5 Tips agar tak kecopetan saat liburan

Sabtu, 14 Juli 2012 19:29 Reporter : Rizqi Adnamazida
5 Tips agar tak kecopetan saat liburan Copet. ©shutterstock.com/Ilustrasi pencopetan

Merdeka.com - Sebagian dari kita sering menyepelekan copet, sehingga kita suka menyimpan barang penting, seperti dompet atau ponsel, secara sembarangan. Tetapi beberapa saat setelah kecopetan, kita baru menyesal karena tidak menyimpan barang-barang tersebut dengan lebih baik.

Pada musim liburan, kita sebaiknya lebih waspada karena tukang copet cenderung suka beraksi karena ramainya hiruk pikuk manusia di tempat umum. Untuk menghindari kecopetan, coba simak tipsnya seperti yang dilansir dari ABC News (12/07) berikut ini.

Trik lama pencopet
Jangan terbujuk dengan wajah lugu anak-anak, sebab kini banyak dari mereka yang dimanfaatkan orang dewasa untuk mencopet! Cara tepat menghindari pencopet anak ini adalah dengan menjaga segala macam barang berharga di dalam saku berlapis. Pastikan juga bahwa tak ada kode keamanan penting yang tersimpan di dalam dompet.

Trik mengotori korban
Pura-pura muntah dan mengotori bagian tubuh korban biasanya sering menjadi trik para pencopet. Setelah itu, mereka akan berkesempatan melakukan kontak dengan tubuh kita dengan alasan membersihkan kotoran itu. Saat lengah, kita tidak akan sadar bahwa barang berharga kita sudah hilang! Kalau Anda mengalaminya, jangan biarkan orang lain membersihkan tubuh Anda dan tetap fokus pada barang berharga yang Anda bawa.

Pencopet smartphone
Kesalahan umum kita saat kehilangan smartphone biasanya adalah meninggalkan gadget itu sembarangan. Akibatnya, kita sering tidak sadar kalau smartphone yang diletakkan berdekatan dengan tempat duduk kita saat berada di kafe sudah hilang entah kemana. Jadi, sebaiknya smartphone lebih aman selalu dipegang atau disimpan di tempat yang aman. Pastikan juga mengunci smartphone dengan kode tertentu dan tidak menyimpan data yang terlalu penting di dalamnya.

Polisi palsu
Pencopet juga bisa semakin kreatif, misalnya mereka akan berpura-pura menjadi polisi untuk mengambil barang berharga kita! Ingat, polisi asli tidak akan sembarangan meminta identitas Anda secara tiba-tiba di tengah jalan. Periksa juga dengan baik perilaku dan berbagai petunjuk yang bisa membuktikan bahwa orang yang Anda hadapi memang benar polisi asli untuk mencegah kecopetan.

Penipu online
Kalau yang satu ini lebih canggih lagi. Sebab cara mencopetnya adalah dengan cara menipu kita dari internet. Tanpa tahu wajahnya, penipuan online biasanya berhubungan dengan penjualan tiket pertandingan olahraga. Untuk menghindari hal seperti ini, lebih baik kita selalu membeli dari agen resmi yang sudah terpercaya.

Liburan memang waktu yang digunakan untuk bersenang-senang. Tetapi kewaspadaan jangan sampai diabaikan. Sebab kejahatan bisa terjadi tanpa kita sadari, setuju? [riz]

Topik berita Terkait:
  1. Tips
  2. Tips Liburan
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini