Begini Cara Merawat Kucing Ras Himalaya, Kombinasi Persia-Siam yang Menggemaskan

Selasa, 23 Februari 2021 07:29 Reporter : Jeffreydien Winanda
Begini Cara Merawat Kucing Ras Himalaya, Kombinasi Persia-Siam yang Menggemaskan Begini Cara Merawat Kucing Ras Himalaya, Kombinasi Persia-Siam yang Menggemaskan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Apa jadinya jika sifat anggun dan manja dari kucing Persia digabungkan dengan sifat lincah nan cerdas dari ras Siam? Jawabannya ada pada sosok kucing ras Himalaya. Berbeda dengan kucing yang lain, Himalaya bukanlah keturunan murni, melainkan hasil kawin silang antara Persia dan Siam.

Memiliki bulu tebal dan lembut seperti Persia, Himalaya juga memiliki warna yang serupa dengan kucing siam. Tak hanya penampilan, sifat yang dimilikinya juga merupakan gabungan dari karakter Persia dan Siam.

Sebagai kucing berukuran sedang, Himalaya dewasa memiliki berat badan yang berkisar antara 3kg-6kg. Perawatannya pun gampang-gampang susah. Diperlukan ketelatenan tinggi agar hewan lucu ini tumbuh sebagai peliharaan yang sehat dan juga ceria. Oleh sebab itu, hal-hal ini perlu dilakukan sebelum kamu memutuskan untuk memelihara kucing ras Himalaya.

Ajak Kucing Himalaya Untuk Selalu bergerak

begini cara merawat kucing ras himalaya kombinasi persia siam yang menggemaskan

©2021 Shutterstock

Sebagian sifat dasar dari Himalaya menurun dari ras Persia, yaitu manja dan cenderung malas. Oleh sebab itu, ajarkan dia untuk selalu bergerak aktif. Sebagai ras kucing yang bisa hidup hingga 11 tahun, Himalaya harus terus aktif dan lincah agar saat dewasa nanti mereka tidak mudah terserang virus dan penyakit.

Ajaklah dia memainkan sesuatu yang mampu menggerakkan tubuh secara optimal, misalnya dengan mengajaknya bermain bola atau berlari-larian. Dengan kecerdasan dan curiosity yang menurun dari Siam, Himalaya akan selalu penasaran dengan berbagai jenis permainan baru.

Ciptakan Spot Nyaman untuk Kucing Himalaya

begini cara merawat kucing ras himalaya kombinasi persia siam yang menggemaskan
©2021 Shutterstock

Semua jenis kucing hampir selalu memiliki naluri bermalas-malasan jika menemukan tempat yang nyaman. Termasuk Himalaya yang akan mencari titik ternyaman untuk sekadar rebahan dan istirahat. Oleh sebab itu, sediakan kandang beralas lembut untuk dijadikan soft spot mereka.

Dengan memberikan kandang, maka kucing Himalaya tidak akan lagi tidur di atas meja, gorden, atau bahkan tempat tidur tuannya. Jangan lupa untuk menyiapkan spot mencakar agar mereka selalu memiliki mood yang baik dan tidak mudah stres.

Pastikan Ruangan Memiliki Temperatur Sejuk

begini cara merawat kucing ras himalaya kombinasi persia siam yang menggemaskan

©2021 Shutterstock

Memiliki bulu yang tebal, Himalaya adalah salah satu jenis kucing yang tidak betah dengan hawa panas. Ketika merasa tubuhnya kepanasan, kucing Himalaya akan mudah stres dan bulunya cepat rontok. Oleh sebab itu, memberikan kipas angin atau AC adalah solusi jika tempat tinggal kamu berada di wilayah yang panas.

Jangan Biarkan Kucing Himalaya Dehidrasi

begini cara merawat kucing ras himalaya kombinasi persia siam yang menggemaskan

©2021 Shutterstock

Selain menjaga suhu ruangan, menyiapkan air yang cukup juga akan membuat suhu tubuh anabul tidak panas. Kucing Himalaya yang terhidrasi dengan baik sekaligus bisa mencegah mereka terkena penyakit PKD (Polycystic kidney disease) yang menyerang ginjal.

Rutin Melakukan Grooming

begini cara merawat kucing ras himalaya kombinasi persia siam yang menggemaskan

©2021 Shutterstock

Melakukan grooming yang rutin akan membuat bulu kucing Himalaya menjadi lebih lembut dan rontok. Selain itu, menyisir bulu-bulunya setiap hari juga akan membuat penampilannya semakin cantik. Pastikan untuk menggunakan sisir khusus kucing yang berbahan dasar stainless steel.

Memberikan Makanan Bernutrisi Tinggi

begini cara merawat kucing ras himalaya kombinasi persia siam yang menggemaskan

©2021 Shutterstock

Satu hal yang paling penting agar kucing Himalaya bisa tumbuh dengan sehat dan menggemaskan adalah dengan memberinya makanan bernutrisi tinggi. Selain itu, keteraturan pola makan yang diimbangi dengan aktivitas harian akan menyempurnakan proses pertumbuhan anabul.

4 pertimbangan sebelum membuat sendiri makanan kucing persia
© Muezza

Semua nutrisi yang baik bagi kucing bisa kamu dapatkan di Muezza Cat Food. Diolah dengan bahan pilihan, Muezza dikemas dengan teknologi modern dan telah mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Sudah pasti, selain terjaga kualitasnya, pemilik juga tidak perlu was-was saat terkena air liur kucing atau membersihkan food bowl-nya. Muezza yang tersedia dalam varian rasa Tuna, Salmon, Mackerel, dan ikan laut, sudah bisa kamu dapatkan sekarang juga melalui Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini