6 Wisata Tebing Fotogenik di Indonesia, Mulai Tebing Koja sampai Brown Canyon

Jumat, 27 September 2019 13:07 Reporter : Tantri Setyorini
6 Wisata Tebing Fotogenik di Indonesia, Mulai Tebing Koja sampai Brown Canyon Tebing Koja. © Instagram/nyo_item

Merdeka.com - Wisata tebing sebenarnya bukan hal baru bagi pecinta traveling. Amerika Serikat misalnya, punya Grand Canyon yang menampilkan pemandangan menakjubkan ngarai dan lembah.

Indonesia pun memiliki sejumlah objek wisata tebing dengan panorama fotogenik. Misalnya Tebing Koja, Tebing Breksi, sampai Brown Canyon.

Berikut ini kami tampilkan deretan objek wisata tebing di Indonesia yang patut Anda kunjungi.

1 dari 6 halaman

Tebing Koja - Tangerang

Tebing Koja Solear. Instagram/felicia.navarone

Tebing yang satu ini letaknya dekat dengan ibu kota. Nama lainnya adalah Kandang Godzilla. Dinamakan demikian karena mirip sarang dinosaurus.

Tebing Koja terletak di Cireundeu, Solear, Kabupaten Tangerang, Banten, lokasi ini menjadi tempat yang bisa dikunjungi untuk berfoto ria. Walaupun begitu, tebing ini sebenarnya terbentuk dari lahan penambangan pasir yang ditinggalkan.

Akses menuju tempat ini juga tidak sulit, Anda bisa menggunakan KRL menuju Stasiun Maja atau Tigaraksa. Selebihnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau mobil. Biaya masuk ke Tebing Koja juga tak mahal, hanya Rp5 ribu saja.

2 dari 6 halaman

Tebing Keraton - Bandung

Tebing Keraton. Instagram/rianmuhtazam

Bergeser sedikit dari Tangerang, destinasi tebing kali ini berada di Bandung, tepatnya di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial. Dari atas Tebing Keraton, Anda bisa melihat hamparan hutan yang dapat menyejukkan mata dan hati. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan keindahan sunrise dan sunset dari ketinggian 1.200 mdpl.

Anda bisa sampai ke Tebing Keraton dengan menggunakan kendaraan roda dua ke arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Setelah pintu gerbang taman, belok ke kanan dan Anda akan menemui tulisan "Warung Bandrek".

Setelah itu, Anda akan melewati tanjakan dan jalan berbatu sampai pos paling atas. Parkir kendaraan Anda di sini, lalu jalan ke arah tebing selama kurang lebih lima menit. Harga tiket masuk tempat ini adalah Rp11 ribu untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp76 ribu.

3 dari 6 halaman

Tebing Breksi - Sleman

Tebing Breksi. Instagram/innaarmnkmt_

Salah satu wisata tebing yang cukup populer di Indonesia adalah Tebing Breksi. Tebing ini terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kepopuleran lokasi ini dikarenakan bebatuan yang ada memiliki motif yang indah. Tak heran, lokasi ini awalnya memang dijadikan sebagai tempat penambangan batu.

Tapi, pada 2014 tempat ini ditutup pemerintah. Setelah ditutup, masyarakat mulai mendekorasi batu-batu yang ada yang kemudian pada 2015 dibuka sebagai tempat wisata.

Akses menuju Tebing Breksi ini juga bisa ditempuh dengan kendaraan darat. Lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan dan Candi Ijo. Harga tiket masuknya juga masih terjangkau, yakni Rp5 ribu untuk turis dalam negeri dan Rp10 ribu untuk turis luar negeri.

4 dari 6 halaman

Brown Canyon

Brown Canyon. Instagram/bagusarf_

Jika di Amerika ada Grand Canyon, di Indonesia juga punya Brown Canyon. Dinamakan Brown Canyon karena bentuknya yang dianggap mirip dengan Grand Canyon yang memiliki tebing curam.

Lokasi ini berada di Semarang dan sebenarnya digunakan sebagai tempat penggalian pasir yang telah beroperasi selama lebih dari satu dekade. Penggalian yang dilakukan akhirnya menyisakan tebing dan ngarai yang indah. Hingga kini, penggalian tersebut masih berjalan.

Akses menuju tebing yang berada di Rowosari, Tembalang, Semarang dapat dibilang mudah namun susah. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat menuju ke lokasi ini.

Hanya saja sesampainya di lokasi Anda harus siap berpacu dengan pasir dan debu akibat penambangan. Tidak ada harga tiket masuk ke Brown Canyon ini, hanya terkadang ada beberapa pungutan dari warga sekitar.

5 dari 6 halaman

Pantai Pandawa - Bali

Pantai Pandawa. Instagram/apin.kuncunk_97

Pantai Pandawa di Bali kini namanya sudah cukup dikenal masyarakat. Namun, sebelumnya pantai ini disebut juga Pantai Rahasia karena lokasinya diapit oleh dua tebing batu kapur yang tinggi. Pemerintah akhirnya campur tangan untuk mengurus lokasi ini sehingga menjadi tempat wisata seperti sekarang.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda bisa menikmati indahnya pantai dengan hamparan laut yang luas. Corak yang dibuat oleh tangan manusia serta tambahan hiasan patung para pandawa menambah keunikan tebing ini.

Lokasi ini terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan. Akses ke lokasi ini juga tidak sulit karena memang sudah disediakan sebagai tempat wisata. Jadi, Anda bisa menggunakan kendaraan darat untuk menuju ke sini. Harga tiket masuk yang dikenakan adalah tiket masuk pantai, yakni seharga Rp 8.000. Selain tiket, Anda juga harus membayar biaya parkir sesuai jenis kendaraan yang berkisar dari Rp2 ribu hingga Rp5 ribu.

6 dari 6 halaman

Tebing Bukit Kelam - Sintang

Tebing Bukit Kelam. Instagram/markariuskrismade

Berpindah ke Pulau Kalimantan, terdapat batu setinggi 1.002 mdpl di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Selain tinggi, bukit ini mendapatkan gelar sebagai monolit terbesar di dunia mengalahkan Ayers Rock dari Australia.

Lokasi ini juga menjadi tempat memanjat tebing batu berkelas internasional. Terdapat dua jalur yang bisa dinaiki untuk manjat tebing, yakni di sisi barat bukit dengan menggunakan tangga setinggi 90 meter, atau sisi selatan yang jalurnya harus dilewati dengan memanjat sepenuhnya tanpa bantuan tangga.

Akses ke wilayah ini dapat dilakukan dengan dua cara, yakni jalur udara atau jalur darat dari Pontianak. Setelah sampai di Sintang, Anda bisa menggunakan kendaraan menuju ke lokasi ini. Harga tiket masuk ke Tebing Bukit Kelam adalah Rp15 ribu untuk hari biasa dan Rp20 ribu untuk hari libur.

Itulah deretan objek wisata tebing di Indonesia yang patut dijadikan lokasi pelesir.

Reporter: Henry/Novi Thedora
Sumber: Liputan6 [tsr]

Baca juga:
Sempat Hits Dan Viral di Medsos, Wisata Negeri di Atas Awan Ditutup Sementara
Nestapa Wisatawan Terjebak Macet Hingga Gagal Menikmati Keindahan Negeri di Atas Awan
Tempat-Tempat Wisata Ini Mendadak Dibanjiri Pengunjung karena Viral di Medsos
Habis Viral, Gunung Luhur Mendadak Kebanjiran Wisatawan
Sungai Rindu dan Kemandirian Wisata Warga Bekasi

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini