Bermula dari eksperimen, bidik pasar segmen menengah ke bawah

Sabtu, 15 Maret 2014 11:32 Reporter : Anang Panca Kurniawan
ilustrasi membaca pasar. shutterstock/ Brian A Jackson

Merdeka.com - Selain menentukan produk apa yang ingin dipasarkan, dalam mengawali bisnis online, kita juga harus awas dalam melihat persaingan pasar. Pertimbangkan pasar sebelum berencana mempromosikan produk Anda, dan lakukan survei persaingan dalam portal.
"Awalnya sih, eksperimen. Namun, lama-kelamaan terbentuk market seperti itu. Ketika kami perhatikan, di Indonesia, kalau harga produk rata-rata di atas Rp100 ribu, peminatnya minim. Jadi, kami fokus dengan produk yang mempunyai nilai di bawah Rp100 ribu. Bahkan, lebih dari 50% produk Auroraku berharga di bawah Rp50 ribu," jelas Aurora, owner.
Diakuinya, sejak usaha ini diseriusi sekitar tahun 2012, strategi marketing yang dilakoni untuk menarik pelanggan bisa dibilang standar. Berbekal ilmu secara otodidak, ditambah latar belakang di bidang IT, promosi kemudian dilakukan melalui website dan akun-akun media sosial.

Tim Auroraku

"Memang, dengan harga yang relatif murah, pelanggan kami sudah terbilang lumayan. Fanpage di media sosial kami sudah mencapai kisaran 620 ribu. Tiap harinya, kami bisa mengirim sekitar 20-40 paket pesanan,' imbuhnya.
Meski begitu, ia menambahkan, dalam berbisnis, selalu ada kendala yang mesti dihadapi. Terutama pelanggan yang rewel atau tidak sabar jika pesanan tak kunjung datang.
"Untungnya, kami mempunyai pegawai tetap di bidang administrasi untuk melakukan follow up. Selain itu, kami juga selalu memberikan solusi jika ada produk kami yang cacat, selama pelanggan bisa memberikan bukti barang yang rusak itu," urainya.
Ke depannya, ia mengaku sedang melakukan diversifikasi produk. Dalam waktu dekat, ia berniat menjual produk batik dan fashion item untuk anak-anak.
"Saat ini, kami sedang melakukan survei pasar. Kira-kira model seperti apa yang banyak diminati," tutupnya. [pnc]

Topik berita Terkait:
  1. Online Shop
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini