Antar Kebaikan Dari Rumah, Ini Caranya!

Selasa, 19 Mei 2020 14:50 Reporter : Wuri
Antar Kebaikan Dari Rumah, Ini Caranya! Antar Kebaikan Dari Rumah, Ini Caranya!. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Bulan Ramadan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim memang dikenal sebagai bulan penuh berkah. Berbagai amal ibadah yang dijalankan dilipatgandakan pahalanya. Inilah yang membuat bulan Ramadan begitu istimewa bagi siapapun yang menjalani.

Sayangnya, Ramadan kali ini berbeda karena harus dilalui dengan #DiRumahDuluKak. Nggak ada lagi agenda merayakan Ramadan di luar rumah, bahkan Lebaran sepertinya harus rela nggak ke mana-mana. Di situasi seperti ini, indahnya berbagi bisa membuat suasana Ramadan makin terasa adem di hati, lho. Biarpun lagi di rumah saja, siapa bilang kamu nggak bisa berbuat kebaikan untuk sesama? Ada banyak cara mengantarkan kebaikan di bulan Ramadan yang ternyata gampang banget!

1 dari 4 halaman

Berbagi Menu Buka Puasa dengan Mereka yang Masih Bekerja di Luar

antar kebaikan dari rumah ini caranya

(c) shutterstock 

Kebiasaan ikut sahur on the road tahun ini terpaksa diliburkan sementara. Tapi bukan berarti menghalangimu untuk menyebarkan kebaikan, yaitu dengan berbagi menu buka puasa, khususnya pada mereka yang masih harus bekerja di luar rumah.

Untuk meminimalisir kontak fisik, ada beberapa cara nih yang bisa dilakukan. Misalnya dengan meletakkan paket makanan di depan rumah dengan tulisan bisa diambil siapa saja yang membutuhkan, atau lewat order makanan secara online dan mengirimkannya pada driver ojol yang masih bekerja di luar, supir angkot, tukang becak, dan kelompok masyarakat lainnya yang masih harus berjuang bekerja di luar demi bertahan hidup.

2 dari 4 halaman

Nggak Bisa Jenguk Teman yang Lagi Sakit, Kirimkan Aja Paket Vitamin buat Mereka

antar kebaikan dari rumah ini caranya

(c)shutterstock

Mendengar kabar teman dekat yang lagi sakit membuatmu merasa was-was, apalagi nggak bisa menjenguk dan menemaninya langsung. Tapi kamu tetap bisa menunjukkan perhatian dengan mengirimkan paket vitamin buat mereka agar cepat sembuh.

Cukup #DiRumahDuluKak karena kini ada jasa online yang bisa dimanfaatkan untuk membeli sekaligus mengantarkan obat maupun vitamin langsung ke alamat yang dituju. Praktis, kan?

3 dari 4 halaman

Kirim THR Buat Orangtua dan Keponakan di Kampung Halaman Lewat Aplikasi DANA

antar kebaikan dari rumah ini caranya

(c)shutterstock

Di tahun-tahun sebelumnya, beberapa hari jelang Lebaran biasanya disibukkan dengan persiapan mudik. Tapi kali ini Idul Fitri cukup dirayakan di rumah, tanpa bisa bertemu langsung orangtua maupun keluarga di kampung halaman.

Jangan biarkan momen silaturahmi kehilangan maknanya, dengan berbagi kebahagiaan lewat THR yang bisa dikirimkan lewat aplikasi DANA. Kini, tak perlu ribet top-up karena ada fitur Simpan Kartu Bank yang memudahkanmu buat bagi-bagi THR yang tersimpan di kartu bank dengan lebih praktis.

Nggak perlu khawatir dengan keamanan saldo kartu bank yang tersimpan karena DANA dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, yaitu DANA Protection. Selain menjamin keamanan identitas dan saldo, transaksi yang dilakukan juga aman. Kamu bahkan bisa mendapatkan garansi uang kembali jika transaksi gagal sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di aplikasi DANA.

Kalau mau bagi-bagi THR ke keponakan dan saudara-saudara yang lain lebih seru, manfaatkan saja fitur DANA Kaget. Lewat fitur ini, kamu bisa bagi-bagi THR secara bersamaan. Jumlah saldo yang diterima juga bisa diatur, misalnya dibagi sama rata atau acak dan bikin seru lewat permainan siapa cepat dia dapat. Wah, dijamin bikin Lebaran makin berwarna biarpun berjauhan.

4 dari 4 halaman

Bersedekah dan Membayar Zakat Fitrah di Aplikasi DANA

antar kebaikan dari rumah ini caranya

(c)shutterstock

Memperbanyak sedekah di bulan Ramadan, terutama di tengah kondisi seperti sekarang ini, merupakan amalan yang sangat mulia. Tapi nggak bisa disangkal jika situasi #DiRumahDuluKak yang datang tak terduga ini mendorongmu untuk mengubah cara bersedekah dan membayar zakat fitrah. Kalau biasanya langsung menyalurkan ke sesama yang membutuhkan atau mendatangi lembaga penyalur zakat, kini kamu bisa melakukannya via Dompet Dhuafa di aplikasi DANA.

Caranya juga gampang, buka aplikasi DANA lalu tap ikon Dompet Dhuafa. Selanjutnya, pilih Zakat Fitrah. Masukkan jumlah orang yang akan dibayarkan zakat fitrah, lalu klik Pay Zakat untuk menyelesaikan pembayaran zakat fitrah kamu.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan donasi berbagi untuk sesama via Kitabisa, lho. Klik View pada banner Ramadan di DANA, lalu klik Donasi Sekarang. Ada beberapa pilihan yang disediakan dan dapat kamu pilih untuk mendonasikan danamu minimal Rp10ribu. Uniknya, setelah berdonasi akan mendapatkan satu kesempatan untuk membeli voucher diskon seharga Rp50 saja.

antar kebaikan dari rumah ini caranya

©Instagram/dana.id

Walau beribadah dan beraktivitas #DiRumahDuluKak, menebar kebaikan di tengah bulan puasa tetap dapat dilakukan dengan beragam solusi mudah. Yuk, lakukan sekarang juga! Info lebih lengkap tentang aplikasi DANA langsung saja klik di sini

[aki]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. DANA
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini