Belajar dari Odading Viral, Mau Manfaatkan Momen Bisnis Jajanan Tradisional?

Selasa, 13 Oktober 2020 08:27 Reporter : Wuri
Belajar dari Odading Viral, Mau Manfaatkan Momen Bisnis Jajanan Tradisional? Belajar dari Odading Viral, Mau Manfaatkan Momen Bisnis Jajanan Tradisional?. ©Shutterstock

Merdeka.com - Selama ini melihat odading terlihat biasa saja, seperti nggak ada yang istimewa karena mungkin banyak juga yang menikmatinya setiap hari. Tapi melihatnya viral beberapa waktu lalu pasti nggak ada yang menyangka kan? Gara-gara sebuah video promosi sederhana tapi unik, jajanan tradisional khas Bandung ini jadi populer di media sosial.

Bahkan pembelinya sampai rela antri demi bisa mencicipi makanan yang lagi viral tersebut.
Nah, momen ini juga bisa jadi bahan pembelajaran buat kamu yang ingin terjun dalam bisnis kuliner. Odading aja bisa viral, bisnis kue tradisional lainnya mungkin bisa dicoba. Cari tahu dulu triknya!

Indonesia Kaya Kuliner Tradisional yang Berpotensi Viral

belajar dari odading viral mau manfaatkan momen bisnis jajanan tradisional

©Shutterstock

Beruntungnya kita yang tinggal di Indonesia dengan ragam budaya dari daerah masing-masing, termasuk soal kuliner. Buat yang ingin mencoba peruntungan di bisnis kuliner, bisa banget mengeksplorasi kekayaan hidangan khas Nusantara.

Seperti klepon, jajanan kampung yang kini menjadi inspirasi pembuatan cake hingga minuman dengan cita rasa pandan dan kelapa yang memikat. Coba ulik lagi kuliner tradisional lainnya seperti lemper, kue lumpur nagasari, kue cucur, atau kue pancong siapa tahu juga bisa mendapatkan kesempatan viral dan terkenal.

Manfaatkan Resep Rahasia Keluarga untuk Menciptakan Cita Rasa yang Beda

belajar dari odading viral mau manfaatkan momen bisnis jajanan tradisional

©Shutterstock

Setiap keluarga biasanya punya resep turun-temurun yang punya cita rasa berbeda berkat kehadiran ‘bumbu rahasia’ yang jarang ditemui pada resep yang ada di media sosial. Sering mendapat pujian dari teman atau tetangga ketika berbagi hasil masakan dengan resep keluarga? Ini bisa jadi awal peluang emas untuk memulai usaha kuliner.

Berbekal resep rahasia yang sudah dimiliki bertahun-tahun lamanya, sajikan hidangan, jajanan, roti hingga kue yang memiliki cita rasa yang unik. Otentik karena tidak dijual di toko, restoran atau bakery, bisnis makananmu ini bisa punya kesempatan untuk dikenal lebih luas dengan memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut hingga memasarkannya lewat media sosial.

Modifikasi dengan Tren yang Lagi Kekinian

belajar dari odading viral mau manfaatkan momen bisnis jajanan tradisional

©Shutterstock

Makanan tradisional yang dulunya mendapat label ‘ndeso’ atau kampung kini justru tengah menggeliat. Di tengah serbuan tren makanan dari luar negeri, nyatanya cita rasa hidangan khas Nusantara sudah akrab dengan lidah orang Indonesia dan berpotensi untuk jadi viral.

Untuk menarik perhatian, tidak ada salahnya untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, salah satunya dengan melakukan modifikasi sesuai tren terkini. Misalnya martabak telur yang biasa saja kini tampil lebih garang dengan tingkat kepedasan yang bisa dipilih oleh pembeli. Begitu juga jajanan manis seperti kue cubit atau serabi yang tampil kian menarik dengan varian topping seperti selai, keju, hingga remah biskuit yang disukai konsumen.

Bikin Rencana Usaha Jadi Kenyataan

“Bisnis yang bagus adalah yang dikerjakan, bukan yang ditanyakan terus.” Quote dari alm. Bob Sadino bisa jadi sentilan bagimu yang selama ini mungkin masih merasa ragu untuk membuka usaha. Setelah menemukan produk yang tepat untuk dijual, wujudkan rencana usaha agar menjadi kenyataan.

Selain menyiapkan modal dan konsep produk yang tepat, gabung juga dengan DANA Bisnis yang memudahkan pengelolaan keuangan dalam mengembangkan bisnis kamu. DANA Bisnis memberikan kemudahan tarik saldo bisnis langsung ke rekening kamu, cetak kode QR sendiri, kirim link pembayaran lewat aplikasi perpesanan, hingga cek riwayat transaksi dengan mudah.

Dengan gabung DANA Bisnis, kamu juga memberikan metode pembayaran yang mudah untuk pelanggan sehingga bisnis berpotensi laris manis dan terus bertahan. Ada lagi keuntungannya nih, kamu bisa belajar mengembangkan bisnis dari para expert dari video yang disajikan oleh DANA Bisnis. Asyik banget kan?

belajar dari odading viral mau manfaatkan momen bisnis jajanan tradisional

©Shutterstock

Yuk buruan join DANA Bisnis dan buka BRI Digital Saving di aplikasi DANA sekarang karena ada bonus Saldo DANA Rp100.000. Jangan sampai ketinggalan ya karena periodenya hanya berlangsung sampai 31 Oktober 2020 saja. Info lengkap tentang DANA Bisnis langsung saja klik di sini. [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. DANA
  3. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini