5 Tips mudah agar tak membuang makanan saat Ramadan

Rabu, 1 Agustus 2012 18:38 Reporter : Rizqi Adnamazida
5 Tips mudah agar tak membuang makanan saat Ramadan Ilustrasi membuang makanan. ©shutterstock.com/Dora Zett

Merdeka.com - Saat Ramadan, banyak makanan tersisa yang terpaksa dibuang. Hal ini terjadi karena makanan tidak bisa disimpan atau dimakan selama puasa. Agar hal seperti itu tidak terjadi, coba simak tips mudah menghindari buang-buang makanan seperti yang dilansir dari GreenProphet (31/07) berikut ini.

Jangan beli makanan saat terlalu lapar
Anda pasti suka memborong makanan sebelum berbuka. Yakin pada diri sendiri bahwa semuanya bisa dihabiskan. Namun apa yang terjadi jika waktu puasa tiba? Banyak makanan yang tidak bisa Anda lahap semuanya. Sebagai pelajaran berharga, jangan ulangi membeli makanan saat terlalu lapar.

Menyimpan makanan dengan baik
Beberapa jenis makanan bisa disimpan dalam lemari es. Bungkus dengan baik dan pastikan jangan disimpan terlalu lama. Bedakan pula makanan yang harus dihabiskan dalam sehari atau bisa dinikmati hingga beberapa hari ke depan.

Memasak lebih sedikit
Nah, kalau Anda memasak sendiri hidangan untuk sahur dan berbuka, kurangi porsinya. Mungkin pada awalnya masih ada sisa dari masakan Anda. Namun lama-lama Anda pasti terbiasa dan menghindari kebiasaan membuang makanan.

Jangan terjebak penawaran di toko
"Beli dua dapat tiga!" Promosi seperti ini sangat gencar dilakukan berbagai produk makanan selama Ramadan. Anda patut hati-hati dan tidak terjebak dalam iming-iming tersebut. Sebab hal itu bisa membuat Anda belanja lebih banyak. Kesempatan membuang makanan pun jadi semakin besar.

Merencanakan sisa makanan
Kesulitan mencicipi makanan saat puasa juga membuat seseorang sering menyisakan santapannya. Kalau hal ini terjadi, Anda harus punya rencana mengenai makanan yang tersisa. Coba olah kembali agar cita rasa dari masakan Anda lebih lezat.

Demikian berbagai tips mudah agar tak membuang makanan saat Ramadan. Sebaiknya Anda benar-benar menghindari kebiasaan tersebut. Sebab membuang makanan termasuk mubazir yang merupakan tindakan tercela. [riz]

Topik berita Terkait:
  1. Pelangi Ramadan
  2. Tips
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini