5 Pewarna rambut alami bagi yang alergi bahan kimia

Selasa, 3 Juni 2014 09:01 Reporter : Tantri Setyorini
5 Pewarna rambut alami bagi yang alergi bahan kimia Ilustrasi rambut cantik. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Trifonov Igor

Merdeka.com - ngin bergaya dengan warna rambut yang berbeda? Misalnya cokelat muda atau cokelat kemerahan. Tetapi Anda alergi terhadap bahan kimia berat dalam pewarna rambut yang beredar bebas di pasaran. Tak perlu kecewa, karena Anda bisa tetap mewarnai rambut dengan ramuan yang terbuat dari bahan-bahan alami. Anda bisa mencoba pewarna tradisional dari bahan alami dalam kemasan seperti henna. Atau Anda bisa mencoba membuat ramuan sendiri dari bahan-bahan seperti teh, bunga sepatu, dan kunyit.

Meskipun butuh ketelatenan dalam pembuatan dan aplikasi, tetapi produk ini pastinya lebih ramah di kulit Anda dan sekaligus berfungsi menutrisi batang rambut. Berikut ini kami sajikan beberapa resepnya yang dirangkum dari All Women Stalk dan Mama Wellness.

2 dari 6 halaman

Cokelat gelap

rev1Ilustrasi rambut panjang. ?2013 Merdeka.com/Shutterstock/puhhha

Kalau Anda ingin warna rambut kecoklatan, Anda bisa memanfaatkan ramuan dari kopi dan teh hitam untuk mendapatkannya.

Seduhlah kopi dan teh hitam di tempat yang berbeda, kira-kira satu gelas besar. Tetapi Anda bisa menyesuaikan sendiri takarannya dengan panjang dan ketebalan rambut Anda. Pastikan untuk membuat seduhan yang kental dengan warna pekat. Kemudian campurkan air seduhan teh dan kopi tadi menjadi satu dan biarkan mendingin. Tuangkan ramuan tersebut ke rambut perlahan-lahan. Jangan sampai mengenai baju Anda. Remas-remas sedikit, kemudian tutupi dengan shower cap dan biarkan selama setengah jam. Kemudian bilas.

Ulangi proses ini seminggu dua kali sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. [tsr]

Baca juga:

3 dari 6 halaman

Cokelat muda

rev1Jennifer Lopez. ?2014 Merdeka.com/Thehairstyler.com

-Teh Chamomile dan lemon

Teh chamomile dan lemon biasanya digunakan oleh orang barat untuk mewarnai rambut cokelat menjadi pirang. Tetapi dengan warna alami rambut Asia yang cenderung hitam, hasil yang didapat tidak akan maksimal. Tetapi Anda bisa mencobanya jika menginginkan warna rambut dengan sentuhan cokelat muda yang cantik.

Cara membuat ramuannya, Anda tinggal mencampurkan seduhan teh chamomile kental dan secangkir air perasan lemon. Tuangkan ke rambut, remas-remas perlahan, dan biarkan rambut dalam keadaan terbungkus shower cap selama setengah jam. Ulangi prosedur ini 2 sampai 3 kali seminggu sampai Anda mendapatkan warna cokelat muda yang diinginkan.

-Kayu manis dan cengkeh

Kedua bahan ini juga bisa dijadikan pewarna rambut alami. Baik cengkeh maupun kayu manis bisa mencerahkan warna batang rambut Anda hingga menjadi cokelat muda yang cantik.

Untuk membuat campuran pewarna cokelat muda, Anda bisa mencampurkan setengah cangkir sampai secangkir bubuk kayu manis dan bubuk cengkeh (tergantung panjang dan ketebalan rambut). Tambahkan air secangkir penuh. Kemudian aplikasikan ke rambut dengan cara yang sama seperti ramuan chamomile dan lemon tadi.

Ulangi proses ini dua sampai tiga kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Topik pilihan: Rambut Rontok | Penuaan Kulit | Masker Wajah

4 dari 6 halaman

Merah

5 pewarna rambut alami bagi yang alergi bahan kimiailustrasi rambut merah. ?2014 Merdeka.com/hairstylewebsites.com

Untuk mendapatkan warna merah alami, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang memiliki warna merah alami seperti kelopak bunga sepatu, mawar, bit, dan paprika. Tetapi untuk paprika, karena mengandung sedikit capsaicim yang memberikan rasa pedas, pastikan agar ramuan tersebut tidak sampai menyentuh kulit.

-Bunga sepatu dan mawar
Bahan-bahan untuk membuat pewarna rambut dengan warna merah gelap adalah segenggam kelopak bunga sepatu merah dan segenggam kelopak mawar merah. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air. Aplikasikan ke rambut seperti ramuan-ramuan sebelumnya. Untuk campuran pewarna ini, semakin lama Anda mendiamkannya sebelum dibilas, akan semakin maksimal hasilnya.

Ulangi proses tersebut 2 sampai 3 kali seminggu agar warna merah yang didapatkan lebih bagus. Tah hanya memberikan warna merah yang alami, campuran ini juga bisa memberikan kilau yang cantik pada rambut.

-Bit dan paprika
Campuran dari bit dan paprika bisa memberikan warna merah yang lebih terang dibandingkan campuran bunga sepatu dan mawar. Anda tinggal menyiapkan secangkir bubuk paprika dan secangkir bubuk beetroot. Tambahkan sedikit air dan aduk merata hingga menjadi campuran berwarna merah kental.

Setelah itu aplikasikan di rambut Anda seperti sebelumnya. Ulangi proses ini dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Topik pilihan: Rambut Rontok | Penuaan Kulit | Masker Wajah

5 dari 6 halaman

Hitam

5 pewarna rambut alami bagi yang alergi bahan kimiaIlustrasi rambut panjang. ?2013 Merdeka.com/Shutterstock/coka

-Walnut hitam
Biji kacang walnut hitam bisa memberikan warna hitam legam yang berkilau bagi rambut Anda. Siapkan saja setengah cangkir bubuk walnut hitam. Bungkus dalam secarik kain yang cukup tebal, kemudian seduh dalam air hangat seukuran 3 cangkir. Seduh semalaman hingga Anda mendapatkan ramuan berwarna hitam pekat keesokan harinya. Aplikasikan ke helai rambut. Ulangi? metode ini dua atau tiga kali seminggu untuk mendapatkan warna hitam yang maksimal.

-Urang-aring
Bahan herbal yang satu ini sudah lama dimanfaatkan oleh orang Indonesia untuk menjadikan rambut lebih hitam dan sehat. Daripada memakai shampo berbahan urang-aring, Anda bisa membuat campuran sendiri yang jauh lebih alami dan efektif. Caranya tumbuk segenggam daun urang-aring hingga menjadi cairan kental berwarna hitam pekat. Setelah itu oleskan di rambut yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan. Ulangi proses ini setiap Anda selesai mencuci rambut untuk menjaga warna hitam pekatnya.

Topik pilihan: Rambut Rontok | Penuaan Kulit | Masker Wajah

6 dari 6 halaman

Pirang

5 pewarna rambut alami bagi yang alergi bahan kimiaIlsutrasi rambut pirang. ?2014 Merdeka.com/glambistro.com



Untuk mendapatkan warna pirang gelap, Anda bisa mewarnai rambut dengan kunyit. Warna kuningnya yang tajam akan melapisi rambut Anda dan menghasilkan warna pirang gelap yang alami. Siapkan seperempat cangkir kunyit parutan kunyit, kemudian tuangi air hangat dan peras-peras hingga Anda mendapatkan secangkir larutan kunyit pekat. Masukkan larutan kunyit ke dalam botol spray, kemudian semprotkan hingga merata ke batang rambut. Remas-remas perlahan dan diamkan hingga rambut mengering. Jika rambut sudah kering, bilas hingga bersih. Ulangi proses ini setiap dua hari sekali.

Itulah lima pewarna dari bahan alami yang aman untuk Anda gunakan. Selamat mencoba.

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini