Api abadi ini menyala dalam air terjun

Sabtu, 4 Mei 2013 10:23 Reporter : Destriyana
Air terjun. ©2013 Merdeka.com/flickr.com/linden_tea

Merdeka.com - Terselip di dalam kawasan Chestnut Ridge Park, New York, terdapat sebuah air terjun kecil yang disebut Eternal Flame Falls (atau Air Terjun Api Abadi).

Air terjun ini disebut demikian karena adanya fenomena yang memicu kebocoran gas alam di bawah air terjun. Api ini sebetulnya tidak benar-benar "abadi" dalam artian itu akan padam sesekali jika tidak dinyalakan lagi.

Photo credit

Ketika api mati, seseorang yang mengunjungi air terjun itu akan menyalakannya kembali. Chestnut Ridge Park memiliki luas sekitar 1.213 hektar yang biasa digunakan untuk hiking, bersepeda, jalan kaki, lapangan tenis, dan fasilitas piknik dan tempat penampungan.

Photo credit

Meskipun terletak di dalam taman, air terjun ini jauh dari keramaian, dan bisa langsung diakses dari tepi selatan taman. Saat Anda mendekati air terjun, akan tercium bau busuk yang langsung menyegat di hidung.

Aroma tak sedap itu berasal dari gas alam yang bocor di lapisan pinggir air terjun. Hal ini terjadi karena gas yang dihasilkan selama dekomposisi organik dalam deposito batu berada di bawah tekanan dan terdorong keluar melalui celah-celah dan lapisan longgar dalam susunan batu.

Salah satu celah besar yang terletak tepat di dalam air terjun - di dalam sebuah gua kecil yang terlindung dari rembesan air dan angin - memungkinkan api terus menyala saat dinyalakan.

Ada beberapa tempat kebocoran gas lainnya di sekitar air terjun, salah satu di antaranya terletak di bawah kolam - di bawah air terjun - yang sepintas terlihat seperti gelembung-gelembung yang naik dari batuan dasar di bawahnya.

Baca juga:
Keren, pohon ini berwarna seperti pelangi!
Keunikan Playa del Amor, pantai tersembunyi di Kepulauan Marieta

Topik berita Terkait:
  1. Lokasi Wisata
  2. Wisata Alam
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.