5 Kombinasi produk paling ampuh untuk atasi tumit pecah-pecah

Rabu, 11 April 2018 12:02 Reporter : Tantri Setyorini
5 Kombinasi produk paling ampuh untuk atasi tumit pecah-pecah Ilustrasi obat tumit pecah-pecah. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Tumit yang pecah-pecah memang bikin tak nyaman. Bukan hanya tak enak dipandang, kadang juga membuat kaki terasa perih saat menapak di permukaan lantai.

Mengatasi tumit yang pecah-pecah itu sebenarnya tidak sulit. Tetapi butuh ketelatenan untuk mengoleskan produk berkali-kali, karena tumit harus sering bersentuhan dengan lantai atau alas kaki.

Berikut ini beberapa kombinasi produk paling ampuh untuk menyembuhkan kulit tumit yang pecah-pecah.

Cracked heels cream + exfoliating brush

Ilustrasi obat tumit pecah-pecah ©2018 Merdeka.com


Sekarang ini ada begitu banyak jenis krim khusus kulit tumit dan kaki yang sangat kering. Misalnya saja Kanna, Pandansari, Ellgy, atau Dermafoot yang sudah diformulasikan untuk mengobati cracked heels (tumit pecah-pecah).

Oleskan tebal-tebal krim khusus cracked heels tadi, kemudian diamkan selama berjam-jam. Setelah itu sikat tumit yang sudah terasa lunak dengan exfoliating brush atau loofah. Batu kali yang pinggirannya tidak terlalu kasar juga bisa digunakan.

Krim multi-fungsi + kaus kaki

Ilustrasi obat tumit pecah-pecah ©2018 Merdeka.com


Krim multi-fungsi seperti Vaseline Petroleum Jelly, Nivea Creme, Viva Skin Food, Oriflame Tender Care atau bahkan Nature Republic Aloe Vera juga bisa difungsikan sebagai pelembap tumit yang pecah-pecah.

Oleskan krim atau gel pelembap tebal-tebal pada tumit yang bermasalah, kemudian pakailah kaus kaki yang tebal. Silakan beraktivitas seharian dan biarkan krim menghaluskan kaki sampai esok hari.

Getah pepaya + pelembap ringan

Ilustrasi daun pepaya www.pinterest.com


Getah pepaya merupakan salah satu pelembut kulit alami yang sudah dipercaya keampuhannya oleh nenek moyang kita. Enzim papain di dalamnya sangat bagus untuk mengangkat kulit mati dan melembapkan.

Ambil batang pepaya segar, patahkan, dan ambil getahnya yang berwarna putih untuk dioleskan pada tumit pecah-pecah. Diamkan selama setengah jam, kemudian bilas kaki dengan air dingin. Jangan menggunakan getah pepaya terlalu lama karena berpotensi menyebabkan iritasi.

Setelah kaki dibilas hingga bersih, lanjutkan dengan mengoleskan lotion atau body serum.

Nanas parut + gula pasir + madu

Ilustrasi obat tumit pecah-pecah ©2018 Merdeka.com


Daging buah nanas merupakan sumber enzim bromelain yang fungsinya sama dengan getah pepaya. Kombinasikan dengan gula pasir dan madu yang kaya akan humektan.

Kupas kulit nanas dan singkirkan matanya. Parut kemudian campurkan dengan satu sendok makan gula pasir dan satu sendok teh madu.

Oleskan tebal-tebal pada kulit tumit pecah-pecah, kemudian diamkan selama setengah jam. Lewat setengah jam gosok campuran tadi dengan gerakan melingkar. Setelah itu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.

Alpukat + pisang + kantung plastik

Ilustrasi obat tumit pecah-pecah ©2018 Merdeka.com


Iris setengah buah alpukat dan pisang, kemudian lembutkan hingga menyerupai pasta. Setelah itu, oleskan pasta alpukat dan pisang itu ke bagian yang pecah-pecah pada kaki.

Bungkus kaki dengan kantung plastik atau plastic wrap, kemudian Diamkan foot mask selama 30 menit. Setelah itu basuh kaki hingga bersih dan keringkan dengan handuk.

Itulah 5 kombinasi produk yang paling ampuh untuk mengatasi tumit pecah-pecah dan kulit kaki yang sangat kering. [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini