6 Jenis Serum Wajah Berdasar Fungsinya, Mulai Hydrating sampai Repairing

Selasa, 20 Juli 2021 00:04 Reporter : Tantri Setyorini
6 Jenis Serum Wajah Berdasar Fungsinya, Mulai Hydrating sampai Repairing Ilustrasi serum wajah. ©2021 Tantri Setyorini

Merdeka.com -
Terpikir untuk menambahkan face serum ke dalam rangkaian skincare Anda? Kenali dulu jenis-jenisnya. Ada berbagai macam serum wajah yang formulanya disesuaikan dengan setiap kebutuhan kulit. Misalnya serum anti-aging yang dibuat khusus untuk kulit di akhir usia 20-an atau acne fighting serum yang menggunakan kandungan untuk membantu mengatasi jerawat.

  1. Anti-Aging Serum
  2. Skin Brightening Serum
  3. Acne Fighting Serum
  4. Hydrating Face Serum
  5. Exfoliating Face Serum
  6. Repairing Serum

1. Anti-Aging Serum

Serum dengan khasiat antipenuaan biasanya memiliki kandungan jagoan berupa retinol. Fungsinya adalah melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus, flek, dan kusam. Selain retinol, biasanya serum anti-aging juga dilengkapi kandungan fruit stem cells, evening primrose, grape seed extract, Vitamin C, peptida, growth factors, dan Alpha Hydroxy Acids (AHA).

Bahkan ada pula serum anti-aging yang menggunakan peptida syn-ake. Ini adalah peptida yang struktur molekulnya mirip bisa ular, bisa 'membekukan' otot wajah seperti suntikan botoks. Namun efeknya tentu lebih mild.

2. Skin Brightening Serum

Selanjutnya ada skin brightening serum yang diformulasikan untuk menjadikan wajah lebih cerah. Cerah, ya, bukan putih. Serum seperti ini biasanya mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E. Ada juga brightening serum yang menggunakan ekstrak bahan alami seperti akar licorice, grapefruit, dan lemon.

Beberapa jenis brightening serum memanfaatkan asam-asaman atau peptida sebagai agen pencerah. Misalnya kojic acid dan ferulic acid. Tak jarang masih ditambahkan light reflector atau optical diffuser yang memberikan tampilan kulit glowing dan dewy secara instan.

Baca Selanjutnya: 3 Acne Fighting Serum...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini