5 Tips Mencegah dan Mengatasi Ketombe

Jumat, 22 Maret 2019 15:00 Reporter : Tantri Setyorini
5 Tips Mencegah dan Mengatasi Ketombe Ilustrasi sampo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Bermasalah dengan ketombe tentunya tidak menyenangkan bagi siapa pun. Pasalnya masalah kesehatan yang satu ini bisa mengganggu penampilan dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Terganggu rasa gatal saat harus menjalani aktivitas tentunya tidak menyenangkan.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menghindari masalah yang satu ini? Berikut ini beberapa tips dari StyleCraze yang bisa diterapkan.

1. Gunakan sampo dengan bahan aktif antiketombe

Berbagai jenis sampo antiketombe beredar di pasaran. Produk yang bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah masalah ketombe yang mengandung bahan aktif seperti ketoconazole, asam salisilat, selenium sulfida, dan zinc pyrithione.

2. Konsumsi nutrisi yang tepat

Beberapa jenis nutrisi bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan meningkatkan daya tahan dalam memerangi mikroorganisme seperti jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Jika ingin terhindar dari masalah ketombe, perbanyak konsumsi bahan makanan yang kaya kandungan seng, vitamin B, dan lemak sehat.

3. Hindari perawatan rambut kimia

Agar kulit kepala senantiasa sehat dan tak mudah berketombe, hindari perawatan berbasis bahan kimia keras seperti pelurusan rambut, pengeritingan, dan pewarnaan.

4. Hindari sampo dengan kandungan sulfat

Cuci rambut dengan sampo yang bebas kandungan sulfat secara teratur. Hindari juga produk-produk perawatan rambut yang mengandung sulfat.

5. Batasi penggunaan produk styling rambut

Penggunaan produk styling seperti gel, pomade, hair spray, dan mousse bisa menyebabkan penumpukan kotoran di kulit kepala. Kotoran yang mengendap ini kemudian menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur penyebab jerawat. Sebisa mungkin batasi penggunaannya.

Demikian cara-cara yang bisa ditempuh untuk mencegah dan mengatasi masalah ketombe. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini