7 Cemilan segar dan sehat saat cuaca panas, bikin yuk!

Selasa, 19 September 2017 06:01 Reporter : Tantri Setyorini
7 Cemilan segar dan sehat saat cuaca panas, bikin yuk! Cemilan segar saat cuaca panas. © Nourishing Meals/Blender Babes

Merdeka.com - Cauaca panas rawan membuat tubuh kita dehidrasi. Deihdrasi atau kurang cairan ini biasanya disalahartikan dengan rasa lapar. Padahal yang kamu butuhkan cuma pengganti cairan tubuh yang hilang. Lebih baik lagi jika bisa menurunkan suhu tubuh yang tinggi.

Untuk kamu yang ingin ngemil, berikut ini beberapa inspirasi kudapan segar untuk cuaca panas. Terbuat dari buah dan sayuran yang kaya akan serat dan vitamin, baik untuk pencernaan. Silakan buat dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Gunakan gula, garam, dan produk olahan susu berlemak sedikit saja, ya. Dengan begitu cemilanmu tetap sehat. Selain itu, garam dan gula berlebih justru membuatmu semakin haus.

Jelly pop

cemilan segar saat cuaca panas

Cemilan segar saat cuaca panas © Pinterest

Cemilan yang satu ini sangat mudah dibuat, lho. Cukup masak bubuk jeli konnyaku instan atau agar-agar kristal sesuai petunjuk di dalam kemasan. Kurangi sedikit airnya agar jeli lebih padat. Masukkan ke dalam cetakan es loli dan tambahkan potongan buah segar. Dinginkan di dalam lemari es dan sajikan begitu jeli sudah padat.

Smoothie pop

cemilan segar saat cuaca panas

Cemilan segar saat cuaca panas © Nourishing Meals/Blender Babes

Kalau kamu sedang ingin menyantap es krim, bisa diakali dengan membuat smoothie pop. Cukup bekukan jus buah atau smoothie yang sudah dituang ke dalam cetakan es loli. Ganti susu sapi di dalam smoothie dengan yogurt tawar, susu kedelai, santan, atau protein powder. Tidak perlu ditambahkan gula, ya.

Smoothie bowl

cemilan segar saat cuaca panas

Cemilan segar saat cuaca panas © Taste

Kurang puas dengan smoothie pop? Siapkan semangkuk smoothie bowl yang lebih mengenyangkan. Tambahkan bahan-bahan favorit sesuka hati, asalkan tetap sehat. Bisa chia seed, potongan buah, atau cincangan almond.

Caesar salad

cemilan segar saat cuaca panas

Cemilan segar saat cuaca panas © Serious Eats

Kombinasi selada segar, ayam, roti, dan telur bisa dijadikan kudapan maupun menu makan besar. Jangan terlalu banyak menggunakan dressing dan parutan keju, ya.

Rujak buah

ilustrasi rujak buah

Ilustrasi rujak buah © Wikimedia Commons/Sofiah Budiastuti

Rujak buah dengan saus kacang atau kuah pindang khas Bali yang asam segar sama-sama bisa menyegarkan tubuh di saat cuaca panas. Lebih enak lagi kalau menggunakan buah yang mengandung banyak air dan sedikit asam.

Sop buah

cemilan segar saat cuaca panas

Cemilan segar saat cuaca panas © Istimewa

Potong-potong aneka jenis buah seukuran satu suapan. Ganti susu kental manis dengan santan atau susu kedelai. Tambahkan es serut atau es batu dan kamu sudah bisa menikmati semangkuk sop buah segar. Kamu bisa memasukkan buah apa saja yang disukai.

Asinan buah segar

asinan rambutan

Asinan rambutan ©2017 Instagram/push_up_q

Mau asinan rambutan, lengkeng, anggur, nanas, ataupun salad, semuanya enak disantap saat cuaca panas. Simak cara pembuatannya di sini.

Demikian beberapa contoh cemilan segar dan sehat saat cuaca panas. Modifikasi dengan bahan-bahan yang kamu sukai. [tsr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini