5 Tips menghindari konflik dengan teman sekantor

Sabtu, 26 April 2014 14:58 Reporter : Destriyana
5 Tips menghindari konflik dengan teman sekantor Ilustrasi karyawan. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Creativa

Merdeka.com - Anda tidak bisa mengabaikan fakta bahwa konflik antar karyawan sering terjadi di tempat kerja. Jika Anda tidak bisa menjaga sikap Anda, Anda akan dengan mudah terlibat dalam perselisihan di tempat kerja. Untuk menghindari situasi tidak mengenakkan semacam ini, berikut adalah lima tips untuk menghindari konflik dengan teman sekantor. Mari simak tipsnya!

1. Menenangkan diri

Setiap kali, amarah mencoba membakar Anda, cobalah untuk menarik napas panjang. Biarkan diri Anda menjadi lebih tenang, sehingga tidak mudah terpancing, terutama ketika Anda sedang terlibat dalam sebuah perdebatan sengit.

2. Berorientasi pada solusi

Jangan berorientasi pada keinginan untuk membalas dendam atau menjatuhkan rekan kerja yang tidak Anda sukai. Cobalah untuk fokus dalam mencari solusi masalah Anda, sehingga Anda bisa terhindar dari konflik dengan teman sekantor.

3. Jangan membuat masalah menjadi semakin besar

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan perilaku atau perkataan teman sekantor Anda, cobalah untuk mengatakannya dengan nada tenang. Amarah tidak akan menyelesaikan masalah, dan Anda harus langsung menyelesaikan masalah Anda dengan orang yang bersangkutan, bukan pihak lain yang malah akan memperkeruh masalah.

4. Menjauhi gosip

Mulutmu, harimaumu! Jauhilah gosip dan jangan pernah ikut bergosip. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari konflik dengan teman sekantor. Menebar kabar burung yang belum jelas faktanya, hanya akan membuat reputasi Anda hancur.

5. Mendengar sebelum berbicara

Cobalah untuk mendengar terlebih dahulu, sebelum akhirnya Anda bicara. Misskomunikasi sering terjadi karena kita malas mendengarkan sesuatu sampai selesai, dan sudah membuat asumsi sendiri padahal belum tahu fakta lengkapnya. Mulai dari sekarang, cobalah untuk memahami sudut pandang orang lain sebelum Anda mengutarakan pendapat Anda.

Inilah lima tips menghindari konflik dengan teman sekantor. Selamat mencoba! [des]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Wanita Merdeka
  3. Top List
  4. Tips Karir
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini