Apa yang Terjadi Jika Makan 2 Buah Kiwi dalam Sehari?

Senin, 4 Maret 2019 06:51
Apa yang Terjadi Jika Makan 2 Buah Kiwi dalam Sehari? Buah Kiwi. (dok. pexels/https://www.pexels.com/photo/kiwi-shake-in-glass-1869802/Indah Permata Niska)

Merdeka.com - Liputan6.com, Jakarta - Buah [kiwi ](3673312/ "") umumnya tersedia dalam warna hijau dan kuning keemasan. Banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, tetapi orang jarang mengetahuinya. Bahkan, kiwi bukan pilihan kebanyakan orang di Indonesia. 

Banyak alasan yang memicu orang untuk tak mengonsumsi kiwi secara rutin, termasuk faktor harga. Namun, Anda bisa membelinya dalam jumlah kecil yang bahkan dipak dalam jumlah sepasang di pasangan. Dilansir dari foodprevent.com, Jumat, 1 Maret 2019, inilah manfaat  Anda mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari.

1. Membuat Jantung dan Arteri yang Sehat

Kiwi dinobatkan sebagai salah satu pengencer darah alami paling efektif, yang pada dasarnya mengurangi pembentukan gumpalan, pembentukan trigliserida, dan meningkatkan sirkulasi. Semua ini setara dengan jantung dan arteri yang sehat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Gizi di Universitas Oslo, Norwegia menemukan bahwa buah kiwi mungkin bermanfaat dalam penyakit kardiovaskular. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi dua atau tiga buah kiwi per hari selama 28 hari mengurangi respons agregasi trombosit terhadap kolagen dan ADP sebesar 18 persen. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa makan buah kiwi menurunkan kadar trigliserida darah sebesar 15 persen.

2. Memperkuat sistem Kekebalan Tubuh

Buah kiwi mengandung vitamin C dosis tinggi yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Kandungan itu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda dapat melawan penyakit. 

Berdasarkan data USDA, kiwi biasa mengandung vitamin C hampir dua kali lipat jeruk segar yang sering disebut-sebut sebagai sumber utama vitamin C. Kiwi juga mengandung asam folat yang menghasilkan sel darah merah dan putih serta antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi.

3. Meningkatkan Mood dan Energi ekstra

Enzim aktif yang terkandung dalam kiwi ternyata bisa meningkatkan tingkat energi metabolisme dan membantu neurotransmiter untuk meningkatkan energi. Penelitian yang diterbitkan Journal of Nutritional Science di Selandia Baru mempelajari 35 pria berusia 18 hingga 35 tahun selama periode enam minggu.

Laki-laki itu kemudian diberikan setengah kiwi atau dua kiwi per hari. Setelah itu ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dua kiwi per hari dan menikmati peningkatan energi 31 persen.

4. Melancarkan Pencernaan

Sama seperti kebanyakan buah-buahan dan sayuran, kiwi mengandung jumlah tinggi yang sangat penting untuk pencernaan. Dengan makan dua buah kiwi, Anda akan memberi tubuh Anda 4,2 gram serat makanan. Kiwi juga mengandung enzim actinidin, yang diduga meningkatkan pencernaan.

Lebih jauh, sebuah penelitian Universitas Hong Kong mengamati orang dewasa yang mengalami konstipasi kronis yang makan dua buah kiwi sehari selama sebulan. Setelah penelitian, ditemukan bahwa subjek dewasa mengalami pengurangan ketidaknyamanan sebesar 23 persen, mengurangi waktu pencernaan hingga 15 jam, yang sebenarnya menggandakan frekuensi pergerakan usus mereka sebelumnya.

5. Membuat Tidur Anda Lebih Baik dan Mengurangi Asma

Beberapa berspekulasi buah kiwi sebagai bantuan tidur alami, dan penelitian telah mendukung klaim tersebut.

Sebuah studi dari Taipei Medical University, menemukan secara signifikan, konsumsi kiwi bisa meningkatkan total waktu tidur dan efisiensi tidur hingga 15 persen lebih lama, dan jatuh tertidur 41 persen lebih cepat dibandingkan awal-awal mengonsumsi buah kiwi.

Jika Anda sulit tidur karena asma, kiwi mungkin bisa menyembuhkannya juga. Para ilmuwan di Seoul National University di Korea Selatan menemukan bahwa enzim kiwi yang kuat, actinidin mengurangi gejala asma dengan mengurangi sel darah putih (yang terkandung dalam jumlah berlebih pada pasien asma dan alergi).

Kiwi banyak mengandung manfaat yang tidak Anda ketahui, tidak seperti banyak buah dan sayuran lainnya. Anda tidak perlu takut makan kulit kiwi untuk mendapatkan manfaatnya. Enzim ini ditemukan di dalam daging hijau buah yang berair. (Indah Permata Niska)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Topik berita Terkait:
  1. Makanan Sehat
  2. Diet Buah
  3. Manfaat Buah
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini