Bandung Beatbox, komunitas yang ukir prestasi ajang internasional

Rabu, 28 Oktober 2015 10:26 Reporter : Dian Rosadi
Bandung Beatbox, komunitas yang ukir prestasi ajang internasional Bandung Beatbox. ©2015 Merdeka.com/ Istimewa

Merdeka.com - Kegiatan komunitas Bandung Beatbox tak hanya sekedar berkumpul. Selain diundang untuk tampil di berbagai acara, komunitas ini ternyata sering mengukir prestasi. Di antaranya menjuarai lomba Tasik Beatbox Battle, Tangerang Beatbox Battle dan Bekasi Beatbox Battle secara berturut-turut sejak 2011 hingga 2015.

"kebanyakan juara secara individu battle solo, kebetulan yang paling baru di acara Bekasi Beatbox Battle kita juara untuk kategori best perform. Kalau dikumpulkan ada 18 piala dan sertifikat banyak sekali," ujar Ketua Bandung Beatbox, Hekmatyar Al Fath, kepada Merdeka.com, Selasa (27/10).

Tak hanya di Jawa Barat, event-event berskala nasional yang diselenggarakan di Jakarta pun tak pernah absen diikuti oleh komunitas Bandung Beatbox. Lagi-lagi mereka mampu menyabet gelar juara best perform dalam acara Beatbox National of the Year 2014.

Rencananya komunitas ini akan menghadiri Java Beatbox Festival yang merupakan acara beatbox terbesar di Indonesia. "Kita setiap tahun datang dan Bandung biasanya kirim 12 sampai 15 orang buat ke sana," kata pria yang akrab disapa Tyar.

Selain itu, di Kota Bandung sendiri setiap tahun komunitas Bandung Beatbox juga rutin menyelenggarakan acara bertajuk Bandung Beatbox Battle. Di acara ini peserta yang datang bukan hanya dari wilayah Jawa Barat tetapi juga komunitas beatbox dari berbagai wilayah Indonesia.

Berkat prestasi yang diukir, komunitas sering diundang tampil di berbagai kesempatan. Perwakilan dari komunitas ini pernah diundang untuk tampil di Australia. "Waktu itu perwakilan kita diundang perform di Australia. Di sana tampil bersama anak anak angklung," ujarnya.

Prestasi hebat juga ditorehkan anggota lainnya yaitu saat tampil di Jerman mengikuti ajang World Championship. " Ada teman kita juga dari Indobeatbox pernah ikutan World Championship di Jerman dari 2012-2015," katanya.

Tyar sebenarnya berkesempatan pergi ke Malaysia setelah menjuarai sebuah kompetisi." Di Red Bull saya menang juara 1 tahun ini. Harusnya saya berangkat ke Malaysia cuma karena visanya gak keburu jadi gak jadi," ucapnya.

Tak hanya soal prestasi, anggota Komunitas Bandung Beatbox juga pernah menjadi bagian dari pemecahan rekor MURI saat event 17 agustus kemarin. Pemecahan rekor untuk kategori pemain beatbox terbanyak.

"Agustus kemarin baru dapat rekor MURI main beatbox terbanyak sesuai tanggal 17 Agustus. Jadi kita pemain beatbox 17 orang, DJ 17 orang, pemain bass 17 orang dan pemain terompet 17 orang. Pokoknya serba 17 orang dan lokasinya di Cikapundung Riverspot," kata Tyar. [frh]

Topik berita Terkait:
  1. Merdeka Bandung
  2. Bandung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini