7 Ramuan alami untuk sejukkan kulit kepala dan obati ketombe

Senin, 13 November 2017 18:18 Reporter : Tantri Setyorini
Ilustrasi hijab. ©Pexels/kelvin octa

Merdeka.com - Jangan takut gerah berhijab. Meskipun kepala senantiasa tertutup, bukan berarti kulit kepala dan rambutmu jadi tak sehat. Ada banyak cara untuk merawat mahkota agar terhindari dari ketombe, gerah, dan rasa gatal di kulit kepala.

Berikut ini beberapa ramuan bahan alami dengan khasiat menyejukkan dan menutrisi kulit kepala, cocok untuk kamu yang memakai hijab sehari-hari.

Jeruk nipis + Madu


Ilustrasi bahan alami untuk perawatan rambut berhijab ©2017 Merdeka.com

Sifat asam jeruk nipis membantu menyeimbangkan pH di kulit kepala sekaligus mengobati ketombe yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Kombinasikan dengan madu yang memiliki khasiat antiseptik dan kaya akan nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Ramuan ini juga efektif untuk mengontrol kelebihan minyak, sehingga rambut tidak mudah lepek.

Daun mint


Ilustrasi bahan alami untuk perawatan rambut berhijab ©2017 Merdeka.com

Daun mint yang sejuk tak hanya berkhasiat untuk mendinginkan kulit kepala, tetapi juga efektif untuk membunuh kutu rambut.

Cukup haluskan beberapa lembar daun mint segar, kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala. Bisa juga dicampurkan dengan madu untuk khasiat yang lebih ampuh.

Kulit apel


Ilustrasi bahan alami untuk perawatan rambut berhijab ©2017 Merdeka.com

Kulit merupakan bagian paling bernutrisi dari buah apel. Selain mencegah rambut lepek, sifat asamnya juga efektif untuk mencegah ketombe.
Cukup haluskan kulit apel merah atau hijau dengan blender, kemudian usapkan pada kulit kepala seperti masker rambut. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Masker kulit buah ini juga akan membuat kulit kepala harum sepanjang hari.

Tea tree oil


ilustrasi tea tree oil www.beautyglimpse.com

Minyak pohon teh merupakan bahan alami yang ampuh untuk mengatasi jamur dan bakteri. Jadi kamu bisa terhindar dari jerawat di kulit kepala yang kadang bisa terjadi.

Selain itu, pijatan dengan minyak pohon teh bisa menjadikan peredaran darah ke kulit kepala lancar. Jadi rambut senantiasa subur dan bebas rontok.

Aloe vera + Vitamin E


Ilustrasi bahan alami untuk perawatan rambut berhijab ©2017 Merdeka.com

Aloe vera bersifat antiseptik dan mendinginkan kulit kepala. Ini merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk merawat rambut dan kulit kepala. Padukan dengan minyak dari kapsul vitamin E agar kulit kepala senantiasa sehat. Dengan demikian kamu tidak akan bermasalah dengan kulit kepala mengelupas dan rasa gatal.

Cuka apel


Ilustrasi cuka apel Shutterstock/mama_mia

Cuka apel sangat kaya akan vitamin dan bisa mengontrol minyak berlebih penyebab rambut lepek serta ketombe. Larutkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:4, kemudian terapkan pada kulit kepala.

Pepaya + Madu


Ilustrasi bahan alami untuk perawatan rambut berhijab ©2017 Merdeka.com

Pepaya mengandung chitinase yang melemahkan dinding sel jamur. Jadi cocok untuk melawan jamur penyebab ketombe. Kombinasikan dengan khasiat antiseptik madu.

Itulah beberapa ramuan bahan alami yang efektif untuk merawat kulit kepala.

Sumber: StyleCraze, Boldsky [tsr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.