Alasan kenapa kamu harus coba kerja di startup setidaknya sekali

Senin, 9 November 2015 09:00 Reporter : Tantri Setyorini
Ilustrasi bekerja di startup. ©Dharma Productions

Merdeka.com - Hampir setiap orang punya impian untuk bekerja di perusahaan bergengsi dengan gaji 8 digit. Ada pula yang ingin mendapatkan uang pensiun dan prestise dengan menjadi pegawai negeri. Tak sedikit pula yang bercita-cita menjadi entrepreneur sukses. Semua impian itu sah-sah saja, kok.

Tetapi ada kalanya kita harus melewati jalan yang berliku sebelum mendapatkan apa yang diinginkan. Kadang kita harus menjajal pekerjaan di perusahaan dengan bisnis berskala kecil dan gaji standar UMR terlebih dahulu. Kadang kita harus mencoba pekerjaan di perusahaan baru yang umurnya bahkan belum mencapai satu tahun. Tetapi bukan berarti pekerjaan seperti ini harus disesali. Bekerja di startup atau perusahaan baru biasanya justru memberikan pengalaman dan pelajaran yang lebih besar.

Buat kamu yang masih ragu untuk mencoba berkarir di perusahaan startup, berikut ini kami tampilkan beberapa sisi positif startup yang perlu kamu pertimbangkan.

1. Area kerja yang lebih luas Startup biasanya terdiri dari tim dengan jumlah karyawan yang sangat terbatas dan ini berarti setiap orang memiliki spesifikasi tanggung jawab yang lebih luas daripada karyawan di perusahaan besar.

Kamu memang jadi punya lebih banyak tugas dan tanggung jawab, namun dengan cara ini kamu bisa mempelajari lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu kamu juga akan lebih terlatih untuk mengelola waktu dan mengatur prioritas

2. Kreativitas lebih terasah Salah satu kendala paling umum yang dihadapi oleh sebuah startup adalah keterbatasan dana. Begitu banyak goal yang harus dicapai dengan anggaran yang seadanya.

Karena hal ini kamu dan tim terpaksa memutar otak untuk mencari jalan keluar. Secara otomatis kalian akan jadi lebih kreatif untuk mengakali anggaran minim.

3. Kesempatan lebih besar Karena minimnya jumlah karyawan dalam tim sebuah startup, setiap orang punya kesempatan yang jauh lebih besar untuk menduduki posisi penting. Tidak seperti persaingan di perusahaan besar atau instansi pemerintah, kamu akan menghadapi tingkat kompetisi yang lebih terbatas.namun relatif lebih fair.

Untuk naik ke posisi yang lebih tinggi dalam sebuah startup biasanya tak butuh waktu sampai bertahun-tahun seperti di instansi pemerintah.

4. Terlatih mandiri Bekerja dengan sumber daya yang terbatas seringnya membuat pegawai startup mau tak mau jadi lebih mandiri. Tak ada OB yang bisa dimintai tolong untuk membelikan makanan atau mencetak dan menggandakan dokumen. Jadi setiap orang harus bisa mengerjakan tugas-tugas sepele tersebut.

5. Tidak terikat peraturan Karena masih baru berdiri, biasanya belum ada peraturan mengikat mengenai jam masuk dan pulang atau etika berbusana di kantor. Pengaturan seperti ini cocok buat kamu yang tidak suka terikat peraturan serba formal seperti di perusahaan besar dan instansi pemerintah.

6. Hubungan antar karyawan lebih sehat Karena jumlah karyawan yang terbatas, karyawan startup biasanya punya hubungan yang lebih dekat. Kecil kemungkinannya menemui konflik antar golongan dan departemen atau politik dalam tubuh perusahaan.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba bekerja di startup setidaknya sek [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini