6 Cara untuk buat hari tak lagi jadi suram

Jumat, 4 Maret 2016 10:43 Reporter : Rizky Wahyu Permana
ilustrasi sedih. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/luxorphoto

Merdeka.com - Banyak hal yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda dan membuat hari yang cerah menjadi suram dan menyedihkan. Sebuah rencana yang tidak berjalan, pertengkaran dengan kekasih atau teman, serta berbagai masalah lainnya dapat mempengaruhi suasana hati Anda menjadi suram dan menyedihkan. Dilansir dari Medical Daily, berikut enam cara untuk membuat kesedihan dan perasaan suram sirna dari hati Anda.

1. Berjalan-jalan

Berjalan-jalan di taman atau di wilayah sekitar yang cukup asri selama 20 menit dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi yang dimiliki. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, diketahui bahwa berjalan di taman atau tempat yang asri dapat menimbulkan ketenangan di pikiran dan mengurangi perasaan lelah di dalam otak.

2. Memandang bunga

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 membuktikan bahwa bungan dapat meningkatkan mood yang dimiliki oleh seseorang secara instan di pagi hari. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa bunga dapat meningkatkan semangat, kegembiraan, dan tenaga. Warna yang dimiliki oleh bunga juga dapat membawa banyak pengaruh dalam emosi yang dimiliki seseorang.

3. Memakai baju berwarna kuning

Kuning adalah warna yang dianggap menggambarkan optimisme. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan bahwa seseorang yang gembira lebih banyak menggambarkan perasaannya dengan warna kuning. Warna kuning yang serupa dengan sinar matahari ini disebut dapat membuat mood menjadi positif dan menurunkan risiko depresi.

4. Menulis

Menulis merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dalam meredakan kecemasan dan perasaan negatif yang muncul dalam diri. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 menemukan bahwa ketika seseorang menuliskan perasaannya maka saraf yang berkaitan dengan emosi dari otak mulai bekerja. Menulis dapat menjadi salah satu cara untuk pelampiasan dan mencerahkan lagi hari yang suram.

5. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat menjadi sebuah cara untuk membuat hari yang suram jadi lebih positif dan bersemangat. Mendengarkan musik dapat mempengaruhi otak untuk melepaskan dopamine sehingga akhirnya seseorang menjadi lebih bahagia. Penelitian yang dilakukan 2013 menyatakan bahwa mendengarkan musik dapat menimbulkan perasaan nostalgia sehingga akhirnya diri menjadi lebih senang dan tenang.

6. Bergurau atau menonton komedi

Tertawa walaupun hanya sebentar merupakan cara terbaik untuk meningkatkan mood. Penelitian tahun 2008 membuktikan bahwa tertawa mampu mengurangi munculnya hormon stres dalam tubuh. Selain itu, tertawa juga membuat lepasnya hormon endorfin yang menyebabkan munculnya perasaan gembira dan bertenaga.

Jadi jika Anda merasa bahwa hari ini terlalu suram untuk dijalani, salah satu dari enam cara itu dapat digunakan untuk membuat perasaan menjadi lebih positif. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini