6 Situs misterius dunia yang keberadaannya nyaris terlupakan

Senin, 23 Juni 2014 13:03 Reporter : Tantri Setyorini
6 Situs misterius dunia yang keberadaannya nyaris terlupakan Kota kuno Nan Madol, Federasi Mikronesia. ?2014 Merdeka.com/Alvarez Photography/Stephen Alvarez
3. Kota kuno Nan Madol, Federasi Mikronesia

Merdeka.com - ?

Walaupun hanya berupa reruntuhan, bekas kota kuno yang masuk ke wilayah negara kepulauan Federasi Mikronesia ini masih menampilkan kemegahan dan bukti kemajuan seni arsitektur prasejarah yang sangat maju pada masanya. Kota ini dibangun pada abad 8 atau 9 Masehi di atas sebuah laguna, di atas bebatuan karang yang terletak di tepi laut. Keseluruhan wilayah Nan Madol terdiri atas serangkaian pulau buatan yang terhubung oleh jaringan kanal. Nan Madol adalah satu-satunya kota kuno yang pernah dibangun di atas karang. Dari situ saja sudah menunjukkan keahlian para perancangnya. Selain itu reruntuhan kuno ini terdiri dari struktur-struktur bangunan yang rumit, layaknya kota di zaman modern.

Photo by Atlas Obscura

Photo by Web Urbanist



Nan Madol dikelilingi tembok raksasa yang diperkirakan tersusun dari 250.000.000 batu. Struktur bangunan di sana pun dibangun dari batu-batu monolit seberat 5 sampai 50 ton yang kemungkinan besar didatangkan dari pulau-pulau di sekitarnya. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya menyusun batu-batuan raksasa tersebut di tengah daratan buatan yang berlokasi di tengah laut? Para arkeolog mencoba merekonstruksi pembangunan bangunan-bangunan batu tersebut dengan berbagai metode pengangkutan, tetapi semuanya gagal. Setiap metode yang dicoba hanya mampu memindahkan batu dengan berat tak lebih dari beberapa ton saja. Tentu saja ini tak bisa menjelaskan struktur-struktur yang terbuat dari batu utuh seberat puluhan ton.

Topik pilihan: Objek Wisata | Liburan mistis | Situs Sejarah

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini