5 tips jitu operasikan lapak online

Rabu, 2 Oktober 2013 20:35 Reporter : Kustin Ayuwuragil Desmuflihah
Online Shop. ©2013 Merdeka.com/ www.mannmarketing.co.nz

Merdeka.com - Membuka bisnis di mana saja dan kapan saja sekarang sangat mungkin. Dengan adanya internet, berdagang sambil mengurus anak, sambil ngopi, atau sambil kuliah bisa saja dilakukan.

Tapi awas, banyak hal yang harus Anda perhatikan saat memiliki lapak online. Mau tahu apa saja yang harus Anda lakukan?

Ini dia tips sederhana yang dibagikan Ari Widawarti, pengusaha online shop yang berhasil meraih puluhan juta setiap bulannya.

1. Be focus
Fokuslah pada satu produk saja terlebih dahulu sebelum menangani terlalu banyak produk online shop.

Banyak dari pengusaha online shop akhirnya kelabakan dan tidak bisa menangani penjualan karena terlalu banyak produk yang dijual. Seperti kata Ari, "Kalau sudah berjalan n berkembang baru memikirkan buat usaha atau jualan lain, soalnya ada temen sepertinya semua dijual akhirnya setengah2 karena gak fokus".

2. Jujur
Jujur itu kuncinya mujur. Usaha online shop sangat rentan terhadap penipuan. Jika Anda ingin mendapatkan pelanggan yang tidak enggan kembali pada Anda, jangan pernah memberikan produk yang tidak sama seperti yang Anda tampilkan di website.

Mencoba untuk menjadi sejujur mungkin pada pelanggan sangat menentukan kelangsungan hidup online shop Anda. Kalau kata Ari, "Jangan nipu kalau nggak mau ditipu".

3. Ada uang, ada barang
Tanpa semboyan yang satu ini banyak online shop gulung tikar. Meskipun Anda sudah berhubungan dekat dengan pelanggan, jangan pernah mengirimkan produk apa pun sebelum Anda menerima uang. Ingat, tidak semua orang berniat baik meski terlihat baik dan dekat.

4. Terus belajar
Lapak di internet tidak sama dengan lapak di pasar. Anda perlu terus belajar untuk membuat tampilan website Anda menarik dan mudah dioperasikan.

Meski Anda bisa menyewa admin sendiri untuk mengelola website Anda, namun paling tidak Anda paham mengenai investasi Anda, bukan?

Mengikuti berbagai workshop internet marketing bisa jadi adalah solusi terbaik.

5. Teliti
Hal berikut ini adalah hal pokok yang harus dilakukan oleh pedagang. Selain harus teliti memilih produk, Anda juga perlu teliti dalam mengemas produk tersebut. Jangan sampai alamatnya salah. Parah lagi, jika tidak teliti Anda akan mengirim barang pada orang yang belum membayar!

Siap jalani usaha online shop?

Baca juga:
Tampil kompak bersama pasangan ala BajuCoupleGrosir
Pilih mana, jadi marketing asuransi atau bisnis online shop?
Ini alasan Anda harus melirik bisnis online shop
Bisnis bermodal 0 rupiah bisa raup 25 juta sebulan

Topik berita Terkait:
  1. Online Shop
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.