7 Profesi pilihan wanita yang kini berkembang pesat

Minggu, 16 Februari 2014 06:06 Reporter : Masithoh Azzahro Lutfiasari
7 Profesi pilihan wanita yang kini berkembang pesat Ilustrasi wanita karir. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/teguh_bosepro

Merdeka.com - Dunia kerja zaman sekarang semakin ramah pada wanita. Banyak lapangan pekerjaan yang dulunya hanya dikuasai oleh pria, kini juga bisa dilakoni oleh wanita. Tak hanya itu, prosentase wanita yang berhasil menduduki posisi pimpinan di berbagai perusahaan ternama juga meningkat tiap tahunnya. Mau tahu profesi apa saja yang kini sedang berkembang pesat dan mulai dikuasai oleh wanita? Simak ulasannya seperti yang dilansir dari All Women Stalk.

2 dari 8 halaman

Pimpinan eksekutif

rev2

Dengan berlatar belakang emansipasi wanita, banyak perusahaan yang sudah memercayakan jabatan tinggi ini kepada para wanita tangguh yang ada di luar sana. Wanita sedikit banyak pasti melibatkan hati dalam menentukan keputusan untuk perusahaan, sehingga diharapkan hal tersebut akan memberi keuntungan untuk para karyawan. Misalnya saja dalam pengambilan keputusan jumlah tunjangan, wanita akan lebih sensitif terhadap urusan kesejahteraan karyawan sehingga mereka pun bisa jadi loyal pada perusahaan.

3 dari 8 halaman

Reputation manager

rev2

Tugas dari reputation manager sebenarnya hampir sama dengan yang namanya public relation manager. Menjaga hubungan dengan para klien atau pemegang saham perusahaan adalah job description yang paling utama dari seorang reputation manager. Untuk memenuhi tugasnya tersebut, reputation manager biasanya diberi wewenang untuk mengontrol sosial media yang dimiliki perusahaan, hingga mencari penanam saham baru yang prospektif.

4 dari 8 halaman

Desainer video game

game rev2

Selama ini, dunia masih memegang stereotipe bahwa pria lah yang lebih menguasai dunia game dan seisinya. Namun, mulai tahun 2013 lalu hingga sekarang, semakin banyak saja wanita yang juga melirik pekerjaan di bidang ini. Keahlian menggambar/mendesain dan kemampuan yang mumpuni dalam urusan programming dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Game yang didesain oleh para programmer wanita terbukti memiliki fitur yang lebih detail.

5 dari 8 halaman

Analisis keamanan informasi

informasi rev2

Sepertinya tahun ini memang akan menjadi tahun emas bagi para wanita yang menguasai sistem programming dan seluk beluk hardware komputer. Pekerjaan sebagai analis keamanan informasi juga termasuk yang paling berkembang pesat saat ini. Tugas utama profesi ini adalah untuk memastikan bahwa data yang dimiliki sebuah perusahaan aman dari para hacker dan sistem kerja komputer seluruh divisi aman dari virus.

6 dari 8 halaman

Pengacara

7 profesi pilihan wanita yang kini berkembang pesat

Memang sudah banyak wanita yang memilih untuk menjadi pengacara selepas lulus dari S1 Ilmu Hukum. Di Amerika Serikat, lapangan kerja yang satu ini memberikan gaji yang lumayan besar bagi wanita. Tiap tahunnya, pengacara wanita bisa menghasilkan pendapatan rata-rata Rp1 milyar! Persaingan antar individu dalam pekerjaan ini membuatnya semakin menarik untuk digeluti.

7 dari 8 halaman

Apoteker

7 profesi pilihan wanita yang kini berkembang pesat

Sekilas, apoteker di Indonesia memang terkesan remeh. Mungkin itu disebabkan oleh istilahnya yang terlalu berkaitan dengan apotek. Padahal banyak pekerjaan lain yang bisa ditekuni seorang ahli farmasi. Perusahaan yang bergerak di bidang obat-obatan, pengolahan bahan kimia, dan pangan pasti memerlukan seorang ahli farmasi.

8 dari 8 halaman

Pengembang software

rev2

Mungkin tak lama lagi dunia akan mempunyai Steve Jobs ataupun Bill Gates versi perempuan. Pasalnya, wanita yang menekuni bidang pengembangan software kini makin banyak. Gaji yang ditawarkan untuk para pengembang software wanita pun tak tanggung-tanggung, ratusan juta rupiah dalam setahun.

Semoga ulasan mengenai karir ini dapat menginspirasi Anda. [mzh]

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini