KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

5 Tips merawat lukisan minyak yang mahal

Senin, 5 November 2012 10:08 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi lukisan minyak. ©Shutterstock.com
Merdeka.com - Memiliki lukisan minyak yang mahal bisa jadi sebuah hobi atau warisan keluarga yang diturunkan. Masalahnya dalah bagaimana menjaga lukisan minyak agar tetap baik meski sudah bertahun-tahun dipajang.

Jangan khawatir, Times of India (04/11) memberikan beberapa tips berikut ini.

1. Pemilihan ruangan
Lukisan biasa diletakkan di tempat terbaik rumah untuk dilihat banyak orang. Namun sebenarnya memilih ruangan yang tepat untuk menggantung lukisan bukanlah hal mudah. Ruangan tersebut harus memiliki penerangan yang bagus, tidak terlalu banyak sinar matahari, penyinaran yang berlebihan, atau di dekat api. Jangan meletakkan lukisan di tempat yang iklimnya berubah-ubah. Pastikan juga lukisan tidak ditempelkan pada dinding yang lembab karena akan merusak lukisan.

2. Menggantung lukisan
Sebelum menggantung lukisan, pastikan paku sudah menempel dengan sempurna. Jangan ambil risiko lukisan Anda jatuh karena paku yang kurang kuat. Gunakan paku khusus jika perlu.

3. Perawatan
Setiap kali menurunkan lukisan untuk dicuci, pastikan Anda memegangnya dengan hati-hati. Jangan sentuh permukaan lukisan dengan tangan dan jangan gunakan alat yang kasar untuk membersihkan lukisan. Pegangan harus selalu dicuci dan dikeringkan sehingga tidak lembab dan merusak lukisan.

4. Membersihkan lukisan
Lukisan minyak harus dibersihkan secara teratur, namun hanya jika diperlukan. Bagian depan lukisan dibersihkan dengan hati-hati menggunakan sikat halus untuk menghilangkan debunya. Begitu juga bagian belakang lukisan.

5. Bantuan ahli
Jika menemukan kerusakan pada lukisan, misalkan gigitan serangga, warna kekuningan atau jamur pada lukisan segera cari bantuan ahli. Ketika membawanya, bungkus lukisan dengan baik. Bisa jadi para ahli bisa membantu Anda memperbaikinya.

Itulah beberapa tips untuk merawat lukisan minyak yang mahal. Lukisan tak hanya digantung dan dibiarkan saja, tetapi juga membutuhkan perawatan. Selamat mencoba!

[kun]

Topik berita Terkait:
  1. Wanita Merdeka
  2. Tips
  3. Top List

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.