5 Manfaat Teh Calendula untuk Kecantikan

Rabu, 22 Januari 2020 12:30 Reporter : Tantri Setyorini
5 Manfaat Teh Calendula untuk Kecantikan Ilustrasi teh calendula. ©Pixabay/Mareefe

Merdeka.com - Menurut situs kesehatan Dr. Axe, bunga marigold yang juga dikenal dengan nama calendula telah digunakan sebagai herba pengobatan sejak berabad-abad lalu. Salep dan teh yang dibuat dari ekstrak bunga ini telah dimanfaatkan untuk penyembuhan sejak abad 12.

Teh yang dibuat dari seduhan mahkota calendula juga bermanfaat untuk kecantikan. Diminum langsung maupun digunakan sebagai bahan perawatan, teh calendula akan memberikan banyak manfaat untuk kecantikan. Berikut ini beberapa khasiat teh calendula untuk kecantikan.

1 dari 5 halaman

1. Menyehatkan Kulit dari Dalam

Menurut Annie Price, Certified Holistic Health Coach dari situs Dr. Axe, calendula atau marigold memiliki khasiat antiinflamasi berkat kandungan macam-macam flavonoid yang dimilikinya. Antioksidan berbasis nabati ini akan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2 dari 5 halaman

2. Melembapkan Kulit

Konsumsi teh calendula secara teratur akan membantu hidrasi kulit dari dalam. Sel kulit jadi senantiasa lembap, sehingga Anda bisa awet muda.

Siapkan 2-4 sendok teh mahkota bunga calendula segar atau 1-2 sendok teh calendula kering. Seduh bersama air mendidih selama 5 menit, kemudian minum selagi masih hangat.

3 dari 5 halaman

3. Merawat Kulit Iritasi

Kandungan linoleic acids di dalam teh calendula membuatnya efektif untuk menenangkan kulit yang iritasi atau gatal. Gunakan teh calendula sebagai kompres kulit. Basahi kapas atau kain steril ke dalam tes calendula hangat, kemudian gunakan untuk mengompres kulit.

4 dari 5 halaman

4. Mencegah Jerawat

Khasiat antimikroba yang dimiliki calendula menjadikan tehnya efektif untuk mencegah jerawat. Gunakan seduhan teh calendula untuk mencuci muka atau sebagai toner dan face mist.

5 dari 5 halaman

5. Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Seduhan teh calendula juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa gatal di kulit kepala. Jadikan hair tonic atau bilasan rambut, kemudian pijat-pijat kulit kepala selama beberapa menit.

Demikian berbagai manfaat teh calendula untuk kecantikan. Tertarik untuk mencoba? [tsr]

Baca juga:
Manfaat Royal Jelly untuk Kecantikan dan 7 Cara Memanfaatkannya
Mengenal Mushroom Water dan Manfaat Kecantikan yang Dikandungnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini