Ada Liga Ikan Louhan Nasional 2019 di Season City Mall Jakarta

Minggu, 3 Maret 2019 05:56 Reporter : Syakur Usman
Ada Liga Ikan Louhan Nasional 2019 di Season City Mall Jakarta liga ikan louhan nasional 2019. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Perhimpunan Pecinta Louhan Indonesia (P2LI) kembali menggelar kontes ikan louhan dengan konsep liga dan berskala nasional. Dalam satu musim kompetisi, liga louhan diikuti oleh beberapa tim dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

P2LI adalah induk organisasi louhan Indonesia sejak 2004. P2LI mewadahi sekitar 30 dewan pimpinan cabang) yang tersebar di seluruh Indonesia dan beberapa tim liga.

Liga Louhan Indonesia 2019 berlangsung selama satu tahun penuh di Season City Mall, Jakarta Barat, sebanyak 5 kali. Ibarat liga sepakbola, satu musim kompetisi Liga akan diikuti oleh 9 tim nasional yang anggotanya datang dari seluruh penjuru Indonesia.

Sembilan tim tersebut adalah Aries, Diezel, Infinity, JLM Reborn, Revolution, Sumatra, STRP, UKMdotCom, dan Villa. Selama satu tahun penuh, mereka akan bertanding dan mengirimkan ikan-ikan terbaiknya untuk berkompetisi di Liga Louhan Indonesia 2019.

Di Season City Mall, tersedia 450 aquarium dengan jumlah peserta sebanyak 425 ekor, jumlah ini terbesar di Indonesia bahkan di dunia untuk perhelatan kompetisi ikan Louhan.

Dalam rilisnya pada Merdeka.com, kemarin, sistem penjurian liga dari P2LI adalah satu-satunya sistem penjurian terbaik. Karena sangat detail dan tersistem dengan baik sehingga tidak memberikan kesempatan para juri untuk memberikan penilaian subyektif. Karena itu, saat ini syitem penjurian P2LI mulai digunakan oleh beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, hingga Amerika pun sedang dalam tahap penjajakan untuk menggunakannya.

Target P2LI, akan menambahkan jumlah aquarium menjadi 600 sampai dengan akhir 2019 dengan melihat animo yang semakin meningkat. Ada pun kelas yang dilombakan pada Liga Louhan Indonesia ada 17 kelas:

1. Cencu A, B, C dan D ( 4 kelas dalam 1 category)

2. Ching Hwa A, B, C dan D ( 4 kelas dalam 1 category)

3. Free Marking A, B, C dan D ( 4 kelas dalam 1 category)

4. Golden Base A dan B ( 2 kelas dalam 1 category)

5. Klasik A dan B ( 2 kelas dalam 1 category)

6. Bonsai (All Size)

liga ikan louhan nasional 2019 ©2019 Merdeka.com



Harga Louhan

Harga ikan louhan perlahan-lahan semakin bernilai di kalangan pecinta louhan terutama untuk kualitas kontes nasional. Terakhir, Grand Champion di 3 negara yang berbeda dengan 1 sistem penjurian yang sama adalah ikan ternak dari Indonesia dan sekarang sudah dibeli oleh orang Amerika dengan harga yang cukup fantastis, yaitu US$ 1.500, setara RP 21 juta.

Semua ikan yang berlaga di Liga Louhan Indonesia 2019 hampir 80 persen adalah ternakan lokal Indonesia dan sisanya dari Thailand, Singapura, atau Malaysia.

P2LI berharap melalui hobi ini dapat mengangkat UKM di sekitar Season City Mall maupun di beberapa daerah, mengingat saat Louhan booming, banyak sekali orang menjual ikan louhan, pakan louhan, aquarium louhan, rak aquarium louhan, dan sebagainya.

"Tahun ini kami berharap Liga Louhan 2019 di Season City Mall dapat masuk rekor MURI karena kontes ini adalah terbesar dengan peserta terbanyak untuk kategori ikan hias air tawar di dalam aquarium," demikian rilis P2LI. [sya]

Topik berita Terkait:
  1. Hobi Unik
  2. Gaya Hidup
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini