7 Tips Traveling Aman dan Nyaman dengan Bus saat Liburan Tahun Baru

Kamis, 26 Desember 2019 13:23 Reporter : Tantri Setyorini
7 Tips Traveling Aman dan Nyaman dengan Bus saat Liburan Tahun Baru Ilustrasi bus. ©Pixabay

Merdeka.com - Libur Tahun Baru sudah semakin dekat. Beberapa hari lagi Anda sudah bisa menikmati liburan ekstra ditambah cuti. Jika Anda punya rencana bepergian ke luar kota, bisa jadi bus menjadi salah satu pilihan transportasi untuk Anda.

Perjalanan jauh dengan bus bisa melelahkan tubuh. Ada juga yang mengalami mabuk darat gara-gara naik bus. Jadi, apa yang harus dilakukan agar perjalanan dengan bus senantiasa nyaman?

Berikut ini beberapa tips traveling aman dan nyaman menggunakan bus. Bisa Anda terapkan saat liburan Tahun Baru nanti.

1 dari 7 halaman

1. Kumpulkan Informasi Lengkap Soal Biro Travel Bus

Agar tidak kehilangan arah saat traveling, sebelum keberangkatan Anda harus mencari terlebih dahulu informasi mengenai bus, mulai dari keberangkatan hingga lokasi pemberhentian terakhir bus. Penting pula mencari tahu riwayat bus tersebut apakah sering mengalami kecelakaan atau tidak. Hal itu setidaknya memberikan gambaran tentang jaminan keamanan selama di perjalanan.

Informasi mengenai rute perjalanan yang dilewati pun penting untuk Anda ketahui. Untuk seorang traveler seperti Anda, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk turun sebentar dan mengambil gambar. Namun, sebelumnya tentu mesti meminta izin terlebih dahulu kepada sopir dan kondekturnya.

2 dari 7 halaman

2. Beli Tiket di Biro Resmi

 /></p>
<p style=Pixabay

Saat memilih berkendara menggunakan bus, perhatikan terlebih dahulu jenis pembayaran yang biasa dilakukan. Ada beberapa bus yang memberikan tiket saat sudah di dalam bus, ada pula yang mengharuskan penumpang untuk membeli sebelum hari keberangkatan.

Jika Anda membeli tiket sebelum keberangkatan, alangkah lebih baik langsung datang ke biro resminya. Hal ini untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan.

3 dari 7 halaman

3. Pilih Tempat Duduk yang Nyaman

 /></p>
<p style=Pixabay

Anda tentu tidak ingin waktu selama perjalanan terganggu dengan hal-hal yang kurang menyenangkan. Untuk itu pemilihan tempat duduk pun perlu diperhatikan.

Jika masih terdapat tempat yang kosong, pilihlah tempat duduk yang dekat jendela serta jauh dari toilet dan pintu agar tidak terganggu dengan lalu-lalang orang. Tempat duduk yang berada di atas ban bus pun sering kali dianggap bisa membuat kenyamanan terganggu dan menimbulkan mual bagi orang yang suka mabuk.

4 dari 7 halaman

4. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Karena durasi perjalanan yang lebih panjang dari menumpang pesawat, saat traveling menggunakan bus sebaiknya gunakan pakaian senyaman mungkin. Saat memilih untuk menggunakan bus yang ber-AC, jangan lupa pula untuk membawa baju hangat agar Anda tidak kedinginan saat malam hari.

5 dari 7 halaman

5. Bawa Bantal Leher

 /></p>
<p style=Shutterstock

Karena tidur dalam kondisi duduk, bantal leher dapat membantu Anda untuk meminimalisir rasa pegal. Dr. Michael Breus, dokter dari Amerika Serikat yang disebut sebagai 'spesialis masalah tidur' menyebutkan penggunaan bantal leher berbentuk U yang benar ialah posisi yang kosong berada di belakang, bukan malah sebaliknya.

6 dari 7 halaman

6. Simpan Barang Bawaan di Bagasi

Selain barang-barang penting dan pakaian yang Anda kenakan, sisanya lebih baik ditaruh di bagasi bus. Hal itu dapat menghemat tempat dan Anda pun akan merasa nyaman sebab memiliki tempat yang sedikit lebih luas untuk meluruskan kaki.

7 dari 7 halaman

7. Persiapkan Obat-Obatan yang Diperlukan

Beberapa orang mudah mengalami mabuk darat saat perjalanan dengan kendaraan seperti bus. Agar terhindar dari hal ini, sebaiknya persiapkan obat-obatan yang biasanya Anda perlukan. Misalnya minyak angin dan obat antimabuk.

Demikian tips-tips untuk traveling aman dan nyaman menggunakan bus. Selamat berlibur!

Reporter: Tri Ayu Lutfiani/Asnida Riani
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Baca juga:
Menurut Pakar Etiket, Ini 7 Perilaku Paling Tak Sopan di Pesawat yang Perlu Dihindari
Anti-Fraud Traveloka PayLater, Begini Penjelasannya

Topik berita Terkait:
  1. Tips Travelling
  2. Traveling
  3. Travelling
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini