7 Desain arsitektur paling keren dan canggih di masa depan

Jumat, 26 Agustus 2016 00:01 Reporter : Tantri Setyorini
7 Desain arsitektur paling keren dan canggih di masa depan Desain gedung pertanian vertikal Dragonfly. ©2009 Vincent Callebaut

Merdeka.com - Inilah gedung-gedung dengan desain paling keren yang mewakili visi para arsitek di masa depan. Tak hanya indah dipandang, bangunan-bangunan ini juga memiliki aneka fungsi, efisien, sekaligus ramah lingkungan.

Mulai dari hotel berbintang di waduk, hutan dan kebun vertikal hingga pemukiman kumuh dengan konsep canggih. Semuanya dirancang untuk beradaptasi dengan segala keterbatasan yang diprediksi bakal menjadi masalah utama di masa depan.

1 dari 7 halaman

Dragonfly

Desain gedung pertanian vertikal Dragonfly. ©2009 Vincent Callebaut

Dragonfly merupakan gagasan pertanian modern dari arsitek Vincent Vallebaut. Dilansir Web Urbanist, Vallebaut mencoba mewujudkan sistem pertanian canggih dan hemat lahan di tengah New York City Roosevelt Island melalui ladang metabolik yang dibangun secara vertikal.

Dinamakan Dragonfly karena ladang dan kebun di dalam gedung kaca sekilas tampak seperti sayap capung. Dengan keberadaan Dragonfly, kota bisa memenuhi kebutuhan bahan makanan segar secara mandiri. Buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian, daging, dan susu akan diproduksi di 132 lantai Dragonfly. Sementara kebutuhan sumber energi keseluruhan struktur akan dipenuhi oleh tenaga surya dan angin.

Photo credit: ©2009 Vincent Callebaut

Topik pilihan: Wisata Alam | Fotografi | Selebriti Instagram

2 dari 7 halaman

Dynamic Tower Skyscraper

Dynamic Tower Skyscraper. © David Fischer

Dilansir Web Urbanist, arsitek Italia, David Fischer mendesain sebuah gedung dengan teknologi canggih yang dinamai Dynamic Tower Skyscraper. Gedung tersebut memiliki 80 lantai yang masing-masing bisa berputar hingga 360 derajat. Visi Fischer adalah sebuah ruangan di mana penghuni bisa menikmati matahari terbit dan terbenam di tempat yang sama. Jadi dia merancang agar lantai gedung berputar mengikuti perintah suara.

Namun bukan hanaya itu kelebihan Dynamic Tower Skyscraper. Rotasi gedung menggunakan energi yang didapat dari panel surya dan turbin angin yang terletak di antara setiap lantai.

Photo credit: © David Fischer

Topik pilihan: Seputar Cinta | Travel | Model Rambut

3 dari 7 halaman

Billboard house

Ide rumah papan iklan dari arsitek Slovakia. ©2014 Merdeka.com/Boredpanda

Desain buatan tim arsitek The Gregory Project ini memang jauh dari kesan mewah. Namun ide kreatif yang mereka tawarkan patut diacungi jempol.

Dilansir Bored Panda, The Gregory Project memperkenalkan rancangan billboard house yang memiliki dwi fungsi. Idenya adalah membuat sebuah rumah singgah untuk yang bagian luarnya difungsikan sebagai papan iklan.

Para arsitek asal Slovakia itu mencoba mengoptimalkan fungsi papan iklan di pinggir jalan dengan dengan mengubah bagian dalamnya menjadi hunian nyaman. Dengan adanya billboard house, para tunawisma bisa mendapatkan tempat bermalam secara cuma-cuma. Rumah singgah dilengkapi dengan dapur, ruang kantor, tempat tidur, ruang penyimpanan, dan kamar mandi. Sementara beban perawatan rumah akan dibiayai dari beban sewa yang dikenakan pada pihak pemasang iklan.

Photo credit: ©2014 Gregory Project

Topik pilihan: Tips Mempersiapkan Pernikahan | Tips Memasak | Kuliner Unik

4 dari 7 halaman

Songjiang Hotel

Songjiang Hotel. © Atkins Design

Bagaimana jika lubang bekas galian tambang diubah menjadi hotel berbintang? Jawabannya adalah Songjiang Hotel. Dirancang oleh Atkins Design, para arsitek menawarkan konsep revitalisasi lubang galian tambang yang terbengkalai di Songjiang, dekat Shanghai, China.

Songjiang Hotel akan dibangun di salah satu sisi tebing. Sementara lubang galian akan dialihfungsikan sebagai danau buatan.

Bangunan hotel akan dilengkapi dengan sumber energi geothermal serta kamar dan restoran yang terletak di bawah permukaan air danau. Tebing yang curam juga bakal difungsikan sebagai pusat fasilitas olahraga ekstrem, antara lain panjat tebing dan bungee jumping.

Topik pilihan: Kafe Unik | Lokasi Romantis | boneka

5 dari 7 halaman

Rosemont Five Star Hotel & Residences

Desain Rosemont Five Star Hotel & Residences. ©2016 Plompmozes/ZAS Dubai

Dilansir DailyMail (14/8), Dubai akan segera mewujudkan desain Rosemont Five Star Hotel & Residences menjadi kenyataan. Konsep hotel mewah dengan 47 lantai ini dirancang oleh ZAS Architecture dan dan dikelola oleh jaringan hotel Hilton Worldwide.

Rosemont Five Star Hotel & Residences akan menjadi hotel pertama di dunia yang memiliki hutan hujan sungguhan di dalam gedung, lengkap dengan pohon-pohon artifisial yang bisa menyemprotkan embun sejuk secara berkala.

Layaknya hotel bintang lima pada umumnya, Rosemont Five Star Hotel & Residences juga dilengkapi berbagai fasilitas canggih, antara lain spa, pusat kesehatan, ruang pertemuan, restoran berbintang, bioskop eksklusif, tempat bowling, dan taman trampolin. Tak ketinggalan sebuah pantai buatan dan sky pool yang memungkinkan tamu hotel berenang sambil menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

Photo credit: ©2016 Plompmozes/ZAS Dubai

Topik pilihan: Perawatan Tubuh | Perawatan Kecantikan Selebriti | profesi unik

6 dari 7 halaman

Factory on the Earth

Factory on the Earth. ©2015 Kaori Ichikawa

Ryuichi Ashizawa Architect & Associates berhasil memenangkan penghargaan Building of The Year berkat desain pabrik ramah lingkungan yang mereka buat. Mereka ingin memperkenalkan konsep pabrik yang 'dapat terhubung dengan lingkungan sekitar berikut konteksnya'.

Dilansir Arch Daily, proyek ini merupakan perluasan dari pabrik tua di Johor Baru, Malaysia. Untuk menciptakan area pabrik yang ramah lingkungan, tanah berikut hutan di sekitarnya akan direklamasi. Gedung pabrik dibangun di bawah tanah untuk memungkinkan pembangunan atap hijau yang memakan lahan relatif lebih sedikit. Produksi karbon ditekan hingga ke batas minimal dengan memanfaatkan air hujan, sinar matahari, angin, dan panas bumi sebagai sumber energi dan pencahayaan.

Agar ruangan tetap sejuk, air hujan yang dialirkan di atap digunakan sebagai pengganti AC. Sementara penggunaan lampu diminimalisir dengan memantulkan cahaya matahari yang datang dari atas.

Photo credit:  ©2015 Kaori Ichikawa

Topik pilihan: Tips Mempersiapkan Pernikahan | Fashion Wanita | Tips Untuk Pria


7 dari 7 halaman

Shanty Mega-Structure

Rancangan Shanty Mega-Structure karya Olalekan Jeyifous. ©2016 OLALEKAN JEYIFOUS

Olalekan Jeyifous, seorang seniman asal Nigeria mencoba menawarkan konsep desain yang berbeda. Dia telah merancang kawasan hunian bagi warga kelas menengah ke bawah di kota Lagos. Pemukiman kumuh yang semrawut hendak diubah menjadi kota vertikal yang sesuai dengan realitas sehari-hari warga kurang mampu.

Pemukiman dibangun bertingkat layaknya rumah susun, dilengkapi dengan panel-panel surya sebagai sumber energi. Kebun gantung yang melingkar di sekitar hunian bisa dimanfaatkan untuk menanam sayur, buah-buahan dan tanaman obat. Sementara lahan atau sungai di bawahnya tetap bisa difungsikan sebagai pusat kegiatan ekonomi warga.

Dilansir The Huffington Post (18/8), Jeyifous merancang Shanty Mega-Structure karena dia ingin agar pembangunan di masa depan tidak meninggalkan warga kurang mampu. Mereka yang tak mampu mengakses hunian dan fasilitas canggih juga harus bisa mendapatkan kebutuhan mendasar di tengah daerah perkotaan yang mengalami pertumbuhan populasi besar-besaran.

Itulah desain-desain arsitektur paling unik di masa depan. Akankah konsep mutakhir itu benar-benar diwujudkan di masa depan?

Photo credit: ©2016 OLALEKAN JEYIFOUS [tsr]

Baca juga:
Dengan sentuhan seni, daerah kumuh di Brasil jadi lebih berwarna
Mengagumi keindahan arsitektur emas di balik Kubah Shakhrah
Intip kenyamanan sekolah ramah lingkungan Earthship pertama di dunia
Ini rumah hasil mesin cetak 3D pertama di dunia
Megahnya Mall of Africa, mal terbesar di Afrika

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini