5 Tantangan terberat yang harus dihadapi pengusaha wanita

Jumat, 28 November 2014 13:09 Reporter : Tantri Setyorini
5 Tantangan terberat yang harus dihadapi pengusaha wanita Susi Pudjiastuti. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Belakangan ini jumlah entrepreneur dari kaum wanita memang meningkat drastis. Tak hanya di luar negeri, pertumbuhan jumlah business owner di Indonesia pun meningkat tajam.

Tetapi bukan berarti langkah para pebisnis dari kaum hawa ini tidak menemui hambatan berarti. Meskipun emansipasi wanita pada zaman modern ini sudah lebih bisa diterima, masih banyak stereotip yang menantang kiprah wanita di ranah yang dulu dianggap bidangnya lelaki ini.

Berikut ini tantangan-tantangan yang harus dihadapi para pengusaha wanita, dirangkum dari situs Business News Daily.

1. Membagi waktu antara karir dan keluarga

Ini adalah problem klasik yang paling sering dihadapi para businesswomen dan wanita karir pada umumnya.

Peran sebagai ibu rumah tangga seringkali membuat para calon enterpreneur kesulitan membagi waktu.

2. Dipandang sebelah mata

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, selama ini dunia bisnis dianggap sebagai ranahnya kaum adam. Dan persepsi ini membuat para wanita yang mencoba terjun ke dalamnya dipandang dengan pesimis.

Tak jarang calon klien yang enggan berurusan dengan business owner wanita atau bahkan mencoba membodohi karena beranggapan kaum wanita umumnya mudah diperdaya.

3. Sulit bersikap tegas

Bukan berarti businesswoman umumnya bermental plin-plan. Hanya saja wanita cenderung memperlakukan rekan kerja dan anak buah sebagai anak keluarga. Dan ini kadang membuat mereka kesulitan saat harus membuat keputusan bisnis yang berdampak drastis bagi karyawan atau keluarga karyawan.

4. Kurang sosok panutan

Meskipun wanita yang terjun ke dunia bisnis dewasa ini semakin banyak, tetap saja jumlah enterpreneur wanita yang berpengalaman dan bisa dimintai nasihat oleh para calon pengusaha tidak banyak.

5. Takut gagal

Ketakutan menghadapi kegagalan adalah salah satu penyebab yang menjadikan para pengusaha wanita tidak berani mengambil keputusan yang berdampak drastis atau membuat terobosan.

Itulah lima tantangan terberat yang dihadapi para pengusaha wanita. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Karir
  2. Pengembangan Karir
  3. Top List
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini