11 Bahan Dapur dengan Multi Khasiat untuk Perawatan Kecantikan

Jumat, 8 November 2019 16:03 Reporter : Tantri Setyorini
11 Bahan Dapur dengan Multi Khasiat untuk Perawatan Kecantikan Ilustrasi bahan dapur. ©Pixabay

Merdeka.com - Tak perlu jauh-jauh mencari produk kecantikan yang cocok untuk kamu. Di sekitar kita sudah tersedia bahan-bahan alami yang memiliki aneka khasiat untuk kecantikan.

Jerawat, kulit bermasalah, rambut rusak, atau ketombe? Atasi saja dengan beberapa bahan dapur berikut. Selain harganya murah, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya juga relatif lebih aman.

1 dari 11 halaman

Kunyit

Ilustrasi kunyit. Shutterstock/MSPhotographic

Mengobati Jerawat

Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa membuat masker wajah dari kunyit. Caranya campurkan satu sendok makan bubuk kunyit atau 3 sendok makan air perasan kunyit segar dengan yogurt dan madu. Pakailah masker wajah ini selama 15 menit.

Mengatasi Kulit Berminyak

Anda bisa membuat masker untuk kulit berminyak dengan cara mencampurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 3 sendok makan air jeruk lemon atau jeruk nipis matang. Pakailah masker tersebut di wajah Anda. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas.

Menyamarkan Kerutan dan Mencegah Penuaan Dini

Untuk mendapatkan efek anti penuaan dari kunyit, buatlah masker yang terbuat dari 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok makan jus tomat. Pakailah masker tersebut di wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit kemudian basuh wajah dengan air dingin.

Mengatasi Pigmentasi

Efek anti-inflamasi dan antiseptik dalam kunyit bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pigmentasi pada kulit serta mendinginkan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari.

Jika kulit Anda mengalami masalah seperti ini, cukup oleskan campuran bubuk kunyit dan jus timun segar selama 20 sampai 30 menit. Lakukan secara rutin sampai warna kulit Anda kembali ke kondisi semula.

Mengurangi Bulu

Siapa sangka kalau kunyit juga bisa digunakan untuk memperlambat pertumbuhan bulu di tubuh? Agar bulu di tubuh Anda tidak cepat tumbuh, rajin-rajinlah memakai lulur yang terbuat dari bubuk kunyit dan tepung chickpea (kacang garbanzo/kacang arab/gram). Pakai lulur ini setidaknya seminggu dua kali selama satu bulan untuk mendapatkan hasil.

Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Kulit kepala gatal dan berketombe? Atau rambut Anda mengalami kerontokan. Obati saja dengan kunyit. Caranya dengan mengoleskan parutan kunyit di kulit kepala. Kandungan nutrisi dalam kunyit akan menyehatkan kulit kepala Anda, sehingga mencegah kerontokan rambut dan pengelupasan kulit kepala.

Menghaluskan Kulit Tumit dan Siku

Jika kulit di daerah tumit dan siku Anda berkerak, Anda bisa melembutkannya dengan kunyit. Caranya campurkan kunyit bubuk dan minyak kelapa, kemudian oleskan di bagian tumit dan siku yang kasar. Lakukan pijatan ringan agar larutan kunyit dan minyak kelapa meresap. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Kunyit bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi, sebab kandungan dan tekstur kunyit bisa mengelupas sel kulit mati secara lembut, tanpa menjadikan kulit iritasi. Buatlah scrub tubuh dari bubuk kunyit dan tepung chickpea (kacang garbanzo/kacang arab/gram). Scrub ini akan menjadikan kulit Anda bercahaya dan lebih cerah.

2 dari 11 halaman

Tomat

Ilustrasi tomat. Shutterstock/Valentyn Volkov

Kondisioner

Vitamin A, B, C, dan E dalam buah tomat merupakan nutrisi penting bagi kesuburan dan kesehatan rambut. Selain itu tomat dapat memberikan kilau alami pada batang rambut.

Haluskan 1 buah tomat dengan blender. Setelah itu campurkan dengan 2 sdm. minyak kelapa. Oleskan campuran conditioner mulai dari pangkal hingga ujung rambut. Setelah itu tutupi kepala dengan shower cap. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Mengatasi Rasa Gatal di Kulit Kepala

Sifat asam pada buah tomat juga ampuh untuk menyeimbangkan pH di kulit kepala. Keseimbangan pH ini perlu untuk mencegah ketombe dan kekeringan. Usapkan daging buah tomat yang sudah dilumatkan ke area kulit kepala. Lakukan pijatan ringan. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Meringkas Pori-pori

Campurkan satu sendok makan jus tomat dan 1 sdt. jus lemon. Kemudian celupkan kapas dan oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar. Setelah 10 menit, basuh muka dengan air dingin.

Masker Antijerawat

Zat asam dalam tomat cukup kuat untuk membersihkan jerawat dan noda hitam. Haluskan 1 buah tomat, kemudian aplikasikan pada daerah berjerawat dan biarkan selama 30 menit. Lakukan ini setiap hari selama dua minggu.

Mendinginkan Kulit yang Terbakar Matahari

Kulit terasa perih karena terlalu lama terpapar sinar matahari? Dinginkan dengan buah tomat. Haluskan daging buah tomat dan balurkan ke permukaan kulit. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

3 dari 11 halaman

Lemon

Ilustrasi lemon. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Jag_cz

Mengatasi Ketombe

Gunakan air lemon untuk memijat kulit kepala. Ini sangat efektif untuk mengobati ketombe secara alami.

Mencerahkan Ketiak

Lemon dapat digunakan untuk memutihkan kulit dan membuat kulit ketiak terlihat lebih cerah. Potong lemon segar jadi dua dan gunakan untuk memijat ketiak Anda dengan lembut dalam gerakan melingkar. Lemon tidak boleh digunakan pada kulit sensitif karena bisa membakar kulit dan menyebabkan gatal-gatal.

Menghaluskan Siku dan Tumit

Untuk mengatasi tumit dan siku yang kasar, usapkan potongan lemon segar ke permukaan kulit yang kering. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mengatasi Jerawat

Lemon dapat membantu meringankan inflamasi pada jerawat. Selain itu zat anti bakteri dalam lemon dapat mencegah bakteri pemicu jerawat. Usapkan air lemon di kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Mengatasi Kantung Mata

Potongan lemon yang digunakan sebagai masker di bagian bawah mata efektif untuk mengatasi kantung mata.

Mempercantik Kuku

Vitamin C dan asam pada air lemon bisa digunakan untuk memutihkan sekaligus merawat kesehatan kuku. Usapkan irisan lemon pada kuku secara teratur.

4 dari 11 halaman

Oatmeal

Ilustrasi oatmeal. Shutterstock/mama_mia

Membersihkan Kulit

Dalam oatmeal terdapat kandungan saponin, suatu jenis glikosida yang berfungsi sebagai pembersih alami.Karena itu oatmeal cocok dijadikan untuk bahan pembersih yang ramah terhadap semua jenis kulit. Untuk membuat cleanser sendiri, Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan madu dan mengoleskannya ke kulit.

Menyembuhkan Jerawat

Oatmeal juga dipercaya mampu menyembuhkan jerawat. Jika berniat mencobanya, Anda bisa memasak sedikit oatmeal, diamkan sebentar sampai hangat, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Setelah didinginkan selama beberapa menit, bilas dengan air hingga bersih.

Meringankan Ruam dan Gatal

Iritasi pada kulit dapat diredakan dengan mengoleskan oatmeal. Rasa gatal pada kulit bisa disebabkan karena pH yang tinggi. Oatmeal diyakini bisa membantu menormalkan kembali pH kulit dan meredakan rasa gatal serta tak nyaman yang disebabkannya.

Tumbuk gandum hingga menjadi bubuk halus, kemudian tuangkan ke kain tipis yang bersih (bisa memakai stoking bekas).Rendam oatmeal dalam air mandi, lalu gunakan untuk membilas tubuh. Gunakan kantung oatmeal tadi untuk menggosok bagian kulit yang merasa gatal atau mengalami ruam-ruam.

Resep ini juga cocok untuk meredakan gatal karena cacar air. Tetapi gunakan untuk membilas tubuh saja. Jangan digosokkan ke kulit.

5 dari 11 halaman

Madu

Ilustrasi madu. ©Shutterstock.com/grafvision

Mengatasi Jerawat

Madu adalah bahan alami yang cocok untuk segala jenis kulit. kandungan di dalamnya bisa mengatasi peradangan jerawat dan mengatasi infeksi. Oleskan madu organik pada wajah, diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air.

Menyuburkan dan Menyehatkan Rambut

Madu memiliki kemampuan merangsang pertumbuhan rambut, memperkuat akar rambut, sekaligus menutrisi batang rambut agar senantiasa sehat. Gunakan campuran madu organik dan air untuk masker rambut.

Lip Balm

Oleskan madu organik pada bibir untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Lip balm alami ini juga ampuh untuk mencegah bibir kering saat cuaca dingin.

Sifat anti bakteri dan anti jamur dalam madu dapat digunakan untuk mengatasi jamur di kaki. Rendam kaki dalam larutan madu organik dan air.

Campuran Masker dan Lulur

Karena mengandung bahan pembersih alami dan nutrisi yang beragam, madu cocok dijadikan campuran masker. Padukan dengan bahan-bahan lain, misalnya susu, lemon, apel, atau pisang.

6 dari 11 halaman

Susu

Ilustrasi susu. Shutterstock/Valentyn Volkov

Menghaluskan Kulit

Vitamin A, vitamin B6, vitamin D, biotin, dan protein dalam susu ampuh untuk menjadikan kulit halus dan lembut. Untuk mendapatkan kulit tubuh yang lembut dan bercahaya, Anda bisa meniru resep Cleopatra yang rajin mandi dengan susu.

Caranya, campurkan 5 cangkir susu segar ke dalam air hangat untuk mandi, tambahkan setengah cangkir madu dan minyak esensial. Gunakan untuk berendam. Lakukan perawatan ini seminggu sekali atau seminggu dua kali agar hasilnya cepat terlihat.

Memutihkan Kulit

Barangkali Anda sudah tahu kalau susu dapat menjadikan kulit lebih cerah. Karena itulah beberapa merek sabun kecantikan dan lotion menambahkan susu dalam komposisi produk mereka. Kandungan Alpha Hidroxy Acids (AHA) dalam susu dapat mengangkat sel kulit mati, sementara protein dan vitaminnya mengatasi pigmentasi pada kulit.

Anda bisa membuat masker dengan perpaduan susu, madu, dan lemon yang juga mampu mencerahkan kulit. Usapkan ke wajah dengan handuk bersih yang sudah dicelup ke air hangat dan diperas. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu.

Mengangkat Sel Kulit Mati

AHA dalam susu menjadikan cairan ini cocok untuk eksfoliasi. Anda bisa membuat scrub susu sendiri dengan memadukan susu dan oatmeal. Keduanya dapat mengangkat sel kulit mati dengan lembut tanpa menjadikan kulit teriritasi. Gosok ke seluruh tubuh dengan gerakan melingkar selama beberapa menit, sampai kulit Anda terasa halus. Kemudian bilas hingga bersih.

Meredakan iritasi

Beberapa orang mudah mengalami alergi karena kontak dengan bahan alergen tertentu atau terpapar sinar matahari. Akibatnya muncul ruam-ruam yang terasa gatal. Hal ini bisa diredakan dengan mengoleskan susu. Cukup celupkan cotton bud ke dalam susu kemudian oleskan ke bagian kulit yang teriritasi.

Mencegah Penuaan Dini

Garis halus dan kerutan yang mulai bermunculan di wajah Anda bisa diatasi dengan perawatan susu. Anda bisa membuat masker wajah yang berbahan susu dan pisang. Campurkan daging buah pisang yang sudah dihaluskan dengan sedikit susu sampai menjadi pasta kental. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Jika dilakukan secara rutin bisa menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah Anda.

Meluruskan Rambut

Masukkan 1/3 cangkir susu tawar full cream ke dalam botol spray yang sudah disterilkan. Semprotkan ke rambut, mulai dari pangkal hingga ujung. Sisir rambut hingga tidak ada yang kusut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Jika dilakukan secara rutin, rambut akan jadi lebih mudah diatur dan lurus.

7 dari 11 halaman

Teh hijau

Ilustrasi teh hijau. ©shutterstock.com/olenaa

Mengobati Jerawat

Teh hijau mengandung bahan anti-septik, anti-inflamasi, sekaligus anti-bakteri. Ketiganya ampuh untuk membersihkan bakteri penyebab jerawat, mencegah peradangan jerawat, sekaligus menyembuhkannya lebih cepat. Selain itu kandungan dalam teh hijau juga efektif untuk mengurangi kelebihan sebum yang dapat menutup pori-pori dan mengakibatkan jerawat.

Mengatasi Rambut Kusam

Teh hijau bisa merangsang pertumbuhan rambut dan melembutkan rambut, sebab teh hijau mengandung polifenol, vitamin E dan vitamin C, yang bisa menjadikan rambut berkilau. Anda dapat menggunakan air seduhan teh hijau untuk bilasan terakhir setelah keramas.

Mengatasi Kerontokan Rambut

Senyawa dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone), hormon yang berperan besar dalam menyebabkan rambut rontok. Komponen dalam teh hijau menyeimbangkan jumlah testosteron dalam darah agar tidak bereaksi dengan 5 - alpha reductase dan berubah menjadi DHT. Hal ini juga membantu dalam mencegah masalah rambut yang umum seperti ketombe.

Mendinginkan Kulit yang Terbakar Matahari

Kompres dingin terbuat dari kantong teh bekas pakai akan menghilangkan rasa sakit dan kemerahan pada kulit yang terpapar sinar matahari. Anti-inflamasi dalam teh hijau akan bekerja untuk mendinginkan sekaligus mencegah kerusakan kulit akibat pengaruh buruk sinar matahari.

Mengurangi Mata Bengkak dan Kantung Mata

Kalau yang satu ini Anda mungkin sudah sering mendengarnya. Teh hijau dengan kandungan kafein di dalamnya dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan menghilangkan lingkaran gelap di sekitar mata. Anda cukup menempelkan sekantong teh celup di area kantung mata secara rutin.

Tabir Surya Alami

Selain mengatasi kulit yang terbakar matahari teh hijau bertindak sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari paparan sinar UV. Ini akan mencegah radikal bebas menyerang sel-sel kulit. Karena itu juga berfungsi sebagai bahan anti-penuaan. Karena itu jangan ragu untuk mengonsumsi teh hijau secara teratur.

Anda juga bisa membuat teh hijau tabir surya di rumah dengan merebus dua cangkir air dengan setengah cangkir daun teh hijau selama 5-10 menit dengan api sedang. Gunakan seduhan ini untuk membilas wajah.

Menyegarkan Napas

Teh hijau memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan sakit gigi dan napas tak sedap. Tiru kebiasaan orang-orang tua di Jepang yang sering berkumur dengan teh. Yang perlu Anda lakukan adalah mencuci mulut dengan larutan teh hijau (1 kantong teh dalam 1 cangkir air). Berkumur dengan teh seperti ini juga akan membantu mengatasi peradangan dalam gusi atau sariawan dan mencegah pertumbuhan plak pada gigi Anda.

Menguatkan Kuku

Tak hanya bawang putih dan garam, teh hijau juga ampuh untuk memperkuat kuku Anda. Teh hijau mengandung nutrisi yang dapat membuat kuku Anda kuat dan sehat, serta dapat menghilangkan warna kuku yang kusam. Untuk menghilangkan kekuningan pada kuku, rendam kuku dalam larutan teh hijau kental sekali seminggu.

8 dari 11 halaman

Kayu Manis

Ilustrasi kayu manis. ©Shutterstock

Mengurangi Kemunculan Garis-Garis Halus

Campur tiga tetes minyak kayu manis dengan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan ramuan itu pada garis-garis halus di wajah Anda. Biarkan sampai minyak terserap sepenuhnya ke dalam kulit.

Mengobati Jerawat

Campur bubuk kayu manis dengan sedikit lemon untuk mengobati jerawat dan komedo. Gatal pada kulit juga dapat dikurangi dengan menerapkan bubuk kayu manis yang telah dicampur madu.

Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia kulit, tingkat kolagen akan terus menurun. Hal ini secara langsung akan membuat kulit kehilangan keelastisitasannya dan membuat kulit tampak lebih kendur. Kayu manis mengandung cinnamaldehyde yang dapat meningkatkan kadar kolagen. Terapkan bubuk kayu manis yang sudah dicampur dengan sedikit air pada kulit untuk meningkatkan kadar kolagen di daerah tersebut dan biarkan selama setidaknya 6 jam.

Mengelupas Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang menumpuk di kulit dapat membuat kulit tampak tua dan kering. Untuk itu, Anda perlu mengelupas sel kulit mati dengan bantuan scrub. Campur garam laut, minyak almond, minyak zaitun, bubuk kayu manis dan madu. Aduk rata. Oleskan merata pada kulit dan gosok secara perlahan. Perawatan ini dapat mengelupas sel-sel kulit mati dan membawa kembali kelembutan kulit Anda.

9 dari 11 halaman

Gula Pasir

Ilustrasi gula pasir. ©Shutterstock

Mengangkat Sel Kulit Mati

Jika dimanfaatkan sebagai scrub tubuh, gula memiliki banyak manfaat untuk kulit. Scrub dari gula akan membantu mengangkat sel kulit mati secara alami. Proses eksfoliasi ini akan menghilangkan noda di kulit tanpa menyumbat pori-pori, sekaligus mengembalikan keseimbangan minyak di kulit.

Anda bisa membuat scrub dari satu cangkir gula pasir, beberapa tetes minyak zaitun, dan air perasan jeruk lemon. Gunakan untuk scrub tubuh. Gosokkan ke kulit dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah itu bilas kulit dengan air bersih. Kulit Anda akan menjadi lebih lembut dan bersinar.

Mengatasi Selulit

Butiran gula dan kopi bubuk bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan selulit. Kedua bahan tersebut bisa menjadikan pori-pori lebih kencang, memperbaiki tekstur kulit, dan menyamarkan tampilan selulit di permukaan kulit.

Buatlah scrub dari bubuk kopi dan gula pasir untuk mengatasi selulit. Campurkan kedua bahan tersebut dengan beberapa tetes minyak wijen atau minyak zaitun kemudian gunakan untuk scrub tubuh. Gosokkan ke kulit dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah itu bilas kulit dengan air bersih.

Mengatasi Bibir Kering

Jika bibir Anda kering dan pecah-pecah karena perubahan suhu udara, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan pelembap khusus dari gula ini. Caranya blender beberapa sendok gula yang dicampur dengan beberapa tetes minyak jojoba atau minyak wijen.

Haluskan hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada bibir yang kering. Biarkan semalaman agar nutrisi pelembab dari campuran tadi meresap ke kulit bibir dan melembutkannya.

10 dari 11 halaman

Garam

Ilustrasi garam. ©Shutterstock

Sebagai Toner Wajah

Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak dapat menggunakan garam untuk mengatasinya. Ambil satu botol semprot kecil yang sudah disterilisasi, isi dengan air hangat hingga 3/4 bagian botol penuh. Kemudian tambahkan satu sendok teh garam. Semprotkan toner ke wajah yang bersih dari makeup. Pastikan untuk menghindari bagian mata. Setelah itu keringkan wajah dengan handuk bersih.

Sebagai Scrub Wajah

Angkat sel kulit mati di wajah dengan scrub dari garam. Campurkan satu sendok teh garam halus dan satu sendok teh minyak zaitun dalam mangkuk kecil. Aplikasikan campuran tadi ke wajah Anda. Lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar dari wajah hingga ke bagian leher. Setelah itu bilas dengan mencuci kulit seperti biasa.

Selain dengan toner di atas, Anda juga bisa memanfaatkan garam sebagai pengontrol minyak di wajah dengan scrub ini.

Steam wajah

Sebelum melakukan pengelupasan sel kulit mati di wajah, Anda perlu membuka pori-pori wajah terlebih dahulu. Steam dengan campuran air garam bisa dimanfaatkan untuk membuka pori-pori yang tertutup ini.

Larutkan 1/3 cangkir garam laut dengan satu panci/satu baskom kecil air mendidih. Tempatkan wajah beberapa sentimeter di atas mulut panci untuk menguapi wajah. Lakukan selama 10 menit saja. Setelah itu Anda b isa melakukan eksfoliasi dengan scrub wajah.

Air Berendam

Berendam dalam air yang dicampur dengan sedikit garam bisa membuat tubuh rileks, lho. Anda tinggal mencampurkan secangkir garam laut, beberapa tetes minyak almond, minyak kelapa, atau minyak esensial lain ke dalam bath tub. Tuangkan air ke dalamnya, kemudian pakai untuk berendam selama kurang-lebih 30 menit.

Berendam dalam air garam seperti ini juga bisa mengurangi pembengkakan pada jari tangan dan kaki yang lelah.

11 dari 11 halaman

Kopi

Ilustrasi kopi bubuk. ©Shutterstock

Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan dalam biji kopi berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit, antara lain penuaan dini, kanker, dan jerawat. Karena itulah ekstrak kafein dalam kopi sering djadikan kandungan tambahan dalam krim malam.

Anda juga bisa mendapatkan manfaat ini dengan membuat masker sendiri dari kopi yang dicampur dengan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan pada wajah, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Pastikan Anda mencuci muka sebersih mungkin agar residu masker kopi tidak tertinggal di wajah.

Meredakan Peradangan

Kafein memang memiliki banyak manfaat. Selain mengandung antioksidan, kafein dalam kopi juga memiliki fungsi ant-inflamasi, sehingga bisa digunakan untuk meredakan peradangan pada kulit sekaligus mendinginkannya. Ini juga cocok untuk mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Oleskan kopi yang dicampur dengan sedikit air di kulit yang terbakar matahari kemudian diamkan beberapa menit seblum dibilas.

Menyamarkan Kantung Mata

Kafein dalam kopi ampuh untuk mengatasi lingkaran gelap di bawah mata. Karena itulah kopi digunaan dalam produk roll on untuk perawatan kantung mata.

Gunakan kopi bubuk yang sudah dicampurkan dengan sedikit air untuk mengompres bagian bawah mata yang menghitam. Lakukan secara rutin dan kantung mata akan memudar perlahan-lahan.

Menyamarkan Selulit

Mau tahu rahasia aktris Halle Berry untuk mendapatkan kulit sempurna bebas selulit? Kopi bubuk. Kafein dalam kopi memang efektif untuk menyamarkan penampilan selulit. Anda tinggal menggunakan selulit untuk scrub tubuh secara teratur.

Lakukan pijatan dengan gerakan melingkar selama beberapa menit di permukaan kulit, terutama pada bagian yang paling banyak selulit. Selain memecah lemak yang menggumpal di permukaan kulit, kopi bubuk tadi juga akan mengangkat sel kulit mati.

Baca juga:
5 Manfaat Konsumsi Pepaya buat Kulit dan Rambut
Konsumsi 7 Buah-Buahan Lokal Ini untuk Kulit Awet Muda
6 Minyak Esensial untuk Aromaterapi dari Brand Lokal
Mengenal Neem, Herba Alami yang Sering Dipakai Skincare dan Khasiatnya
Mengenal Multani Mitti, Clay Berkhasiat untuk Kecantikan Kulit

[tsr]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini