7 Skincare Esensial Harian untuk Pemilik Kulit Berminyak dan Berjerawat

Rabu, 25 September 2019 16:59 Reporter : Tantri Setyorini
7 Skincare Esensial Harian untuk Pemilik Kulit Berminyak dan Berjerawat Ilustrasi perawatan wajah. ©Shutterstock

Merdeka.com - Wajah perlu dirawat dengan baik setiap hari. Terutama jika jenis kulit Anda berminyak dan cenderung berjerawat. Inilah gunanya skincare.

Jika jerawat parah, sebaiknya hindari produk-produk yang berpotensi menyumbat pori seperti primer, concealer, dan foundation.

Nah, produk skincare apa saja yang perlu Anda miliki untuk perawatan sehari-hari bagi kulit berminyak dan berjewrawat? Berikut ini kami tampilkan selengkapnya.

1 dari 7 halaman

Acne Face Wash

Menurut hasil penelitian, cuci muka minimal dua kali sehari efektif untuk mengurangi jerawat. Agar sisa minyak dan sebum di malam hari bersih, cuci muka di pagi hari dengan face wash atau facial foam khusus kulit berjerawat. Biasanya produk seperti ini mengandung asam salisilat atau zat antijerawat lainnya.

2 dari 7 halaman

Serum Vitamin C

Jika Anda tak perlu toner dan esens, nutrisi kulit dengan serum yang memiliki kandungan vitamin C. Vitamin yang satu ini cukup efektif untuk melindungi kulit dari jerawat.

3 dari 7 halaman

Oil Free Moisturizer

Kulit yang berminyak juga tetap butuh pelembap. Jika tidak, kulit akan terangsang untuk memproduksi minyak lebih banyak. Akibatnya terbentuklah sebum yang menyumbat pori-pori. Pilih pelembap oil free agar wajah tidak berminyak.

4 dari 7 halaman

Tabir Surya

Sinar matahari juga bisa membuat kondisi kulit berjerawat semakin parah. Karena itu Anda perlu menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah. Kalau pelembap yang kamu gunakan sudah mengandung SPF, perlindungannya sudah cukup, kok.

5 dari 7 halaman

Bedak Khusus Kulit Berjerawat

Sekarang ini banyak bedak tabur atau compact powder yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Biasanya produk seperti ini dilengkapi asam salisilat juga.

6 dari 7 halaman

Micellar water atau Cleansing Oil

Setelah beraktivitas seharian, wajah perlu cleansing lagi. Gunakan micellar water atau cleansing oil untuk membersihkan sisa bedak, pelembap, dan polutan yang menempel di permukaan kulit. Boleh juga disempurnakan dengan double cleansing menggunakan face wash.

7 dari 7 halaman

Acne Spot Treatment

Salep atau krim antijerawat jelas perlu ada di beauty case untuk berjaga-jaga jika jerawat baru nongol di pipi. Pakai di daerah yang berjerawat saja, ya, agar kulit tidak kering.

Demikian rangkaian skincare esensial untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat. [tsr]

Baca juga:
Tips-Tips Diet yang Ampuh untuk Atasi Masalah Jerawat
Apakah Acne Patch Benar-Benar Manjur untuk Mengeringkan Jerawat?
Pudarkan Bekas Luka dan Jerawat dengan Masker Kunyit
Coba Penguapan Wajah dengan Teh Hijau untuk Kulit Segar dan Awet Muda

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini