm? Mungkin pasta gigi biang keladinya Ilustrasi bibir kering. © StyleCraze

Merdeka.com - Bermasalah dengan bibir pecah-pecah selama bertahun-tahun? Kamu sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasinya tetapi tak ada yang mempan? Bahkan lip balm dan lip butter pun tak bisa melembutkan kulit bibir. Bisa jadi biang keladinya adalah pasta gigimu.

Menurut DermNet New Zealand, pasta gigi mengandung perisa buatan yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Kadang alergi berupa cheilitis (bibir bengkak) atau stomatitis (mulut bengkak). Dalam beberapa kasus, reaksi alergi yang terus berulang menyebabkan kulit bibir pecah-pecah. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita daripada pria.

ilustrasi pasta gigi

ilustrasi pasta gigi. ©www.diyhealthremedy.com

Dilansir SymptomFind, kebanyakan pasta gigi mengandung sodium lauryl sulfate. Laporan di berbagai media menunjukkan kalau bahan ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit bibir, berujung pada bibir kering dan pecah-pecah.

Jika kamu sedang berjuang dengan bibir pecah-pecah, coba untuk beralih ke merek pasta gigi lain yang tidak menggunakan lauryl sulfate. Tetapi perhatikan juga produk sehari-hari lain yang bersentuhan dengan bibirmu. Bukan tidak mungkin produk-produk tersebut mengandung alkohol tinggi, penyebab umum kulit kering. [tsr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini