8 Trik mudah agar anak gemar membaca

Selasa, 23 April 2013 12:38 Reporter : Vizcardine Audinovic
8 Trik mudah agar anak gemar membaca Ilustrasi anak membaca. ©wishfulthinkingworks.com

Merdeka.com - Menumbuhkan kegemaran membaca pada anak tidak lah mudah. Apalagi saat ini banyak bermunculan gadget dengan berbagai permainan yang menarik. Buku bisa menjadi hal yang membosankan bagi anak sehingga mereka cenderung memilih gadget. Dalam rangka hari buku sedunia yang jatuh pada hari ini, berikut kami beri beberapa trik agar anak hobi membaca, dilansir magforwomen.

1. Beri tahu tentang pentingnya membaca untuk masa depan

Jika anak-anak Anda tidak ingin pergi ke toko buku dan membeli buku katakan bahwa membaca akan memperluas wawasan. Anda tidak perlu memaksa anak untuk membaca ensiklopedia yang tebal. Biarkan dia memilih jenis buku yang sekiranya menarik.

2. Beri hadiah pada anak berupa buku

Jika biasanya Anda memberi hadiah pada anak berupa mainan atau boneka, ganti lah dengan buku. Cara ini efektif untuk mengajari anak mencintai buku. Kalau Anda memberi buku tentang serangga, katakan padanya jika buku tersebut dapat menambah pengetahuan seputar kehidupan serangga yang menarik.

3. Bacalah buku-buku di depan mereka

Perilaku anak biasanya dipengaruhi oleh orang tua. Untuk menumbuhkan membaca sebagai kebiasaan, pastikan Anda membaca buku di depan mereka. Gunakan waktu luang untuk membaca. Anak Anda akan melihat kebiasaan tersebut dan lama kelamaan akan meniru aktivitas Anda.

4. Gunakan e-book

Selain buku dalam wujud nyata, Anda bisa mengenalkan buku elektronik pada anak. Mungkin selama ini anak Anda lebih rajin bermain game di komputer daripada membaca. Penggunaan e-book lebih efektif, karena anak tetap dapat membaca tanpa harus beranjak dari komputer atau game kesayangannya.

5. Beri tahu manfaat membaca

Agar anak hobi membaca, terus beri tahu pada mereka bagaimana membaca akan membantu kehidupan. Gunakan contoh praktis untuk menunjukkan kepada mereka pentingnya membaca. Sebagai contoh, beri tahu mereka bagaimana Anda tahu sebuah jawaban dalam tes perguruan tinggi Anda hanya karena dari hobi bacaan Anda. Jelaskan pada mereka bagaimana membaca bisa bermanfaat dalam kehidupan.

6. Beri reward untuk anak yang rajin membaca

Anda bisa menggunakan trik lama agar anak mau membaca. Misalnya, Anda bisa menjanjikan anak bahwa Anda akan mengajak dia ke taman hiburan jika dia membaca dua buku dalam bulan ini. Anak akan menjadi lebih semangat membaca buku.

7. Menghabiskan waktu di perpustakaan

Gunakan Sabtu atau Minggu untuk mengajak anak-anak Anda ke perpustakaan atau toko buku dan biarkan mereka menghabiskan waktu satu hingga dua jam di area buku anak. Mereka tentu akan hanya melihat tumpukan buku di sana, mau tidak mau dia akan ikut membaca. Lakukan kebiasaan ini secara rutin untuk menumbuhkan kegemaran membaca.

8. Buat rak buku kecil di kamar anak Anda

Siapkan rak buku kecil di kamar anak dan isi dengan buku bacaan, bisa ensiklopedia, komik atau buku dongeng. Anak Anda kemungkinan akan mengambil sebuah buku acak untuk membaca ketika dia atau dia bosan dan tidak ada lagi yang harus dilakukan.

Kebiasaan membaca harus ditanamkan sejak dini agar anak tidak malas dan menambah wawasannya.

Baca juga:

Rayakan hari bumi bersama anak dengan cara ini!

5 Keistimewaan menjadi seorang ibu

Anak lebih doyan makan buah dalam potongan kecil

[vic]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ibu Dan Anak
  3. Wanita Merdeka
  4. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini