6 Pekerjaan freelance tak kalah menjanjikan dengan kerja kantoran

Selasa, 10 April 2018 08:24 Reporter : Syifa Hanifah
6 Pekerjaan freelance tak kalah menjanjikan dengan kerja kantoran Kemnaker latih 600 Barista. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Ada istilah lulusan bangku kuliah saja susah cari kerja, apalagi yang hanya lulusan SMA atau SMK. Tapi saat ini tidak perlu khawatir dan putus asa, banyak pekerjaan freelance yang ditawarkan.

Bekerja freelance tentunya memiliki keuntungan tersendiri, seperti jam kerja lebih fleksibel karena kita bekerja tanpa perlu berangkat ke kantor. Berikut pekerjaan freelance yang bisa dicoba yang dikutip dari cermati.com:

1 dari 6 halaman

Penulis

ilustrasi penulis. © ringnews24.com

Menulis adalah salah satu pekerjaan freelance atau paruh waktu yang paling banyak dibutuhkan, dan juga sekaligus diminati. Setidaknya kini tulisan tidak hanya duduk berdebu di buku harian, tetapi dapat di-share untuk banyak orang di luar sana.

Menulis sebagai freelance cocok dilakukan bagi kalian para mahasiswa, pekerja paruh waktu, atau bahkan yang sudah pensiun.

2 dari 6 halaman

Fotografer

fotografer. ©2012 Merdeka.com

Di zaman kini banyak kebutuhan foto yang semakin mendesak untuk keperluan berbagai macam acara. Mulai dari pesta pernikahan, pesta ulang tahun, acara wisuda, dan event-event khusus lainnya. Jika hobi fotografi Anda didukung dengan kemampuan memotret dan skill editing foto yang baik, tak susah rasanya mencari kerja parah waktu.

Mulailah dengan menawarkannya kepada teman-temanmu dahulu. Dengan bermodalkan kamera DLSR dan kemampuan-kemampuan di atas sudah cukup. Bekerja sebagai fotografer juga bisa sekaligus mengembangkan skill fotografimu.

3 dari 6 halaman

Barista

Ilustrasi barista. ©2014 Merdeka.com/nationswell.com

Hobi nongkrong di coffee shop bisa menjadi peluang mendapatkan pekerjaan part time. Menjadi barista mungkin bisa dicoba. Jam kerja pun disesuaikan dengan jam kuliah atau jadwal keseharian Anda.

4 dari 6 halaman

Guru les privat

Ilustrasi belajar. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/donatas1205

Jika memiliki satu mata pelajaran atau satu mata kuliah favorit bisa menjadi pundi-pundi pemasukan untuk masuk ke dalam kantong. Memiliki kemampuan berbahasa asing yang mumpuni? Coba lamar kerja di tempat kursus bahasa asing. Pandai matematika? Banyak anak SMA yang membutuhkan les privat pelajaran tersebut

Orangtua kebanyakan rela mengeluarkan uang banyak demi anak-anak mereka mendapatkan bimbingan tambahan di luar sekolah. Memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra, tapi apa yang selama ini dipelajari di bangku kuliah bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan.

5 dari 6 halaman

Pemandu wisata

Ilustrasi travel. ©2014 Merdeka.com/shuttershock/Patryk Kosmider

Pekerjaan freelance sebagai pemandu wisata di travel agent atau tempat-tempat wisata salah satu pilihan yang cocok. Syaratnya menyukai, pegiat travelling dan memiliki wawasan luas mengenai dunia pariwisata.

6 dari 6 halaman

Kontributor

ilustrasi jurnalis. ©shutterstock/wellphoto.com

Kalau kuliah di bidang jurnalistik, atau setidaknya memiliki minat di dunia jurnalistik, coba untuk bekerja sebagai reporter freelance di media. Zaman sekarang seorang jurnalis tidak harus bekerja full time dan tetap di satu kantor.

Berkat internet, citizen jurnalis sekarang mampu memberikan kontribusi mewartakan berita. Banyak media cetak maupun elektronik yang membuka lowongan part time atau freelance di daerah-daerah lokal.

Tugasnya cukup sederhana namun menantang, yaitu seperti memberikan laporan kejadian di tempat yang telah ditentukan, atau membuat berita mengenai daerah tempat tinggal. [did]

Baca juga:
Mau cari kerja, ini daftar perusahaan terbaik 2018 versi LinkedIn
Survei: Mayoritas pekerja lepas di Asia Tenggara pernah tak dibayar
Di umur 23, pria ini jalani 3 pekerjaan sekaligus
Ribuan pilot menganggur, masihkah jadi pekerjaan impian?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini