Belajar Sejarah Perbankan di Museum De Javasche Bank yang Penuh Spot Instagramable

Sabtu, 4 Mei 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini
Belajar Sejarah Perbankan di Museum De Javasche Bank yang Penuh Spot Instagramable De Javasche Bank Surabaya. ©Instagram/marvin.ade

Merdeka.com - Kalau sedang berwisata di kota Surabaya, sempatkan untuk mengunjungi Museum Bank Indonesia atau Museum De Javasche Bank. Tempat ini merupakan salah satu museum yang wajib dikunjungi di kota pahlawan. Tetapi jangan sampai tertukar dengan De Javasche Bank yang ada di Jakarta.

Museum De Javasche Bank Surabaya terletak di Jalan Garuda nomor 1, Krembangan Selatan, Surabaya. Bangunan ini berdiri di atas lokasi De Javasche Bank yang beroperasi dari tahun 1829 hingga 1904. Namun bangunannya sendiri termasuk gedung baru, karena bangunan yang asli sudah dihancurkan.

2019 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Instagram/marvin.ade

Museum De Javasche Bank Surabaya dibuka sejak tanggal 27 Januari 2012. Bangunannya sendiri difungsikan sebagai cagar budaya, mengusung gaya Neo-Renaissans seperti kantor pusatnya yang ada di Batavia (sekarang Jakarta) dulu.

2019 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Instagram/wahidaariffianti

Museum ini punya sederet koleksi menarik, termasuk mata uang lama, mesin-mesin kuno yang dulu digunakan di bank, dan sejumlah perabot kuno. Pengunjung bakal diajak berkeliling untuk melihat-lihat sisa-sisa sistem perbankan yang pernah dipakai di sana, antara lain ruangan brankas dan cermin-cermin yang berfungsi sebagai kamera CCTV kuno.

2019 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Jangan lewatkan lantai dua yang penuh spot keren untuk foto. Petugas yang ramah akan memandu pengunjung untuk mempelajari sejarah perbankan dengan cara interaktif sambil mencarikan spot bagus untuk mengabadikan gambar layak unggah.

2019 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Instagram/akuanggraenisepti/anandyabiru

Museum De Javasche Bank Surabaya buka dari jam 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati cagar budaya. Paling petugas cuma akan meminta Anda mengisi daftar hadir dan mengikuti akun Instagram resmi De Javasche Bank. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini