6 Toner dari bahan alami, tak kalah dari merek kosmetik high end

Selasa, 27 Desember 2016 14:52 Reporter : Tantri Setyorini
6 Toner dari bahan alami, tak kalah dari merek kosmetik high end Ilustrasi toner alami. © Pinterest/The Healthy Maven

Merdeka.com - Meskipun terlihat tak penting, sebenarnya toner termasuk produk kecantikan wajib dalam rangkaian perawatan wajah. Setelah pembersihan dengan cleansing milk, minyak, atau facial wash, kulit wajah kehilangan kelembapan alaminya. Toner bertugas untuk mengembalikan kelembapan yang hilang sekaligus menyeimbangkan kembali pH kulit. Dengan begini, wajah bisa menyerap nutrisi dalam produk perawatan yang digunakan sesudahnya lebih baik.

Kamu bisa menggunakan toner dalam rangkaian kosmetik di pasaran yang paling sesuai untukmu. Atau kamu juga bisa mempercayakan perawatan kulit wajahmu pada toner dari bahan alami yang juga tak kalah berkhasiat. Yuk, simak beberapa resepnya.

Teh hijau


Ilustrasi teh hijau ©2016 Boldsky

Teh bersifat mendinginkan, sementara teh hijau kaya akan catechin yang baik untuk melawan jerawatdan menjadikan kulit awet muda. Gunakan air seduhan teh hijau yang sudah diseduh sebagai pengganti toner. Usapkan pada seluruh bagian wajah. Setelah itu usap kembali dengan handuk bersih.

Daun Mint


Ilustrasi toner mint © One Click Beauty Care

Dilansir Stylecraze, mint mengandung asam salisilat yang bisa mengatasi peradangan jerawat. Pendingin alami di dalamnya juga bisa menenangkan kulit.

Rebus 10 lembar daun mint dalam satu setengah gelas air hingga mendidih. Setelah air rebusan tinggal setengah, saring dan dinginkan airnya. Setelah itu gunakan sebagai toner. Usapkan pada wajah menggunakan kapas.

Air Mawar


ilustrasi air mawar ©2014 Merdeka.com/shutterstock/mythja

Mahkota bunga mawar mengandung vitamin C yang penting untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Untuk membuat air mawar, cukup rendam bunga mawar organik yang masih segar di dalam air mineral. Simpan di dalam wadah tertutup dan simpan di lemari es. Gunakan sebagai toner setelah wajah dibersihkan.

Apple Cider Vinegar

Ilustrasi cuka apel Shutterstock/mama_mia

Apple cider vinegar atau cuka apel bisa dimanfaatkan sebagai toner yang ampuh untuk mencegah jerawat dan permasalahan kulit lainnya. Cukup encerkan cuka apel dengan air agar tak terasa menyengat saat diaplikasikan pada wajah. Kemudian usapkan ke seluruh bagian wajah dan leher dengan kapas.

Mentimun


Ilustrasi toner mentimun © Pretty52

Dilansir Livestrong, mentimun kaya akan cairan pelembap, vitamin E, dan pendingin alami yang baik untuk kulit wajah. Cukup blender mentimun segar yang sudah dicuci dengan air, kemudian saring. Simpan airnya di wadah tertutup dan letakkan di dalam lemari es. Gunakan sebagai toner setelah membersihkan wajah.

Kulit Jeruk


Ilustrasi toner kulit jeruk © DIY Home Remedies, Kitchen Remedies and Herbs

Kulit buah jeruk bisa mencerahkan kulit, mengatasi minyak berlebih, mengatasi peradangan, dan menjadikannya lebih sehat, bebas dari masalah. Cukup masukkan kulit jeruk ke dalam air mendidih dan biarkan selama semalam. Kemudian saring airnya dan simpan di lemari es. Gunakan sebagai toner wajah secara teratur.

Itulah beberapa resep toner alami yang bisa kamu buat dengan bahan-bahan dapur. Produk seperti ini hanya bertahan 1 sampai 2 minggu jika diletakkan di dalam lemari es. Jangan disimpan terlalu lama. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini