Awas, orang tua sering keluhkan fisik, anak bisa ikutan minder!

Selasa, 7 Oktober 2014 10:55 Reporter : Tantri Setyorini
Awas, orang tua sering keluhkan fisik, anak bisa ikutan minder! Ilustrasi ibu dan anak. ©Shutterstock/wavebreakmedia

Merdeka.com - Mayoritas perempuan merasakan tekanan untuk menjadi cantik dan ini membuat wanita sering merasa tak puas dengan tubuh mereka. Terutama ibu rumah tangga yang sudah memasuki usia di atas 30-an. Perubahan fisik pasca melahirkan membuat mereka tanpa sadar sering mengeluh 'gemuk' atau 'tua'. Mungkin Anda juga termasuk yang sering melakukannya. Tetapi hati-hati, ya, ladies. Tetapi jangan sampai keluhan Anda ini didengar anak. Sebab itu bisa mempengaruhi cara pandang anak terhadap tubuh mereka sendiri.

Penelitian yang dilakukan oleh Dove menunjukkan sepertiga dari gadis-gadis muda meniru citra tubuh negatif ibu mereka. Lebih dari 69 persen ibu rumah tangga menyatakan anak mereka terbiasa menyaksikan mereka mengeluhkan fisik dan 34 persen mengakui bahwa anak mereka telah menirukan perilaku negatif ibu mereka dalam memandang tubuh sendiri.

Dilaporkan Daily Mail, dalam kampanye barunya Dove telah menciptakan sebuah film untuk menginspirasi dan mengajak perempuan untuk berpandangan positif terhadap tubuh mereka dan mewariskan pemikiran itu kepada orang-orang yang mereka sayangi.

Film tersebut berfokus pada para ibu rumah tangga yang diminta untuk membahas bagian tubuh yang membuat mereka tidak puas. Anak-anak mereka pun diminta untuk membuat daftar jawaban dari pertanyaan yang sama. Ternyata hasilnya hampir semua anak memiliki ketidakpuasan terhadap anggota tubuh yang sama dengan ibu mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak cenderung menjadikan orang tua sebagai panutan dalam aspek kecantikan dan penampilan. Perilaku orang tua dalam hal tersebut berpengaruh besar bagi pembentukan persepsi anak terhadap penampilannya sendiri. Jadi jangan heran kalau anak Anda berpikir dirinya tak cantik karena Anda terlalu sering mengeluhkan kecantikan Anda yang memudar di hadapannya.

[tsr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini