5 Solusi perawatan untuk kulit kepala berminyak dan rambut kering

Senin, 6 April 2015 16:45 Reporter : Tantri Setyorini
Ilustrasi masalah rambut. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/ArtFamily

Merdeka.com - Sebagian besar orang bermasalah dengan rambut dan kulit kepala yang kering atau rambut dan kulit kepala yang berminyak. Namun beberapa orang justru mengalami keduanya, memiliki kulit kepala yang berminyak dan rambut yang sangat kering dan kusam.

Kondisi seperti ini tentunya membutuhkan perawatan khusus. Sebab mencuci rambut terlalu sering akan membuat kulit kepala senantiasa bersih, namun justru membuat rambut semakin rusak. Sementara menggunakan kondisioner bisa mengatasi kerusakan rambut, namun menjadikan kulit kepala semakin berminyak dan lebih cepat kotor.

Jadi apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Berikut ini Merdeka.com akan menyajikan solusi untuk rambut kering dan kulit kepala berminyak yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan sampo untuk rambut kombinasi

Saat ini sudah banyak produk sampo yang diformulasikan secara khusus untuk orang-orang yang memiliki rambut kombinasi. Pilihlah yang bisa mengatasi kelebihan minyak di kulit kepala sekaligus merawat batang rambut.

2. Hindari sampo 2 in 1

Jika sampo untuk rambut kombinasi tak bisa mengatasi masalah rambut dan kulit kepala, mungkin Anda harus menghindari sampo 2 in 1 sepenuhnya. Kadang sumber masalahnya justru terletak di situ. Sampo dan kondisioner dalam satu botol membuat rambut jadi lebih lembut dan berkilau, namun membuat kotoran dan minyak menumpuk di kulit kepala.

Gunakan saja sampo yang bisa membersihkan rambut dan kulit kepala secara maksimal. Anda bisa menggunakan kondisioner sesudahnya.

3. Gunakan kondisioner mulai dari pertengahan rambut

Meskipun Anda memiliki kulit kepala yang berminyak, sebenarnya Anda masih bisa menggunakan kondisioner, kok. Tetapi Anda tidak bisa menerapkan aturan memakai kondisioner yang biasa.

Menurut situs Makeup Talk, aplikasikan kondisioner mulai dari pertengahan batang rambut hingga ujung. Jangan mengaplikasikan kondisioner terlalu dekat dengan akar rambut.

4. Dry shampoo

Solusi lain untuk mengatasi rambut yang kusam adalah menghindari keramas terlalu sering. Anda bisa mencuci rambut dua atau tiga kali seminggu. Sedangkan untuk mengatasi kelebihan minyak di kulit kepala, gunakan dry shampoo.

Disadur dari situs The Huffington Post, dry shampoo adalah bahan pembersih rambut yang tidak menggunakan bahan dasar air atau minyak. Dry shampoo umumnya berbentuk bubuk atau spray. Gunanya adalah untuk membersihkan rambut tanpa harus dicuci. Produk ini cukup diaplikasikan pada akar rambut. Selanjutnya dry shampoo akan menyerap kelebihan minyak yang membuat kulit kepala berbau tidak sedap dan rambut terlihat berminyak.

5. Gunakan bahan-bahan alami

Jika Anda tidak bisa menghindari sampo 2 in 1 atau rambut Anda terlalu kering dan rusak sehingga perlu kondisioner dari pangkal rambut, Anda bisa merawat kulit kepala secara terpisah dengan bahan-bahan alami.

Style Craze menyarankan buah-buahan asam seperti lemon, jeruk nipis, dan apel. Air buah-buahan ini akan membantu mengatasi minyak berlebih di kulit kepala. Air seduhan teh hangat juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan minyak dari kulit kepala.

Itulah beberapa solusi untuk merawat rambut kombinasi. Cukup informatif bagi Anda? Atau Anda memiliki tips serupa yang bisa dibagi? [tsr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.