8 Kebiasaan konyol yang bisa menghancurkan hubungan asmara

Senin, 17 Februari 2014 07:15 Reporter : Masithoh Azzahro Lutfiasari
8 Kebiasaan konyol yang bisa menghancurkan hubungan asmara Ilustrasi suami istri bertengkar. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/Dragon Images

Merdeka.com - Memang tidak mudah bagi siapapun untuk bisa menjaga hubungan asmara selalu harmonis. Akan selalu ada saja perbedaan pendapat yang sebetulnya tidak penting, dan juga malah bikin pusing. Anda berdua harus bisa memahami satu sama lain dan menyingkirkan ego masing-masing. Dilansir dari All Women Stalk, hindari 8 kebiasaan konyol yang bisa merusak hubungan asmara berikut ini.

2 dari 9 halaman

Terlalu menuntut

8 kebiasaan konyol yang bisa menghancurkan hubungan asmaraIlustrasi pasangan bertengkar. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Creativa

Mungkin Anda adalah orang yang perfeksionis dan tidak bisa menoleransi hal-hal yang dikerjakan dengan salah oleh orang lain. Namun, sebaiknya Anda tidak membawa sikap ini ke dalam hubungan asmara, karena pasangan Anda bukanlah manusia sempurna. Jika Anda mengritik semua yang dilakukan pasangan secara berlebihan, bisa-bisa dia malah ilfil pada Anda.

3 dari 9 halaman

Berpikir semua akan baik-baik saja tanpa usaha

akan baik baik saja tanpa usahaIlustrasi suami istri bertengkar. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/Creativa

Banyak pasangan yang awalnya begitu saling mencintai, namun tiba-tiba semuanya menjadi padam setelah beberapa tahun kemudian. Hal ini bisa jadi karena keduanya tidak sama-sama berusaha menjaga percikan asmara yang ada. Pikiran-pikiran seperti, "Toh dia sayang aku. Tidak perlu ngoyo lah," ini akan menggerogoti hubungan asmara Anda dari dalam.

4 dari 9 halaman

Berusaha mengubah pasangan

pasanganIlustrasi suami istri bertengkar. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Creativa

Namanya juga manusia, sudah pasti diciptakan dengan karakter dan kebiasaan yang berbeda-beda. Jadi, Anda tentu harus bisa berusaha menerima pasangan dengan apa adanya dia. Jika Anda berusaha mengubah sifat dasarnya, itu sama saja Anda memaksanya untuk berubah menjadi orang lain.

5 dari 9 halaman

Tidak saling mendengarkan

mendengarkanIlustrasi pasangan bertengkar. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Creativa

Dalam menjalin hubungan asmara, Anda harus memahami prinsip 'memberi dan menerima'. Itu berarti Anda juga harus bisa mendengarkan pasangan dengan telaten dan sepenuh hati. Jika Anda bersikap egois dengan hanya mau bicara saja namun enggan mendengarkan, hubungan asmara yang Anda jalin tentu tidak akan bertahan lama.

6 dari 9 halaman

Bertengkar di depan umum

depan umumIlustrasi pasangan bertengkar. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Naypong

Pertengkaran bisa jadi bumbu pahit manis dalam bercinta. Namun, Anda harus menghindari yang namanya bertengkar di depan umum. Selain karena dapat membuat orang-orang di sekitar Anda tidak nyaman, bertengkar dengan cara seperti ini tidak akan pernah menyelesaikan masalah.

7 dari 9 halaman

Kebiasaan mendiamkan pasangan

pasanganIlustrasi pasangan bertengkar. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Creativa

Apapun masalah yang menghadang hubungan Anda berdua, tidak seharusnya diselesaikan dengan cara saling mendiamkan. Bicarakan masalahnya, dan cari jalan tengah yang tidak merugikan satu sama lain. Kalau Anda berdua malah memilih saling berdiam diri, masalah akan terpendam dan suatu saat bisa meledak bagaikan bom waktu yang sudah menunggu lama.

8 dari 9 halaman

Menghindari diskusi

8 kebiasaan konyol yang bisa menghancurkan hubungan asmaraIlustrasi pasangan suami istri bertengkar. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Stuart Jenner

Apalagi yang dibutuhkan sepasang kekasih selain pengertian dan rasa saling memiliki? Sikap menghindari masalah dan malas berdiskusi untuk mencari jalan keluar adalah salah satu wujud tidak saling pengertian. Bagaimana Anda bisa menjaga keharmonisan hubungan jika untuk berbicara terbuka pada satu sama lain saja rasanya malas sekali?

9 dari 9 halaman

Bohong 'putih'

8 kebiasaan konyol yang bisa menghancurkan hubungan asmaraIlustrasi pasangan bertengkar. ©2013 Merdeka.com/Yoga Tri Priyanto

Siapa, sih, orang yang suka dibohongi? Sepahit apapun itu, kejujuran selalu menjadi hal utama yang dibutuhkan oleh sepasang kekasih. Berbohong untuk melindungi perasaan pasangan tidak akan membawa efek yang baik bagi hubungan. Alih-alih membuat semuanya adem ayem, suatu saat semuanya akan terbongkar dan menyisakan luka yang teramat dalam.

Semoga ulasan tentang cinta ini bermanfaat untuk Anda. [mzh]

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini