Biar Tetap Nyaman, Begini Kiat Aman Staycation di Hotel saat Masa Kenormalan Baru

Senin, 31 Agustus 2020 12:12 Reporter : Wuri
Biar Tetap Nyaman, Begini Kiat Aman Staycation di Hotel saat Masa Kenormalan Baru Biar Tetap Nyaman, Begini Kiat Aman Staycation di Hotel saat Masa Kenormalan Baru. ©Shutterstock

Merdeka.com - Di rumah aja memang jadi pilihan yang bijak selama masa pandemi seperti beberapa bulan belakangan ini. Namun, nggak bisa dipungkiri juga kalau tetap di rumah saja bisa menimbulkan rasa bosan tersendiri. Terlebih buat kamu yang biasanya punya kesibukan di luar rumah atau malah sering traveling hampir setiap bulan.

Kabar baiknya di masa era kenormalan baru seperti sekarang ini, staycation di hotel yang ada #DiIndonesiaAja bisa dinikmati kembali. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang aman, nyaman, dan tepat seperti beberapa hal berikut ini.

Terapkan Cara Check-in yang Aman

biar tetap nyaman begini kiat aman staycation di hotel saat masa kenormalan baru

(c) Shutterstock

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan staycation di masa kenormalan baru ini adalah menerapkan cara check in yang aman dan nyaman sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Hotel biasanya sudah menyiapkan beberapa tahapan yang harus kamu lalui sebelum masuk ke dalam area lobi. Mulai dari mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, pemeriksaan suhu tubuh, dan wajib pakai masker.

Jika suhu tubuh mencapai di atas 37,3 derajat Celsius, kamu disarankan untuk segera mencari pertolongan medis dan mendapatkan izin medis sebelum check in hotel. Namun jika suhu normal, kamu bisa melalui proses check in seperti biasa. Jangan lupa selalu jaga jarak jika ada antrian saat akan melakukan check in.

Ikuti Prosedur Pemesanan Makanan di Kamar Hotel

biar tetap nyaman begini kiat aman staycation di hotel saat masa kenormalan baru

(c) Shutterstock

Beberapa hotel memang sudah membuka restoran mereka sehingga pengunjung bisa kembali menikmati makanan di sana. Namun, disarankan untuk tetap menikmati makanan di dalam kamar saja. Jadi, kamu bisa lebih leluasa menikmati makanan tanpa harus cemas dengan kondisi ramai atau kontak fisik yang bisa terjadi jika berada di restoran.

Jangan Lupa Jaga Selalu Kebersihan Diri

biar tetap nyaman begini kiat aman staycation di hotel saat masa kenormalan baru

(c) Shutterstock

Menjaga kebersihan diri itu wajib, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Saat staycation, jangan lupa untuk selalu menerapkan kebiasaan mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer secara rutin dan selalu menggunakan masker saat keluar kamar. Jika membuka jendela hotel, jangan lupa untuk menutupnya kembali. Jangan lupa rutin menjaga kebersihan diri setelah keluar dari kamar.

Wajib Menerapkan Protokol Kesehatan Saat Menggunakan Transportasi Hotel

biar tetap nyaman begini kiat aman staycation di hotel saat masa kenormalan baru

(c) Shutterstock

Niatnya memang staycation dan tetap berada di hotel saja. Tapi, kadang ada beberapa keperluan mendesak yang mengharuskan kamu keluar, misalnya mengambil uang di ATM atau membeli kebutuhan sehari-hari. Saat harus menggunakan transportasi, jangan pernah lupa buat menerapkan protokol kesehatan ya. Gunakan masker dan bawa selalu hand sanitizer ke mana pun kamu pergi karena menjaga kesehatan diri sama artinya dengan menjaga orang lain juga.

Jika kamu disiplin menerapkan protokol kesehatan, staycation di masa kenormalan baru bisa dilakukan dengan aman dan nyaman. Liburan nggak perlu jauh-jauh juga karena staycation #DiIndonesiaAja juga bisa dilakukan dengan seru kok.

Yogyakarta bisa jadi pilihan kota yang tepat buat menikmati staycation yang menyenangkan, baik sendirian atau bersama keluarga. Apalagi Yogyakarta punya sederet hotel unik dengan konsep menarik perhatian. Nggak lupa juga tetap memperhatikan protokol kesehatan sebelum mengunjungi objek wisatanya. Mau ke Taman Sari, Keraton, keliling Malioboro atau naik-naik ke Kaliurang selalu pakai masker dan jaga jarak ya.

Tentu saja masih banyak lagi yang bisa dilakukan di Yogyakarta. Temukan inspirasi liburan jelajah #IndonesiaAja lainnya dengan klik di sini. (*) [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kemenparekraf
  3. Traveling
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini